Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021

Temukan daftar rekomendasi manhwa terbaik tahun 2021 versi Aezi hanya di blog @idyourzee.

Halo semua, masih baik-baik aja, kan? (hehe) ….

2020 Sudah berlalu, namun sulit rasanya untuk move on dari tahun kesayangan tersebut. Yups, tahun penuh kenangan di mana populasi umat manusia menurun dan semua orang menjadi orang rumahan, hanya keluar rumah seperlunya dan berinteraksi seminimal mungkin.

Semua orang jadi nolep guys, wkwkwkwk ….

Memasuki tahun 2022, secercah cahaya bisa kita harapkan. Pasalnya, penyebaran virus mulai teratasi dan kita juga bisa mulai beraktivitas dengan leluasa di luar rumah. Tapi jangan ceroboh ya guys, tetap patuhi protokol keselamatan sampai pemerintah menyatakan kalau keadaan sudah benar-benar terkendali.

Di tahun 2021 kemarin, mimin menemukan banyak manhwa-manhwa baru yang sangat seru. Tapi sebelum lanjut, kamu perlu tahu lebih dulu kalau artikel ini merupakan isi konten dari artikel utama berjudul …

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa!

https://idyourzee.com/rekomendasi-manhwa-terbaik-sepanjang-masa

Artikel di atas merupakan artikel utama yang berisi daftar rekomendasi manhwa dari tahun ke tahun yang telah mimin buat sebelumnya. Jadi kalau kamu belum membacanya, silakan luangkan waktu untuk membacanya nanti, karena siapa tahu ada manhwa yang menjadi favoritmu setelah itu.

Mimin juga sudah menjelaskan perbedaan manhwa dan webtoon di sana, termasuk format daftar rekomendasi yang mimin gunakan pada setiap daftar rekomendasi manhwa. Jadi yah … kayaknya kamu memang perlu baca artikel utamanya lebih dulu deh (wkwkwkk).

Nah, setelah membaca artikel utamanya, yaitu rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa, langsung saja kita lanjut ke isi artikelnya kali ini yaitu rekomendasi manhwa terbaik tahun 2021!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021

// 66666 Years: Advent of the Dark Mage [HR]

Alias: A Black Wizard Reincarnated in 66666 Years; A Warlock Reincarnated After 66666 Years; Black Mage Reborn After 66666 Years; Reincarnated Into A Warlock 66,666 Years Later; The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years
Author: Hwabong, Taru
Artist: Pasa
Genre: adventure, fantasy, shounen

Review 66666 Years: Advent of the Dark Mage; A Black Wizard Reincarnated in 66666 Years; A Warlock Reincarnated After 66666 Years; Black Mage Reborn After 66666 Years; Reincarnated Into A Warlock 66,666 Years Later; The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Diablo Volfir, seorang Dark Magician yang sangat kuat, telah dikalahkan dan disegel oleh kedua belas dewa. Akhirnya dia terbangunkan setelah 66.666 tahun lamanya dalam tubuh seorang bayi yang baru dilahirkan bernama Jamie Welton.

Sembilan tahun kemudian, dengan pengetahuan kehidupannya dulu dan rasa kasih sayang keluarga barunya yang memberikan rasa damai, Jamie berencana melakukan balas dendam terhadap kedua belas dewa yang telah menyegelnya.

Catatan:

Sebuah manhwa yang menceritakan kisah seorang (yang dianggap) penjahat melawan dewa (yang dianggap) baik. Manhwa ini mempunyai alur cerita yang disusun dengan baik dan cukup terasa emosional.

// Best Teacher Baek [HR]

Alias: Master Baek, the One Hit Teacher; Number One Star Instructor Master Baek; One Hit Teacher, Master Baek; Star Instructor, Master Baek
Author: Ganjjajang, S.J LEE
Artist: ORIBORI
Genre: action, drama, fantasy, historical, martial arts, shounen

Review Best Teacher Baek; Master Baek, the One Hit Teacher; Number One Star Instructor Master Baek; One Hit Teacher, Master Baek; Star Instructor, Master Baek - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Suryong Baek, instruktor terhebat di Kultus Darah telah dibunuh. Namun dia tidak mati, melainkan terbangun di tubuh seseorang yang mengajari seni beladiri di sebuah pedesaan.

Tubuh barunya mungkin lemah, tapi dia tahu bagaimana memperbaikinya, dan sekarang bukanlah pertama kalinya dia tubuh yang tak bisa mengakses tenaga dalam.

Menyembuhkan tubuhnya memerlukan uang, sehingga dia memutuskan untuk menjadi instuktur terhebat di akademi terbaik untuk mewujudkannya.

Catatan:

Kisah seorang guru beladiri di sebuah akademi.

// Descended From Divinity

Alias: The Heavenly Demon Can’t Live a Normal Life; The Reincarnation of the Dark Master
Author: IronTiger, San Cheon, ZAINO
Artist: Altoran, Upu
Genre: action, fantasy, shounen

Review Descended From Divinity; The Heavenly Demon Can't Live a Normal Life; The Reincarnation of the Dark Master - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

“Apakah ini misi untukku yang dikirim oleh para dewa? Atau ini hanya hukuman ilahi?”

Junghyeok Baek, penguasa iblis ilahi Murim, menemukan bahwa ia telah bereinkarnasi ke dalam tubuh Roman Dimitri, putra seorang baron cerdik yang terobsesi dengan kemewahan gaya hidup aristokrat.

Tetapi dengan status barunya, Jung-hyeok siap untuk mengguncang segalanya di benua Salamander.

Akankah iblis ilahi mencapai apa yang ingin ia lakukan?

Dan akhirnya dia akan mendapatkan jawaban untuk reinkarnasi misterius ini?

Catatan:

Your average gedebug pak pak manhwa.

Well, artnya di awal memang sangat di bawah standar, tapi diperbarui kok dengan art yang bagus setelahnya. Jika kamu suka dengan cerita di mana mc nya sangat kuat, keren, dan cerdas, juga dunia yang penuh dengan politik, kamu akan menyukai manhwa ini.

// Doctor’s Rebirth

Alias: The Doctor Lives Again
Author: Tae Sun
Artist: Dobin
Genre: action, fantasy, martial arts

Review Doctor's Rebirth; The Doctor Lives Again - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Seorang dokter tewas menjadi korban perang saudara ketika dirinya menjadi sukarelawan. Alih-alih meninggal, dia terbangun lagi sebagai anak kecil. Tak lama kemudian dia tersadar, bahwa dia tidak lagi berada di dunia yang dikenalnya.

Catatan:

Sebuah manhwa dengan nuansa damai (*hueeek) kehidupan seorang dokter di Murim.

// Doom Breaker [HR]

Alias: A Battle God’s Second Chance; Reincarnation of the Suicidal Battle God; The Battle God’s Return; To a New Life
Author: Blue-Deep
Artist: Blue-Deep
Genre: action, fantasy, supernatural

Review Doom Breaker; A Battle God's Second Chance; Reincarnation of the Suicidal Battle God; The Battle God's - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Zephyr merupakan manusia terakhir yang terus bertarung melawan iblis di dunia yang diabaikan para dewa. Saat dia dibunuh oleh Tartarus, Dewa Kehancuran, kepunahan manusia tidak terelakkan lagi. Namun takdir belum sepenuhnya tersegel — dewa yang tertarik akan pertarungan Zephyr menganugerahkannya kesempatan kedua, ia hidup kembali dan kembali 10 tahun ke masa lalu, saat ia masih menjadi budak.

Mampukah Zephyr membalaskan dendamnya dan menyelamatkan wanita yang ia sayangi, atau mengulang kehancuran yang sama seperti sebelumnya?

Catatan:

Another manhwa yang mengisahkan tentang balas dendam. Art-nya bagus dengan cerita original yang menarik. Selebihnya baca aja sendiri…

// Duke Pendragon

Alias: White Dragon Duke: Pendragon; Hakuryuu Koushaku Pendragon
Author: Kim Hyungjun, Utsumi Yuusuke
Artist: Sumishiro Yukina
Genre: action, adventure, fantasy, romance

Review Duke Pendragon; White Dragon Duke: Pendragon; Hakuryuu Koushaku Pendragon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Raven Valt, anak haram dan putra kedua dari bangsawan rendah, dikenai sanksi sebagai pengkhianat. Dijanjikan kebebasan, dia dikirimkan ke unit paling buruk dan keji di kekaisaran, yaitu Korps Rakshasa (Pasukan Pembasmi Iblis). Dia harus mengabdi di sana 10 tahun lamanya.

Namun itu tidaklah mudah. Umumnya seseorang hanya dapat bertahan hidup selama 1 tahun di unit tersebut, namun Raven berjuang untuk kebebasannya dan berhasil bertahan untuk 10 tahun. Sehari sebelum kebebasannya, dia ditugaskan bertarung bersama Alan Pendragon, kepala Kadipaten Pendragon… namun semua harapannya sirna dalam sekejap mata.

Catatan:

Duke Pendragon merupakan salah satu manhwa favorit mimin setelah membaca 20 chapter awalnya. Art manhwa ini bisa dibilang masih standar, tidak terlalu bagus maupun jelek. Namun jujur, penggambaran karakter utamanya agak merusak ekspetasiku sebagai novel reader-nya. Alasannya karena di novel, sang MC dideskripsikan sebagai seorang pria gagah namun terlalu cantik untuk disebut tampan. Ya, si MC di ilustrasi novel dan manhwa terlihat berbeda.

Kesampingkan hal itu, premis cerita yang dibawakan manhwa ini cukup menarik untuk diikuti. Menceritakan perjuangan Raven Valt dan Alan Pendragon untuk keluarganya. Cerita berpusat pada politik seputar kekaisaran, sumber penderitaan keduanya. Namun ternyata masalahnya lebih besar dari yang mereka duga.

Novelnya sendiri sudah tamat dengan 400 chapter lebih. Namun kulihat cerita di manhwanya dipangkas sehingga kejadian-kejadian tertentu tidak dijelaskan dengan baik. Meski begitu, aku pribadi merekomendasikan manhwa ini untuk dibaca. Apalagi kamu yang suka tema kerajaan fantasi dan petualangan dibumbui hubungan asmara. Kemungkinan besar kamu akan menyukai manhwa Duke Pendragon ini.

// Jack Be Invincible

Alias: Legendary Youngest Son of the Marquis House; The Margravial Household’s Phenomenal Youngest Son; The Marquess’s Youngest Son; The Youngest Son of a Marquis
Author: Raccoon
Artist: K(케이)
Genre: action, drama, fantasy, historical, shounen

Review Jack Be Invincible; Legendary Youngest Son of the Marquis House; The Margravial Household's Phenomenal Youngest Son; The Marquess's Youngest Son; The Youngest Son of a Marquis - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Setelah membalas dendam pada Kekaisaran Tulcan, Jack Valantier mengambil napas terakhirnya. Berpikir semuanya sudah berakhir, dia mendapati dirinya kembali ketika dia berusia 14 tahun! Dari keluarganya yang lalai dan jahat hingga pelayan dan saudari yang setia, semua seperti yang pernah dia ingat. Tapi kali ini, Jack dipersenjatai dengan pengalaman puluhan tahun dari kehidupan sebelumnya! Dia siap memberi mereka neraka yang dia rasakan, dan mereka yang telah berbuat salah akan membayar mahal. Karena kali ini, dia tak terkalahkan.

Catatan:

Your average regression superpowered fantasy manhwa.

// Level up With the Gods

Alias: Leveling Up With the Gods; Leveling With the Gods
Author: Black Ajin
Artist: OH Hyun
Genre: action, adventure, fantasy

Review Level up With the Gods; Leveling Up With the Gods; Leveling With the Gods - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Dia bertambah kuat, lebih cepat dari siapapun… namun dia kalah. Di akhir, hanya keputus-asaan yang tersisa untuknya.
Di saat-saat terakhirnya, dia diberikan kesempatan… melalui pengorbanan rekan-rekannya, takdirnya masih belum tersegel.
Kembali ke masa lalu, dia mencoba memanjat Tower lagi dengan bakatnya yang tak tertandingi.
Untuk melawan iblis-iblis kuno yang mengancam untuk menghancurkan Tower.

Catatan:

Leveling with The Gods merupakan manhwa dengan tower dan elemen game seperti sistem, level, dewa-dewi, dan sebagainya. Manhwa ini cukup populer dan banyak orang yang merekomendasikannya.

Dari segi alur cerita, manhwa ini membawakan kesan mainstream seperti manhwa fantasi kebanyakan. Menceritakan sang MC yang kembali ke masa lalu untuk merubah masa depan, dan dia menjadi sangat-sangat kuat.

Manhwa ini punya banyak persamaan dengan manhwa Second Life Ranker. Kamu akan suka manhwa ini jika kamu juga menyukai manhwa tersebut, karena tema yang diangkat kedua manhwa ini kurang lebih sama, dan karakteristik MC juga tidak beda jauh. Dari segi art, kedua manhwa ini juga termasuk di atas standar.

// Mookhyang The Origin

Alias: –
Author: JEON Dongjo
Artist: REDZIN, Silva – Redice Studio
Genre: action, adventure, fantasy

Review Mookhyang The Origin - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Selama masa kacau dalam dunia murim, sewaktu nomor 2044 masih kecil, ia diculik fraksi demonic untuk melatihnya jalan assassination. setelah bertahan dari latihan nerakanya sampai akhir, ia mendapatkan nama julukan ‘mook-hyang’. namun, mook-hyang memiliki ketidakpuasaan dalam keinginan berpedang… ini kisah mook-hyang yang melawan berbagai master beladiri, ya intinya gitulah ya.

Catatan:

Prequel dari Mookhyang – Dark Lady. Kalau kamu udah baca versi Dark Lady, pasti tahu dong gimana sifat MC-nya. Nah, di manhwa ini diperjelas kenapa dia bisa begitu.

Artnya bagus, apalagi saat battle-fight, keren dah. Sayang ceritanya agak gimana ya, kecepetan kali ya? Jadi kurang kerasa feel-nya aja gitu. Tapi yah, namanya juga manhwa action, xixixi.

// One Day, Suddenly, Seoul Is

Alias: One Day in Seoul
Author: Park Chang-geun
Artist: Park Chang-geun
Genre: action, horror, supernatural

Review One Day, Suddenly, Seoul Is; One Day in Seoul - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee
malah selfie_-

Sinopsis:

Sebuah jenis virus mengerikan tiba-tiba menghantam Seoul! Yeon-woo, yang sedang melakukan study tour ke Seoul, sangat senang karena dia punya kesempatan untuk mendekati Seo-yoon. Saat itulah sel-sel tak dikenal muncul, merubah orang yang terinfeksi menjadi ganas. Seketika perjalanan mereka yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi seperti neraka.

Catatan:

Sebuah manhwa bertemakan survival dan apokalips di mana sebuah virus menyerang peradaban.

Berlatarkan Seoul, tiba-tiba sel aneh menyerang manusia dan mengubahnya menjadi monster. Sekilas manhwa ini cukup mirip dengan manhwa-manhwa sejenis lainnya, seperti manhwa Sweet Home. Kita akan disuguhi perjalanan sang protagonis untuk bertahan hidup.

Monster yang tercipta bentuknya sangat menjijikan cuy, banyak lobang-lobang gitu dah. Kalo kalian punya phobia lubang semacam ini, mimin sarankan untuk membaca agar phobia kalian bisa teratasi.

Manhwa ini sangat rekomended untuk kalian pecinta series All of Us Are Dead dan Sweet Home, juga cocok untuk yang suka manhwa survival bertema apokalips.

Oh ya, manhwa ini tersedia di LINE WEBTOON Indonesia dan bisa kamu baca secara gratis hingga episode terbarunya.

// Poison Dragon: The Legend of an Asura

Alias: Legend of Asura – The Venom Dragon
Author: Sinieo
Artist: Ant Studio
Genre: action, adventure, drama, martial arts, shounen

Review Poison Dragon: The Legend of an Asura; Legend of Asura - The Venom Dragon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Sejarah panjang Sekte Medis diikuti oleh kehancuran total. Dalam neraka keputusasaan, di mana mayat-mayat menumpuk ketika gunung dan darah mengalir seperti laut, ‘Asura’ akhirnya terbangun.

– Aku akan membunuh mereka semua.
Itu tidak akan berakhir sampai aku membunuh mereka semua.

Satu-satunya yang selamat dari Sekte Medis, Jin Ja Gang –

Ini adalah kisahnya yang penuh kesepian untuk membalas dendam!

Catatan:

Sebuah manhwa murim dengan plot shounen, di mana sang protagonis memiliki tekad baja. MC merupakan karakter zero to hero, kita akan disuguhi perjalanan sang MC mulai dari yang terlemah hingga menjadi musuh satu dunia.

Mungkin kamu akan melihat banyak orang yang menyarankan agar tidak membaca chapter 0 (prolog) karena ada spoiler di dalamnya. Namun menurut mimin sendiri, chapter 0 diperlukan agar kamu mampu lanjut membaca hingga MC bisa sampai ke sana. Alasannya yah, mc sangat-sangat lemah di awal dan perjalanannya menjadi kuat membutuhkan banyak waktu dan banyak chapter tentunya. Mungkin kamu akan merasa bosan dan bahkan ingin berhenti membaca di chapter-chapter tertentu, karena ceritanya memang tipikal manhwa murim kebanyakan dan plotnya terkesan begitu-begitu saja.

Jadi chapter 0 merupakan penyemangatmu agar sanggup membaca hingga menemukan keseruan dalam manhwa ini. Dan tentu saja, mimin dapat menjamin kalau kesabaranmu membaca akan membuahkan hasil di chapter-chapter yang akan datang …

// Player Who Can’t Level Up

Alias: Level-Up Motaneun Player; The Player That Can’t Level Up
Author: Gavinji
Artist: Aengmusae, PARK Jungjae, Studio Khit|
Genre: action, adventure, fantasy

Review Player Who Can't Level Up; Level-Up Motaneun Player; The Player That Can't Level Up - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Undangan tower hanya untuk orang yang memenuhi syarat untuk menjadi player, yang mendapatkan undangan akan mendapat kemampuan unik yang disebut hak istimewa bagi player yang terpilih, aku mendapat undangan dari tower pada usia 18 tahun, dan ini sudah lima tahun, levelku masih 1.

Catatan:

Satu lagi manhwa dengan tema memanjat tower, sistem leveling, dan MC yang punya skill spesial. Ya gitu deh, alur ceritanya seakan-akan diberatkan, namun karena pengeksekusiannya yang kurang jadi terasa biasa saja.

Meski begitu, art-nya bagus dengan efek-efek keren di beberapa scene. Masalah alur bisa dikesampingkan, mengingat beda orang beda selera (hihi).

Oh ya, kalau kamu suka Sword Art Online, mungkin kamu bakalan suka manhwa ini. Karena penampilan MC-nya kayak si Fate itu lho, terus dia punya dua pedang yang beda warna guys. Kalau si Fate kan punya senjata yang bisa ngomong, nah MC di manhwa ini juga punya senjata gituan. Senjatanya ada dua lagi. Kalau nyerang ada efek-efek warnanya gitu, lho. Artnya juga bagus, andai ceritanya juga sama …

// Regressor Instruction Manual

Author: Heulgsujeo
Artist: MIDNIGHT STUDIO
Genre: action, comedy, drama, fantasy

Review Regressor Instruction Manual - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Suatu hari, aku telah di-summon ke dunia ini. Monster di mana-mana dan krisis luar biasa melanda. Namun bakatku bahkan lebih buruk dari itu.
[Level bakat player berada di paling bawah.]
[Hampir semua kemungkinan tidak ada artinya.]

Meskipun kamu menjadi Warrior atau Wizard. Meskipun kamu mengulang kembali waktu. Kamu harus mengambil keuntungan dari apapun itu demi bertahan hidup.

“Terus kenapa?”
“Aku tinggal menggunakan semua yang kupunya untuk hidup!”

Catatan:

Regressor Instruction Manual merupakan manhwa dengan premis cerita yang anti mainstream dan didukung art yang diatas standar manhwa kebanyakan.

Di manhwa ini, terdapat seorang “Regressor” atau karakter yang telah mengulang waktu (mengembalikan waktu/kembali ke masa lalu), namun dia bukan tokoh utamanya. Uniknya, tokoh utama (MC) di manhwa ini merupakan parasit yang menempel di seorang Regressor tersebut.

Sang MC harus menghadapi kenyataan bahwa dia tidak berguna. Dia hanya dapat hidup dengan mengandalkan orang lain. Meski begitu, dia mempunyai akal yang cerdas dan jago berbicara. Dan begitulah, kita akan melihat tingkah laku uniknya untuk bertahan hidup di dunia yang berbahaya.

// Reincarnated as an Unruly Heir [HR]

Alias: I Reincarnated as the Crazed Heir; Vice-Lord’s Rebirth
Author: DAE Eunho, zaemu
Artist: JEON Madu
Genre: action, martial arts, shounen, supernatural

Review Reincarnated as an Unruly Heir; I Reincarnated as the Crazed Heir; Vice-Lord's Rebirth - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Pernah menjadi master seni bela diri yang sedang naik daun, Yang Jagak dikenal sebagai Ten Strike Finisher karena kemampuannya untuk mengalahkan lawan dalam sepuluh gerakan. Jagak juga merupakan putra pemimpin Aliansi Murim, sebuah organisasi sekte seni bela diri yang berbudi luhur. Kepemimpinannya di masa depan atas dunia seni bela diri tampaknya sangat terjamin – sampai ia dibunuh oleh orang-orang yang cemburu padanya! Jagak bereinkarnasi ke dalam tubuh Ma Cheonso, playboy yang juga calon pimpinan dari Sekte Ming yang dianggap jahat. Bisakah Jagak tetap setia pada prinsip-prinsipnya meskipun kehidupan barunya di sisi gelap?

Catatan:

Protagonis kita kali ini merupakan putra dari pemimpin aliansi murim yang mati dan kemudian jiwanya entah kenapa masuk ke tubuh seseorang. Ironisnya orang itu adalah pewaris kursi ketua Sekte Ming.

Yups, jika kamu familiar dengan kisah-kisah beladiri, kamu pasti tahu dengan Sekte Ming. Sekte Ming dipopulerkan oleh trilogi Pendekar Rajawali seri ketiga, yaitu Heavenly Sword and Dragon Slaying Sabre, di mana protagonisnya adalah ketua Sekte Ming tersebut.

Sekte Ming dikenal sebagai sekte yang berisikan orang-orang jahat, dan diklasifikasikan sebagai sekte unorthodox karena mereka ingin menggulingkan pemerintahan. Pada manhwa ini, sang protagonis yang terkenal akan keadilannya hidup kembali sebagai orang yang paling menyedihkan dan mengerikan di Sekte Ming. Ia dikenal demikian bukan karena kekuatannya, melainkan karena nama keluarganya dan tingkah lakunya sebagai pewaris satu-satunya Sekte Ming. Kita bakal sering melihat di mana sang MC ragu apakah dia masih dirinya sendiri di masa lalu ataukah sudah menjadi dirinya yang baru saat ini.

// Return of the Blossoming Blade

Alias: Return of Sword Master; Return of the Huashan Sect; Return of the Mount Hua Sect
Author: Biga
Artist: Lico
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, martial arts

Review Return of the Blossoming Blade; Return of Sword Master; Return of the Huashan Sect; Return of the Mount Hua Sect - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Murid ke-13 dari sekte Hwasan, Cheong Myeong, si pendekar pedang sakti bunga plum akhirnya berhasil membunuh kepala dari sekte iblis, Cheonma. Namun pertarungan tersebut telah merenggut nyawa Cheong Myeong sendiri beserta seluruh sekte Hwasan yang menjadi tempat perguruannya. Siapa yang menyangka, setelah kematiannya ternyata Cheong Myeong terlahir kembali 100 tahun kemudian! Tapi di masa ini tidak ada seorang pun yang mengingat Sekte Hwasan?! “…Apa? Sekte Hwasan hancur?!”

Catatan:

Menceritakan seorang pendekar yang bereinkarnasi di masa depan, dan mengetahui bahwa perguruan tingginya telah tiada. Sang protagonis memiliki karakter cerdas dan licik, juga punya rasa humor yang agak tinggi.

// Return of The Broken Constellation

Alias: Return of the Shattered Constellation
Author: Sa Do-yeon
Artist: Flex Mind, YANG Kyung-Il
Genre: action, adventure, fantasy

Review Return of The Broken Constellation; Return of the Shattered Constellation - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Seorang manusia yang mampu menjadi dewa, sang ‘Twilight of Gods’.

Setelah terkenal sebagai dewa yang jahat dan kejam, ia kehilangan konstelasi, keyakinan, otoritas ilahi – segalanya. Kekuatan sucinya dihilangkan paksa dan menghilang.

“Aku ingin kau bekerja denganku.”

Saat itulah Thanatos, Dewa Nether World, menawarkan bantuannya…

Setelah meraih tangannya, ‘Twilight of Gods’ memutuskan mengulang hidupnya sebagai player ‘Lee Changseon”, untuk membalas para dewa yang mengirimkannya ke neraka!

‘Jadi aku benar-benar kembali’

Catatan:

[Konstelasi: ✅] [Regresi: ✅] [Balas Dendam: ✅] [ MC Badass: ?] [Art: ✅]

// Return of the Mad Demon [HR]

Alias: The Return of the Crazy Demon
Author: Yu Jinseong
Artist: JP, LEE Hi
Genre: action, comedy, fantasy, martial arts

Review Return of the Mad Demon; The Return of the Crazy Demon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Yi Zaha, si Mad Demon yang tergila-gila untuk menjadi ahli beladiri terkuat di Murim, telah mati. Dia berhasil mencuri pusaka sekte iblis sehingga seluruh anggota sekte iblis memburunya. Meski dikalahkan, dia enggan memberikan pusaka tersebut dan lebih memilih bunuh diri ke dalam jurang setelah menelan pusaka tersebut. Meski begitu, takdir berkata lain. Yi Zaha tidak mati, melainkan kembali ke saat dirinya masih muda dan lemah. Dengan pengetahuannya akan masa depan dan ilmu beladiri yang telah dia pelajari, Yi Zaha sekali lagi berniat untuk menjadi dewa beladiri!

Catatan:

Kebanyakan manhwa beladiri atau martial arts hanya mengandalkan adegan pertarungan dan kisah balas dendam, sehingga pembaca mungkin cepat bosan. Termasuk juga manhwa ini, namun ada perbedaan di mana banyak adegan kocak yang menjadi poin tambahan.

Seperti Path of the Shaman yang dirilis tahun 2020 lalu, Return of the Mad Demon juga mempunyai MC yang rada sinting. Bisa dibilang keduanya mempunyai banyak kesamaan, baik dari segi cerita maupun pengkarakteran-nya. Highly recommended!

// Seoul Station’s Necromancer

Alias: Seoul Station Necromancer; Seoul-yeong Necromancer
Author: Jin Seol woo, Shin Ji Hun
Artist: Ji Sung Woong
Genre: action, adventure, fantasy, shounen, supernatural

Review Seoul Station's Necromancer; Seoul Station Necromancer; Seoul-yeong Necromancer - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

[Kamu telah memasuki dungeon di Jalan Keluar Pertama Stasiun Gwachun.]

“Apa ini?”

Setelah 20 tahun, seorang necromancer telah kembali ke bumi dan stasiun subwaynya … telah berubah menjadi dungeon.

Catatan:

Menceritakan tentang seorang necromancer … yah, begitulah.

Setelah membaca 80 lebih chapter, mimin rasa tidak ada yang salah dengan manhwa ini. Hanya saja hati ini enggan membaca lagi, karena bahan bacaan lain sudah hadir kembali~

// Tale of the Floating Sages

Alias: Call of the Spear; Cystic Story; Fantastic Story of Nangseon; Nangseon Story; The Story of Thorny Spear; The Story of the Reincarnation of the Tiger
Author: Nangsun
Artist: Kim Sun-tae
Genre: action, fantasy, historical, romance, shounen

Review Review Tale of the Floating Sages; Call of the Spear; Cystic Story; Fantastic Story of Nangseon; Nangseon Story; The Story of Thorny Spear; The Story of the Reincarnation of the Tiger - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Sangun, harimau penguasa Gunung Baek, menjalani kehidupan yang damai sampai seorang gadis muda berambut putih bernama Choa mengunjungi guanya, mengaku sebagai istrinya. Sangun segera sadar bahwa Choa adalah keturunan dari Binatang Iblis Berdarah Putih, makhluk berbahaya yang ditakuti oleh semua roh dan binatang buas. Dia mencoba untuk mengirimnya pergi karena takut akan bahaya yang akan dibawanya, tetapi berubah pikiran setelah mengetahui bahwa dia tidak punya tempat untuk kembali. Sangat disayangkan baginya, karena ini menandai awal dari kesulitannya ….

Catatan:

Manhwa dengan kisah yang agak kompleks … yah, bukan kisah sih, mungkin lebih tepat kalau disebut kalau world-buildingnya yang kompleks. Menceritakan seorang binatang iblis yang menerima persembahan dari rakyat gunung yang ia tempati, yang berupa seorang gadis muda. Kisah mereka berdua cukup seru untuk diikuti, meski lama kelamaan kita akan sadar bahwa gadis muda itu bukanlah heroine satu-satunya.

WARNING!
Art manhwa ini termasuk di atas standar, namun juga banyak fanservice di dalamnya. Bagi kalian yang berusia di bawah 18 tahun, mimin sarankan hindari untuk membaca.

// Talent-Swallowing Magician

Alias: Talent Swallowing Magician; The Mage Who Absorbs Abilities
Author: GongDeunTop, Junhyung Kim
Artist: Siroo
Genre: action, drama, fantasy

Talent-Swallowing Magician; Talent Swallowing Magician; The Mage Who Absorbs Abilities - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Elric Melvinger merupakan pewaris kekuasan dari keluarga sihir terkemuka. Dia tidak memiliki ‘Talent’ dari lahir, mengakibatkannya tidak bisa mempelajari ilmu sihir. Namun, dia mendapatkan ‘Blessing’ dari leluhurnya!

[Makan Demon]
[Telan Demon]
[Minum Demon]
[Terus kumpulkan Demon dalam dirimu, dan dapatkan sihir baru!]

Aku akan bertambah kuat. Sangat kuat sampai tidak ada yang mampu mengalahkanku.

Catatan:

Talent-Swallowing Magician merupakan manhwa yang menceritakan seorang keturunan bangsawan yang mencoba membangkitkan keluarganya yang jatuh.

Kita akan mengikuti perjalanan Elric dari powerless menjadi powerful. Sang MC mempunyai sifat yang menyedihkan di awal, namun kita dapat merasakannya berubah di chapter-chapter berikutnya. Perubahan tersebut-lah yang membuat manhwa ini menarik untuk diikuti. Dia mulai menjadi pemberani dan mempunyai sikap cerdas dalam menghadapi setiap situasi.

Manhwa ini dihiasi art yang memukau, yang membuatnya istimewa. Aku menyukai art-nya yang cukup mendetail dan terkadang dihiasi bermacam-macam tone warna, mengingatkanku pada serial animasi Arcane: League of Legends. Enggak terlalu mirip, sih. Cuman ya tetep bagus, kok!

*Ngomong-ngomong, kalo baca sinopsisnya agak ngeri juga ya!

// The Book of Lagier

Author: GongDeunTop, Junhyung Kim
Artist: Siroo
Genre: fantasy

Review The Book of Lagier - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Suatu hari, seorang manusia berani memanggil Raja Iblis. Itu adalah serakah dan gemuk,

Pangeran Lagier Lou Jerlayla Rodwill!

Namun, saat memanggil Raja Iblis, dia melakukan kesalahan dalam prosesnya, yang menyebabkan kematiannya.

Tubuh Lagier dibekukan dengan paksa karena kontrak yang dia buat dengan Raja Iblis…

“Yah, sebaiknya aku mengabulkan permintaannya saja.”

Raja Iblis memutuskan untuk menjadi Lagier dan mengabulkan keinginan Pangeran sebelum dia dibekukan sampai mati.

Sampai hari kerajaan Jerlayla menguasai dunia dengan kekuatan yang tak tertandingi oleh siapapun!

Ini adalah awal dari legenda baru……!

“Aku akan memulainya dengan menurunkan berat badan.”

…Aku harus diet dulu.

Catatan:

Menceritakan seorang raja iblis yang dikontrak seorang manusia untuk menaklukkan dunia. Art-nya sudah bagus dan ceritanya cukup menarik untuk diikuti. Meski begitu, entah kenapa mimin rasa ceritanya memiliki vibes genre shoujo (wkwk).

// The Celestial Returned From Hell

Alias: The Constellation That Returned From Hell
Author: Writingmachine
Artist: C.H (μ‹œμΉ˜)
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, martial arts

Review The Celestial Returned From Hell - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Aku kembali dari neraka. Setelah bertahan ribuan tahun lamanya, akulah satu-satunya yang akan menyelamatkan kemanusiaan.

Catatan:

Manhwa ini mempunyai judul ‘returned’, namun artinya berbeda dari kebanyakan manhwa berjudul ‘returned’ lainnya.

MC kita mempunyai sikap optimis terhadap apapun situasi yang ia hadapi. Uniknya, keyakinan akan seni beladirinya sangat tinggi. Di dunia yang penuh dengan job yang kefantasian banget, ia lebih memilih jadi ahli beladiri meskipun pertumbuhannya sangat lambat.

// The Druid of Seoul Station

Alias: Seoul Station Druid
Author: JIN Seol-woo
Artist: liveBEAR, MUN Sung-ho
Genre: action, fantasy, sci-fi, shounen

Review The Druid of Seoul Station; Seoul Station Druid - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Dimulai sebagai hari biasa lalu berubah 180 derajat ketika bencana yang tidak diketahui menabrak bumi, memindahkan Park Suho ke planet berbeda.

Entah bagaimana dia bisa belajar beradaptasi dan bertarung untuk bertahan hidup di dunia yang asing ini. Namun suatu hari, sebagaimana dia tiba-tiba pindah ke planet ini, Suho dipindahkan kembali ke bumi.

Dengan cepat dia belajar bahwa kembali ke kehidupan yang dia ingat itu mustahil, karena bumi sekarang selalu dipenuhi pertarungan dengan monster yang berhasil menginfiltrasi planet.

Bagaimana Suho bisa melawan para monster yang menyerang bumi, atau bagaimana caranya bertahan sekarang dengan skill yang dia miliki?

Catatan:

Kisah tentang MC yang hidup ribuan tahun di hutan rimba di mana yang kuat adalah penguasa, kini kembali ke bumi.

Yups, apa yang kamu pikirkan adalah benar. Author manhwa ini sama dengan author manhwa Seoul Station’s Necromancer. Namun mimin rasa kedua manhwa ini tidak berbagi satu universe, karena dalam 80an chapter awal keduanya tidak ada tanda-tanda tentang hal ini. Meski begitu, baik art, plot cerita, maupun pengembangan karakternya tidak jauh berbeda.

// The Greatest Estate Developer

Alias: The Greatest Estate Designer; The World’s Best Engineer
Author: BK_Moon, LEE Hyun-Min
Artist: Kim Hyun Soo
Genre: adventure, comedy, fantasy, shounen

Review The Greatest Estate Developer; The Greatest Estate Designer; The World's Best Engineer - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Seorang mahasiswa teknik bernama Kim Suho tertidur setelah membaca novel fantasi, ketika terbangun dia menjadi karakter dalam buku tersebut.

Sekarang Suho berada di tubuh Lloyd Frontera, seorang bangsawan pemalas yang suka minum-minum, dan keluarganya terjerat hutang yang menggunung.

Menggunakan pengetahuan tekniknya, Suho mendesain hal-hal baru di dunia itu untuk mencegah masa depan mengerikan yang menantinya.

Dengan bantuan hamster raksasa, seorang ksatria, dan sihir dunia, mampukah Suho mengeluarkan keluarganya dari jeratan hutang dan membangun masa depan yang lebih baik?

Catatan:

Pernahkah kamu membaca komik isekai yang mcnya seorang sarjana teknik? Jika belum, manhwa ini adalah salah satunya. Sang protagonis merupakan sarjana teknik yang menggunakan pengetahuannya untuk membangun dan mengembangkan dunia baru yang dia tempati.

T-tapi kan min, mc bukan masuk isekai tapi masuk ke dunia dalam novel?

Yah, isekai sendiri kan artinya dunia lain. Jadi mimin gak salah dong kalo bilang ini komik isekai (wkwkwkwk).

// The Lazy Lord Master the Sword [HR]

Alias: Reformation of the Deadbeat Noble; The Lazy Prince Becomes a Genius
Author: Doip, Second Star
Artist: Dodomoon
Genre: action, fantasy

Review The Lazy Lord Master the Sword; Reformation of the Deadbeat Noble; The Lazy Prince Becomes a Genius - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Setelah menderita shock karena kematian ibunya, Airen Farriera muda mengurung diri. Ia melarikan diri dari kenyataan dengan tidur seharian. Perilaku buruk tersebut membuatnya dikenal sebagai “Tuan Pemalas”. Airen menutup mata dari semua ejekan dan ocehan buruk tentangnya, hingga suatu saat ia terbangun setelah memimpikan seorang Swordsman misterius. Kehidupannya-pun berubah drastis…

Catatan:

Salah satu manhwa baru yang masuk daftar favoritku. The Lazy Lord Masters the Sword menceritakan seorang pewaris bangsawan yang lemah fisik dan mental, namun berubah secara perlahan setelah ia berbagi pandangan dengan seorang Swordsman di alam mimpinya.

Kita akan melihat perkembangan sang MC perlahan berubah, yang mana menjadi hal paling menarik di manhwa ini. Ceritanya ringan, standar genre buat pembaca remaja. Art-nya juga bagus dengan keunikannya tersendiri, membuat kita merasa nyaman saat membaca.

Ngomong-ngomong, alur ceritanya di awal-awal sangat lambat, bikin aku bosan kala itu. Namun itu berubah setelah chapter 30 ke atas. Jadi jika kamu berhenti di awal-awal chapter, cobalah untuk membaca setidaknya sampai chapter 30 ke atas, karena alurnya mulai terasa emosional di sana.

// The Legendary Spear Knight Return

Alias: Return of The Greatest Lancer; Return of the Unrivaled Spear Knight
Author: Jo Husang, Jo Teacher
Artist: Studio Inus
Genre: action, adventure, fantasy

Review The Legendary Spear Knight Return; Return of The Greatest Lancer; Return of the Unrivaled Spear Knight - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Pandangan umum bahwa seorang Ksatria harus menggunakan pedang dipatahkan oleh bintang paling terang dari salah satu Duke Family. Pahlawan yang mengakhiri perang saudara di kekaisaran. Nama orang itu adalah Joshua Sanders.

Terlepas dari reputasinya sebagai Tombak Tak Tertandingi dari Kekaisaran, dia terluka mengeluarkan darah merah gelap. Tidak seorangpun selain oleh kaisarnya sendiri, Kaiser…

“Kaiser! Jangan berpikir ini akan berakhir seperti ini!!”
Sebelum kematiannya, karena sebuah magic circle, tombak yang selalu bersamanya, ‘Lugia’, mulai mengeluarkan sejumlah besar energi…

Tempat familiar ini, jangan bilang… kandang kuda tempat tinggalku saat masih muda?

“Tubuhku menjadi muda?! Lugia, kau itu sebenarnya apa?”

Joshua kembali ke saat ia masih muda. Pembalasan dendamnya mulai dari sini!

Catatan:

Yap, belakangan ini banyak adaptasi manhwa baru yang bertemakan ‘regresi’ atau kembali ke masa lalu, termasuk manhwa The Legendary Spear Knight.

Terlepas dari tema ‘regresi’ yang mainstream, ceritanya menarik. Buat kamu yang suka cerita tentang bangsawan, politik, monster fantasi, mc badass, dsb, pasti suka manhwa ini.

// The Lord of Coins

Alias: The Lord’s Coins Aren’t Decreasing?!; Does the Lord’s Coin Not Shrink?!
Author: HONG Dae Eui, Mokhyeon
Artist: Teurubereu
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts

Review Review The Lord of Coins; The Lord's Coins Aren't Decreasing?!; Does the Lord's Coin Not Shrink?! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Keberuntungan Aaron Steelegard pada dasarnya ditetapkan saat ia menemukan sebuah buku yang membuatnya dapat menjadi pedagang lintas dimensi – sampai akhirnya ia dibunuh dan kekayaannya direnggut.

Namun dengan kekuatan tertentu, ia kembali ke masa lalu saat ia masih muda. Dengan pengetahuannya akan masa depan, ia akan mulai pembalasan dendam!

Catatan:

Manhwa dengan konsep unik. Jika kamu sudah membaca banyak manhwa, maka kamu pasti hapal konsep “sistem” yang lumayan banyak diterapkan. Nah, di manhwa ini, konsep “sistem” tersebut secara garis besar sama, yaitu untuk membuat sang protagonis dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Uniknya, “sistem” tersebut berbentuk dimensional market, tempat orang dari berbagai dimensi berjualan. Melalui perantara dimensional transaction book, sistem tersebut dapat mc gunakan untuk meraih kekuatan, pengetahuan, dan kekayaan.

Dengan adanya transaksi antar dimensional ini pula, membuktikan bahwa cerita tidak hanya mempunyai satu dunia. Sang protagonis sendiri hidup di dunia pedang dan sihir, dengan sumber kehidupan disebut “mana”. Namun, karena mc punya buku transaksi dimensional, ia dapat membeli kemampuan dari dunia murim yang memungkinkannya untuk membuka dantian (energi tubuh?) dan mempelajari seni bela diri (martial arts).

Cerita berfokus tidak hanya di dunia sang protagonis. Di dunianya sendiri, cerita berpusat pada tujuan mc agar keluarganya tidak jatuh dan diambil alih oleh orang lain. Beberapa chapter awal menceritakan permasalahannya dengan keluarganya sendiri, selagi melatih fisik dan mentalnya. Fokus kedua cerita yaitu di dunia-dunia yang berhubungan dengan dimensional market dimana masih berhubungan dengan sang protagonis saat kehidupan pertamanya. Jadi, kalau kamu familiar dengan cerita yang mempunyai lebih dari satu timeline berbeda, maka manhwa ini konsepnya juga mirip seperti itu. Hanya saja bukan timeline yang berbeda, tetapi worldline yang berbeda.

Namun, kalau bicara soal fokus cerita, kebanyakan berpusat pada dimensional marketnya sendiri. Di sana, MC mulai menyingkap kebenaran orang-orang (/makhluk) yang pernah menipunya saat kehidupan pertamanya dulu. Ambisinya yaitu balas dendam pada semua pihak yang membuat kehidupannya hancur, keluarganya jatuh, dan akhirnya ia disiksa sampai mati dengan tragis (kalem, cuman spoiler dari chapter satu doang).

Hal yang lucu dari mc kali ini yaitu tingkahnya dalam menguasai market. Dengan menjadi seorang member vip dengan banyak skill yang maksimal, ia mempunyai banyak keuntungan yang tidak dimiliki member dimensional market biasa. Sang protagonis menguasai pasaran tanpa membuat/mempunyai produknya sendiri. Jadi ia membeli barang dari member lain, lalu menjualnya dengan harga yang murah. Bukannya rugi, namun ia malah untung meski sedikit. Fitur member vipnya sendiri menghilangkan biaya admin dan akan selalu mendapat cashback setiap ia melakukan transaksi. Kedua fitur itulah alasan besar mc dapat menguasai pasaran dengan mudah (termasuk cheater sih ini mah 🀣).

Bagi kamu yang suka belanja onlen, aku rekomendasiin untuk baca manhwa ini. Gokil! πŸ˜…

// The Reborn Ranker Chronicles

Alias: Reincarnation of the Murim Clan’s Former Ranker
Author: Sanbo
Artist: In Yong
Genre: action, drama, fantasy, martial arts, shounen

Review The Reborn Ranker Chronicles; Reincarnation of the Murim Clan's Former Ranker; Kembalinya Ranker Murim - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee @aezife

Sinopsis:

Kang Taeha, seorang hunter rank SSS legendaris akhirnya menemui ajalnya. Namun bukannya mati, dia malah terbangun kembali … di masa China lampau?!

Sekarang dia harus hidup sebagai Xinyun, seorang pewaris nakal dari sebuah klan pedagang besar. Apa yang dia inginkan hanyalah meninggalkan kenangan buruk ketika dia masih menjadi hunter, namun terjebak akan perebutan hak waris membuatnya terpaksa menggunakan skill hunter miliknya.

Catatan:

Penasaran gak, kenapa manhwa dengan tema yang sama bahkan terkesan berulang tetap saja laku di pasaran? Yups, cerita dan artnya lah yang membedakan.

Meskipun manhwa ini membawakan tema tentang nekromansi di dunia murim, dengan protagonis yang regresi dan superkuat, manhwa ini tetap dibaca banyak orang karena kisah di dalamnya seru untuk diikuti, ditambah dengan art yang pas dengan zaman ini.
Jadi ya, meskipun manhwa ini terkesan mainstream, mimin cukup menikmati membacanya.

// The Return of the 8th Class Magician [END]

Alias: 8th Class Magician Returned; 8th-Class Mage Returns; Kembalinya Penyihir kelas; Penyihir Kelas Delapan; Regression of Class 8 Wizard; Return of the 8th Class Magician; Revolution of the 8th Class Mage
Author: Ryu Song
Artist: Tes
Genre: action, fantasy

Review The Return of the 8th Class Magician; 8th Class Magician Returned; 8th-Class Mage Returns; Kembalinya Penyihir kelas; Penyihir Kelas Delapan; Regression of Class 8 Wizard; Return of the 8th Class Magician; Revolution of the 8th Class Mage - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Sudah bertahun-tahun aku mengotori tanganku dengan darah untuk Kekaisaran (United Empire) dan kaisarnya, Ragnar. Aku ingin pulang ke kampung halamanku dan hidup dengan tenang untuk menebus dosa-dosaku.

Namun,

“Kamu merupakan penyihir kelas 8 yang bisa menggulingkan kekaisaran kapanpun. Bagaimana aku bisa membiarkan monster sepertimu hidup?”

Aku dikhianati oleh temanku sekaligus sang kaisar, Ragnar. Diambang kematianku, aku menusukkan sebuah belati sihir tepat ke jantungku.

“Penebusan yang kuinginkan hanyalah membuat semua hal berjalan seperti seharusnya”

Catatan:

Sebuah manhwa yang dirilis oleh salah satu penerbit populer seperti penerbit manhwa Kill The Hero, Carrotoon. Manhwa kali ini mempunyai jalan cerita yang agak mainstream, dimana MC kita dikhianati, kembali ke masa lalu, dan mencoba memperbaiki kehidupan keduanya.

Meski alurnya mainstream, pembawaan ceritanya tetap menarik untuk diikuti. Didukung oleh artnya yang secara standar sudah bagus, kita akan dibuat penasaran akan lanjutan kisah dari sang MC, Ian Page.

// The Stormy Inn

Alias: Storm Inn; Tavern of Wind and Clouds
Author: Juvi
Artist: Miyul
Genre: action, drama, fantasy, historical, martial arts, shounen

Review The Stormy Inn; Storm Inn; Tavern of Wind and Clouds - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sinopsis:

Setan Crimson dari medan perang, Jang Kirin. Dia menghabiskan hari-harinya dalam perang percikan darah di Utara selama 13 tahun terakhir.
“Jalani kehidupan normal.”
Itu adalah kata-kata terakhir yang ditinggalkan sang jenderal.
“Cara terbaik untuk hidup normal adalah menjadi pemilik penginapan!”
Yang termuda dari unitku memberikanku saran ini.
Aku datang jauh-jauh ke Hangzhou untuk mempercayai nasihatnya.

Tetapi mengapa menjalani ‘kehidupan normal’ jauh lebih sulit daripada bertarung dalam perang?

Catatan:

Tahu kan sinetron preman pensiun? Nah, manhwa ini juga premisnya kurang lebih sama (wkwkwk) …

// The Story of a Low-Rank Soldier Becoming a Monarch

Alias: Becoming the Monarch; From a Terminal Soldier to a Monarch; From the Lowest Foot Soldier to the King
Author: doip, Soulpung
Artist: 2631
Genre: action, adventure, fantasy, shounen

Review Review The Story of a Low-Rank Soldier Becoming a Monarch; Becoming the Monarch; From a Terminal Soldier to a Monarch; From the Lowest Foot Soldier to the King - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 -@idyourzee

Sinopsis:

Di umur 15, aku kehilangan tangan kananku di medan perang. Di umur 24, aku menguasai bakat yang kubutuhkan untuk bertahan.

Tetapi aku selalu diberitahu hal yang sama, lagi dan lagi.

“Pensiun aja. Aku bakal ubanan kalo ngajarin kamu sojutsu.”

“Andai kamu tidak cacat, pasti kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan, tidak ada yang bisa menahanmu.”

“Hey, ayo kumpulkan tanaman obat aja. Kenapa kamu sangat terobsesi dengan ilmu berpedang?”

“Jalani kehidupanmu layaknya kebanyakan orang.”

Di umur 39, aku kehilangan tangan kiriku dan terjatuh ke jurang. Saat itulah aku menelan sebuah artifak yang sama sekali tidak aku ketahui apapun tentangnya ….

[ Mencari kekuatan … ]

~ Pertumbuhan tersedia
~ Keinginan akan pengetahuan
~ Kerakusan abisal
~ Kekuatan dan kegigihan
~ Kegigihan tanpa bakat
~ Memutarbalik insting

Setelah pertempuran itu, entah bagaimana aku kembali ke masa ketika umurku 15.

《 Experience bertambah! 》
《 Experience bertambah! 》
《 Experience bertambah! 》
《 Experience bertambah! 》
《 Experience bertambah! 》

Dari seorang mercenary kelabakan menjadi seorang tentara muda!

Ini adalah sebuah kisah tentang seseorang tanpa bakat yang tetap berusaha, melewati batasannya.

Sebuah kisah seorang manusia biasa yang menjadi ksatria.

Sebuah kisah seorang penguasa anti mainstream melindungi rakyatnya.

Inilah sebuah kisah tentang seorang pria yang kembali ke masa lalu untuk menyelematkan benua.

《 Experience bertambah! 》

Catatan:

Manhwa yang selalu menceritakan tentang perang. Seriusan, dari semua manhwa yang mimin baca, cuman manhwa ini yang tiap chapter selalu berkaitan sama perang, baik itu perangnya, strateginya, penguasaannya, spionase, scouting … semuanya tentang perang deh!

// The Tutorial is Too Tough!

Alias: The Tutorial Is Too Hard
Author: Gandara
Artist: IMAE Daiki
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, psychological, supernatural

The Tutorial is Too Tough! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 -@idyourzee

Sinopsis:

Pada hari biasa yang membosankan, sebuah pesan muncul, mengundangnya ke sebuah Tutorial. Sebuah kisah tentang Lee Ho Jae dan pelariannya dari Tutorial. Tetapi dia kebetulan memilih tingkat tersulit yang mungkin saja adalah: Neraka.

Catatan:

Ketika pro gamer moba pensiun lalu ditransfer ke dunia MMORPG. Konsepnya cukup bagus, namun pengeksekusiannya terasa kurang. Apalagi plot armot si MC yang sangat … uwahh, tebel bingits!

Meski begitu, banyak yang bilang novelnya bagus dan sangat rekomended. Jadi wajar jika chapter-chapter awal kurang seru. Selebihnya bisa jadi seru, atau malah lebih gak seru (wkwk). Baca aja dulu …

// The Return of the Disaster-Class Hero

Author: HEATS (REDICE STUDIO), SAN.G
Artist: 이범근
Genre: action, adventure, comedy, drama, fantasy, supernatural

Review The Return of the Disaster-Class Hero - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 -@idyourzee

Sinopsis:

Ketika dunia dilahap oleh kegelapan, dimana monster-monster bermunculan dari dungeon, dunia pun diambang kemusnahan, tapi ada harapan. bangkitnya para hunter (awakened) yang siap melawan para monster itu, dan disana lahirnya juga para Hero yang di panggil 13 hero bintang. dan ini lah salah satu dari kisah 1 dari 13 orang itu

Catatan:

Manhwa ini merupakan mahwa yang dirilis oleh studio populer Redice sebagai series baru untuk menggantikan manhwa SoLev yang tamat. Mengisahkan awal mula pembalasan dendam sang MC yang telah dikhianati rekan-rekannya.

Namun jika kamu mengharapkan balas dendam yang epic dan memuaskan, kamu tidak akan menemukannya di manhwa ini. MC yang sudah jelas paling kuat, tidak menunjukkan kemauan yang tinggi akan keinginannya untuk balas dendam. Yah, anggap aja dia gak punya kerjaan jadi dia mutusin buat balas dendam. Sambil jalan-jalan dulu tentunya (hehe).

Meski begitu, ceritanya lumayan seru untuk diikuti, dan art-nya juga bagus loh. Garapan studio top tier gitu loh!

// The Warrior Returns [HR]

Alias: Warrior Returns; Hero Has Returned
Author: Narak
Artist: Fungback
Genre: action, fantasy

Review The Warrior Returns; Warrior Returns; Hero Has Returned - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 -@idyourzee

Sinopsis:

Kim Minsu, Sang Hero, telah kembali ke Bumi dan menyadari telah kehilangan segalanya… jadi ia memutuskan untuk menghancurkan dunia yang ia sebut rumah. Dalam amukanya, ia telah membunuh seoang pemuda bernama Park Jeongsu bersama keluarganya. Namun Park Jeongsu tidak mati, ia ditransfer ke dunia lain dan menjadi seorang Hero. Ia mengasah keterampilannya dan membunuh Raja Iblis, lalu dikembalikan ke Bumi, untuk membalaskan dendamnya. Saat keduanya bertarung dengan nasib negara di tangan mereka, siapa yang akan menjadi pemenang?

Catatan:

Manhwa TWR ini sebenarnya diberikan banyak penilaian buruk oleh pembaca, namun mimin pribadi cukup suka sama premis cerita yang diberikan. Apalagi art-nya yang bagus, memberikan sensasi tertentu saat membacanya.

Sejauh 36 chapter yang telah mimin baca, setiap tokoh Hero di manhwa ini mempunyai idealismenya sendiri. Mereka yakin bahwa mereka sendiri adalah orang yang benar, tidak peduli dengan pandangan orang lain.

Mungkin kamu akan merasa muak ketika membaca, karena kenaifan tokoh-tokoh utamanya memang bisa dibilang sangat menyebalkan. Meski begitu, ada hal yang akan mengejutkanmu ketika cerita memasuki akhir season pertama. Yups, asalkan kamu bisa sabar melewati fase-fase bosan ketika membaca, nantinya kamu akan menemukan keseruan di manhwa ini. HINDARI SPOILER!

// Villain to Kill

Author: Fupin
Artist: EunJi
Genre: action, fantasy, shounen, supernatural

Review Villain to Kill (MOJIN) - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 -@idyourzee

Sinopsis:

Ada dua jenis orang dengan kemampuan khusus: villain, yang didorong oleh keinginan jahat mereka, dan para psiker, yang mengejar keadilan dan bekerja melawan villain. Cassian Lee adalah seorang psiker yang sangat kuat dengan hati yang baik. Tetapi suatu hari, ketika dia mengunjungi temannya di Yunani, situasi tidak terduga terjadi. Peristiwa yang tidak diinginkan terjadi, dan Cassian berakhir di tubuh seorang bocah SMA Korea … yang baru saja menjadi villain! Akankah rasa keadilannya menang di akhir atau akankah ia menjadi villain berdarah dingin?

Catatan:

MC merupakan seorang psiker yang sangat menjunjung tinggi keadilan. Ibarat polisi deh ya. Sedangkan villain selalu dianggap buruk, layaknya kriminal. Suatu ketika MC dijebak oleh psiker-psiker dari organisasinya sendiri, dan dituduh telah berkhianat. Usut punya usut, dia hidup kembali di tubuh seorang villain, dan mulai mengetahui cara kerja dunia termasuk para villain yang selalu tidak berbuat kejahatan.

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa terbaik tahun 2021 versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
—- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA —-


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (γƒŸγ‚Ήγ‚ΏγƒΌγƒ‘γƒΌγƒ•γ‚§γ‚―γƒˆ) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia