Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah

Temukan daftar rekomendasi manhwa terbaik tahun 2017 ke bawah versi Aezi hanya di blog @idyourzee.

Halo semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja yaa~

Min Aezi kembali hadir menemani kalian pada artikel daftar rekomendasi terbaru kali ini yang berjudul rekomendasi manhwa terbaik tahun 2017 ke bawah. Pada daftar ini mimin cantumkan banyak judul-judul manhwa lama yang seru-seru.

Seperti yang kita tahu, manhwa jadul tidak luput dari art yang jadul, meski pada saat itu artnya masuk kategori bagus, namun di masa kini pasti kita melihatnya di bawah standar. Oleh karena itulah, mimin harap kalian tidak terlalu berharap tinggi pada artnya, lebih baik berharap pada cerita yang dibawakan.

NAMUN! Meski manhwa jadul dengan art yang jadul, juga banyak manhwa yang ongoing kala itu artnya mengikuti arus zaman. Yups, umumnya art manhwa berubah mengikuti zaman pada season terbaru. Jadi jika ada judul manhwa di bawah yang belum tamat, kamu bisa berharap artnya akan semakin membaik. Bahkan ada yang termasuk top tier loh, seperti manhwa Tower of God. Kalian perlu tahu bahwa manhwanya termasuk manhwa lama namun karena masih belum tamat hingga sekarang, artnya semakin membaik dari season ke season. Bahkan setiap season barunya, art manhwa ini termasuk level top tier. Kamu akan terpesona melihat art yang dibawakan manhwa ini ….

Tapi kok malah bahas Tower of God sih min?

Ups, mimin gak bermaksud jadi salesnya tower of god sih. Mimin cuma mau bilang kalau manhwa jadul juga bisa bersaing dengan manhwa terbaru masa kini. Jadi kalian gak boleh berhenti berharap, okee~

TETAPI! Sebelum lanjut membaca, perlu kamu ketahui bahwa artikel ini merupakan isi dari artikel utama yang berjudul …

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa!

https://idyourzee.com/rekomendasi-manhwa-terbaik-sepanjang-masa

Artikel di atas merupakan artikel utama yang berisi daftar rekomendasi manhwa dari tahun ke tahun yang telah mimin buat sebelumnya. Jadi kalau kamu belum membacanya, silakan luangkan waktu untuk membacanya sebentar, karena siapa tahu ada manhwa yang menjadi favoritmu setelah itu.

Mimin juga sudah menjelaskan perbedaan manhwa dan webtoon di sana, termasuk format daftar rekomendasi yang mimin gunakan pada setiap daftar rekomendasi manhwa termasuk rekomendasi manhwa terbaik tahun 2017 ke bawah ini. Jadi yah … kayaknya kamu memang perlu baca artikel utamanya lebih dulu deh (wkwkwkk).

Nah, setelah membaca artikel utamanya, yaitu rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa, langsung saja kita lanjut ke isi artikelnya kali ini yaitu rekomendasi manhwa terbaik tahun 2017 ke bawah!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah

// Black Haze (2012)[HR]

Alias: –
Author: Yong Yong
Artist: Yong Yong
Genre: action, comedy, drama, fantasy, school life, supernatural, tragedy

Review Black Haze - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Setelah kegagalan di sebuah misi, pemeran utama yang peragu, rood, di kirimkan ke sekolah sihir yang terkenal, Helios. Di sini, dia harus melindungi anak seorang tokoh penting yang mengalami masa sulit di sekolah.

Catatan:

Salah satu manhwa jadul favorit mimin, yang ironisnya sampe tahun 2023 ini masih hiatus (hiks-hiks). Plot cerita menjadi unggulan dari manhwa ini, mengingat art-nya yang masih sekelas manhwa 2015 ke bawah.

MC kita kali ini merupakan tipe MC favorit para remaja. Ia kuat, badass tapi polos, dan gak suka pamer. Alur cerita manhwa ini maju mundur, dan beberapa chapter flashback menceritakan masa lalu MC yang kelam.

Jika kamu tertarik untuk membaca, aku saranin untuk bertahan seenggaknya sampe chapter 170-an. Awal-awal chapter memang agak absurd ceritanya (wkwk), tapi semakin kesini semakin seru kok.

// Dice (2013)[END]

Alias: Dice – The Cube that Changes Everything
Author: Yun Hyunseok
Artist: Yun Hyunseok
Genre: action, drama, fantasy, psychological, romance, school life, slice of life, supernatural

Review Dice - The Cube that Changes Everything - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Dongtae sedang berada di titik terbawah dalam hidup. Penampilan, kasta sosial, kehidupan, apapun itu. Tapi, itu semua dapat berubah. Jika kamu bisa mengubah hidupmu dengan bermain game, apakah kamu akan memainkannya?

Catatan:

Unsur psikologi manhwa ini cukup dalam. Bagi kamu yang suka cerita-cerita ringan yang menambah mood keseharianmu, maka membaca manhwa ini akan membantu (hwehwe).

WARNING!
Perasaan marah dan kesal mungkin terjadi saat membaca. Siapkan mentalmu!

// Dreamcide (2016)[END]

Alias: Dreamside
Author: Hong Jung Hoon
Artist: Shin Wol
Genre: action, adventure, fantasy, horror, romance, school life, supernatural

Review Dreamside; Dreamcide - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Hazin Nam selalu dilanda mimpi buruk, tetapi suatu hari, ia bermimpi tentang dunia apokaliptik tujuh tahun di masa depan di mana manusia berjuang untuk bertahan hidup di antara setan dan zombie. Hazin menolak mimpi itu sebagai mimpi buruk lain sampai dia menemukan Yuri Hong, gadis yang dia lihat dalam mimpinya, telah dipindahkan ke sekolahnya …. Dengan kemampuannya untuk bolak-balik antara kehidupan sekolah dan kiamat yang akan datang, akan Hazin dapat mencegah apa yang menyebabkan kehancuran dunia?

Catatan:

Manhwa horror dengan tema apokalips dan time-lapse. Plot twist-nya menjadi keunggulan pada manhwa ini, jadi pastikan kamu tidak membaca spoiler sebelum mulai marathon.

// God of Highschool (2011)[END]

Alias: GOH; The God of High School
Author: Park Yong-Je
Artist: Park Yong-Je
Genre: Action, adventure, comedy, fantasy, martial arts, sci-fi, supernatural

Review God of Highschool - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Setengah pulau menghilang dari muka bumi, sebuah organisasi misterius telah mengirimkan undangan untuk sebuah turnamen untuk setiap orang yang terampil di dunia. “Jika Anda menang Anda dapat memiliki apa pun yang Anda inginkan” Mereka merekrut hanya yang terbaik untuk melawan yang terbaik dan mengklaim gelar Sekolah Tinggi Dewa (GOD)!

Catatan:

Cerita sangat condong ke Action, jadi bagi kalian yang menyukai genre ini, maka harus mencoba membacanya! Mengisahkan tentang MC kita yang mengikuti arena pertarungan para ahli beladiri dan…

// Marry Me! (2015)[HR][END]

Alias: Marry Me (YUUKI Miku); PNS Kawin Kontrak
Author: YUUKI Miku
Artist: YUUKI Miku
Genre: romance, slice of life

Review Marry Me! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Cerita berpusat pada seorang PNS 28 tahun bernama Akiyasu Shin. Shin ditunjuk untuk ikut serta dalam program baru pemerintah yang disebut “Hukum Perlindungan NEET”. Projek ini menikahkan pegawai pemerintahan dengan seorang NEET, dengan tujuan merehabilitasi dan mengenalkan ulang mereka ke masyarakat. Masalahnya adalah, pasangan Shin, Sawamoto Himari, telah didaftarkan tanpa sepengetahuan dirinya sendiri.

Mampukah Shin memenangkan hatinya? Atau apakah perjodohan mereka akan batal?!

Catatan:

Manhwa ini menceritakan kehidupan sehari-hari pasutri yang menikah karena keadaan. Si cowo menikah karena pekerjaan, sedangkan si cewe menikah karena sosialita.

Manhwa ini sangat heart warming dan cocok untuk kamu yang sedang dalam masa pendewasaan. Manhwa ini juga cukup realistis sehingga banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa kamu ambil.

Oh ya, manhwa ini tersedia dalam Bahasa Indonesia di WEBTOON, resmi dan gratis!

PERINGATAN: Tidak cocok untuk pembaca douj*n h*nt*i dan po**hwa, karena akan membuat kalian tersiksa! Alasannya bisa kamu temukan setelah membaca manhwa ini, setidaknya sampai 100 chapter.

Eh, tapi kalo dipikir-pikir, kayaknya manhwa ini cocok untuk merehabilitasi pikiran dari manhwa-manhwa NSFW deh. Silakan dicuba~

// Noblesse (2007)[END]

Author: SON Jeho
Artist: Lee Gwang-Su
Genre: action, comedy, drama, school life, supernatural

Review Noblesse - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Rai, vampir termulia, bangun dari tidur panjangnya selama 820 tahun. Ia harus memulai hidup barunya sebagai pelajar di sekolah yang didirikan pelayan setianya. Namun hari-harinya terganggu dengan munculnya serangan-serangan misterius dari kelompok yang menyebut dirinya “Unions”.

Catatan:

Manhwa ini dimulai dengan baik, seperti karakter menarik, serta plot dan action yang diselipi humor. Namun kemungkinan kamu akan mulai merasa bosan dengan cerita dan konflik yang terasa diulang-ulang.

Yah, kesampingkan hal itu, manhwa ini masih worth to read, kok! Jika kamu tertarik, aku saranin agar mulai baca sampai akhirnya kamu merasa bosan.

Oh ya, manhwa ini juga udah di adaptasiin ke bentuk anime, lho!

// Random Chat (2017)

Alias: Ranchat; The Girl from Random Chatting!
Author: Park Eunhyuk
Artist: Park Eunhyuk
Genre: comedy, drama, romance, school life

Review The Girl from Random Chatting! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Joonwoo benci sekolah dan bermasalah dalam berteman. Mengobrol dengan orang asing di Random Chat merupakan satu-satunya hal yang membuat dia bahagia. Dari sanalah Joonwoo berteman dengan seorang wanita di RanChat yang ternyata teman sekelasnya, Sungah! Bisakah Joonwoo mengatasi anti sosialnya dan berteman dengan Sungah di dunia nyata.

Catatan:

Hayoo, siapa yang suka main anonymous chat di telegram? Nah, manhwa ini menceritakan hal-hal kelam yang mungkin kalian alami setelah chattingan di sana, lho! Jujur, dari semua manhwa yang udah kubaca, TGFRC ini ceritanya paling relate sama kehidupan SMA/SMK. Konflik di manhwa ini mungkin pernah kalian alami saat bersekolah. Yah, setidaknya dalam 2 season awal. Selebihnya keseruan manhwa ini semakin menurun, dan mulai gak logis.

Ceritanya menarik dan art-nya unik. Awal season memang art-nya standar tahun 2017 lalu, tapi di season baru ada perubahan kok. Selain itu, meski gak ada genre Action-nya, cerita di manhwa ini kebanyakan diselesaikan dengan baku hantam. Scene geludnya juga bagus dan keren deh!

Oh ya, ada satu hal unik tentang manhwa ini, yaitu karakter yang paling disukai oleh fans di manhwa ini adalah karakter antagonis yang suka bully si MC. Kok bisa? Jawabannya bisa kamu temukan setelah membaca (xD).

// Sweet Home (2017)[END]

Author: Kim Carnby
Artist: Hwang Youngchan
Genre: action, horror, psychological, supernatural

Review Sweet Home - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Cha Hyun adalah seorang siswa sekolah menengah penyendiri yang menghabiskan hari-harinya bersembunyi di kamarnya bermain video game. Tetapi ketika dia kehilangan seluruh keluarganya dalam kecelakaan mobil yang tragis, dia terpaksa meninggalkan rumah dan gaya hidupnya yang riang dan pindah ke apartemen baru sendirian. Namun, ia memiliki tetangga yang aneh, setelah asik bermain semua orang-orang di sekitarnya tiba-tiba mulai berubah menjadi monster yang mengerikan.

Catatan:

Sweet home merupakan manhwa bertema apokalips di mana dunia dan kemanusiaan hancur akibat suatu virus. Virus tersebut menjadikan manusia berubah, namun lebih ke seperti monster daripada disebut zombie.

Pembawaan alur di manhwa ini agak berat. Tidak terlalu cocok untuk dibaca saat stress, karena bisa jadi kamu malah nambah stress (xD). Art-nya yang gelap juga membuat nuansa horrornya lebih terasa.

Manhwa ini juga sudah diadaptasikan ke dalam bentuk live action berjudul sama. Namun sayang, terlepas dari budgetnya yang besar, adaptasi live action tersebut kurang populer dan bisa dibilang ‘gagal’.

// The Gamer (2013)

Author: Seong Sang Yeong
Artist: Sang A
Genre: action, adventure, comedy, school life, supernatural

Review The Gamer - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Han Jee-Han adalah seorang murid SMA. Di dalam kehidupannya tiba-tiba muncul kekuatan spesial dimana dunianya seperti di dalam game. Dia bisa lihat level semua orang, lihat stat dari masing-masing item, mendapatkan kemampuan dan bahkan bisa naik level! Cari tahu bagaimana dia menggunakan kekuatan tersebut dan berasal dari manakah kekuatannya itu.

Catatan:

Jadi manhwa ini didasarkan oleh game RPG fantasi Dungeons & Dragons (seperti Goblin Slayer/Munchkin) dan tema yang diangkatnya seperti anime berjudul Accel World.

MC kita di sini agak spesial, dia punya banyak kelebihan yang gak dimiliki banyak orang. Disisi lain sifatnya agak ngeselin pembaca, dan alur ceritanya juga terkesan lambat. Terlalu banyak hal yang gak penting tapi author paksa masukin, yang akhirnya dilupain deh.

Meski begitu, manhwa ini sangat populer dimasanya. Bahkan sampai saat ini para pembaca yang ngikutin The Gamer dari dulu, pastinya ada suatu hal yang membuat mereka tetap setia dengan manhwa yang udah lama nemenin mereka (*maaf, agak susah buat dideskripsikan). Ya gitu, deh. Silakan baca sendiri, dan share kesan yang kamu dapatkan.

// The Legendary Moonlight Sculptor (2015)[HR]

Alias: Legendary Moonlight Sculptor
Author: Grimza, KIM Junhyung, LEE Do-gyeong, NAM Heesung
Artist: Grimza, Kim Tae-Hyung, PARK Jeong Yeol, SHIN C
Genre: action, adventure, comedy, drama, fantasy, martial arts, romance, sci-fi, slice of life

Review The Legendary Moonlight Sculptor - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Orang yang ditinggalkan dunia, yang dikenal sebagai Dewa Perang Legendaris di Benua MMORPG Sihir yang sangat populer. Dengan usia yang semakin menua, ia memutuskan untuk pensiun. Ia mencoba untuk menjual avatar-nya, dan hasilnya sangat mengejutkan. Avatar legendaris miliknya terjual sekitar harga Rp 37 milyar!

Dengan uang itu ia dapat melunasi semua hutangnya. Setelah itu, ia memutuskan untuk bermain kembali di game MMORPG lain yang baru rilis, Royal Road. Ini adalah kisah legenda Lee Hyun di jalannya untuk menjadi Kaisar untuk keluarga tercintanya, kerakusan akan uang, pikiran yang penuh twist, dan tubuh yang rajin ditempa dan bakat dari kerja keras.

Catatan:

Manhwa ini bertemakan game dan diselipi Slice of Life yang cukup kental. Alurnya berbobot dengan pengenalan karakter yang mendalam sebelum ceritanya meluas. Awal season art-nya cukup jadul, sesuai tahun dirilisnya. Namun semakin membaik dan di season terakhir art-nya bisa dibilang di atas standar.

Hal yang mimin sukai dari manhwa ini adalah emosi yang didapat saat membacanya. Feels yang didapat naik-turun dengan pesan kehidupan yang lumayan banyak.

MC kita di sini sangat kismin di awal, itungan, dan rajin saking rajinnya ia sampe lupa waktu. Sayangnya manhwa ini masih hiatus di awal tahun 2018, dan belum ada kabar akan berlanjut.

// Tower of God (2010)[HR]

Alias: Kami no Tou
Author: SIU
Artist: SIU
Genre: action, adventure, comedy, drama, fantasy, mystery, supernatural

Review Tower of God - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Apa yang kamu inginkan? Keberuntungan? Kemuliaan? Kekuasaan? Balas dendam? Atau sesuatu yang melampaui semua orang? Apa pun yang kamu inginkan, ada di sini! di Menara Para Dewa!

Catatan:

Webtoon yang cukup populer dan kemarin sudah diadaptasikan ke bentuk anime oleh studio Jepang. Mengisahkan MC yang berlarut dalam kesepian sampai ada seorang wanita menemaninya. Namun hal itu tidak berlangsung lama, wanita itu memilih untuk menarik takdirnya di menara. Hanya orang-orang terpilih yang dapat memasuki menara. Karena ketergantungannya pada wanita itu, ia mencoba untuk mendaki menara. Namun yang terjadi ialah takdir besar, kebenaran, dan masa lalu kelam yang menantinya.

Art-nya oke dan plot ceritanya juga menarik. Sangat worth-it untuk marathon sampai ke season terbaru!

// Volcanic Age (2017)

Alias: Mount Hua Reincarnation
Author: Jeong Jun
Artist: Tomassi
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts, shounen

Review Volcanic Age; Mount Hua Reincarnation - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Cheon Ju-seo, seorang pria yang berhasil bertahan hidup melewati zaman perang hanya dengan keberuntungan belaka. Setelah itu, dia menjadi penatua di faksi Hwasan, namun hidupnya penuh akan penyesalan dan keraguan. Saat dia berbaring di ranjang menunggu kematian yang tak terhindarkan, tiba-tiba dia terbangun dan sadar dia telah kembali ke masa lalu.

Catatan:

Salah satu manhwa martial arts yang dirilis di bawah tahun 2020 namun memiliki art yang cukup bagus bahkan sekelas dengan art-art manhwa zaman sekarang.

Mengisahkan protagonis yang kembali ke masa lalu untuk merubah masa depannya yang suram (padahal gak suram-suram amat loh. Inget, dia itu elder di klan gede loh!).

Yahh, untuk puluhan chapter awal mimin sangat enjoy dengan ceritanya. Namun ketika memasuki chapter 100 ke atas, cerita mulai membosankan. Sudah 2 tahun berlalu, dan mimin masih belum membaca chapter 126 ke atas. Mungkin kalau sudah tidak ada bacaan, mimin bakal lanjut untuk membaca. Namun untuk saat ini, mimin kekurangan semangat untuk membacanya kembali.

Bagi kalian fans manhwa ini, tolong berikan mimin alasan agar mimin bisa lanjut membaca kembali (wkwkwk).

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa terbaik tahun 2017 ke bawah versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
—- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA —-


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia