Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018

Temukan daftar rekomendasi manhwa terbaik tahun 2018 versi Min Aezi hanya di blog @idyourzee.

Dua tiga tutup botol, kalian mantool!

Yoo guys, Min Aezi kembali hadir menemani hari-hari kesepian kalian. Berhubung mimin sedang senggang, kali ini mimin akan melanjutkan artikel rekomendasi manhwa tahunan yang selalu mimin buat, dan kali ini untuk rekomendasi manhwa terbaik di tahun 2018. Tahun 2018 merupakan golden time-nya manhwa, mengingat banyak manhwa top tier terkenal sepanjang masa dirilis pada tahun tersebut.

Salah satu judul manhwa yang dirilis pada tahun 2018 adalah Solo Leveling. Solo Leveling merupakan manhwa yang sampai sekarang disebut-sebut sebagai manhwa terbaik, karena banyak orang dari seluruh dunia yang menyukainya. Namun bukan Solo Leveling saja loh yang menjadi manhwa top tier yang dirilis tahun 2018. Masih ada beberapa judul lainnya yang akan mimin cantumkan di bawah. Tapi sebelum lanjut, kamu perlu tahu lebih dulu kalau artikel ini merupakan isi konten dari artikel utama berjudul …

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa!

https://idyourzee.com/rekomendasi-manhwa-terbaik-sepanjang-masa

Artikel di atas merupakan artikel utama yang berisi daftar rekomendasi manhwa dari tahun ke tahun yang telah mimin buat sebelumnya. Jadi kalau kamu belum membacanya, silakan luangkan waktu untuk membacanya nanti, karena siapa tahu ada manhwa yang menjadi favoritmu setelah itu.

Mimin juga sudah menjelaskan perbedaan manhwa dan webtoon di sana, termasuk format daftar rekomendasi yang mimin gunakan pada setiap daftar rekomendasi manhwa. Jadi yah … kayaknya kamu memang perlu baca artikel utamanya lebih dulu deh (wkwkwkk).

Nah, setelah membaca artikel utamanya, yaitu rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa, langsung saja kita lanjut ke isi artikelnya kali ini yaitu rekomendasi manhwa terbaik tahun 2018!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018

// A Returner’s Magic Should be Special

Alias: Magician who Reversing Time; Kikan-sha no mahou wa tokubetsudesu
Author: Yu So Nan
Artist: Uk Jag Ga
Genre: action, adventure, comedy, drama, magic, martial arts

Review A Returner's Magic Should be Special cover  Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

“Sekarang aku kembali, aku tidak akan membiarkan orang yang aku cintai mati lagi! “The Shadow LabyrinThe Shadow Labyrinth – mahkluk pembunuh yang paling mengerikan bagi manusia dalam sejarah.

Desir Arman adalah salah satu dari enam orang yang tersisa dari ras manusia. Keenam berupaya untuk membersihkan tingkat akhir dari labirin tetapi akhirnya gagal, dan dunia akan berakhir. Namun – ketika Desir mengira dia akan menemui ajalnya, apa yang terungkap di hadapannya adalah dunia … tiga belas tahun yang lalu ?! Desir dikembalikan ke masa lalu, kembali ke waktu ketika dia mendaftar di akademi sihir terbaik di negara itu – Havrion. Dia bersatu kembali dengan teman-temannya yang berharga, dan siap untuk mengubah masa lalu untuk menyelamatkan dunia dan orang-orang yang dicintainya …!Tiga tahun tersisa sebelum munculnya Dunia Bayangan! Ubah masa lalu dan kumpulkan rekan-rekan yang kuat untuk menyelamatkan umat manusia!

Catatan:

Menceritakan MC yang terjebak dan kehilangan segalanya di Labirin (dungeon break). Ketika dia berpikir akan mati, dia menjadi kembali ke awal mula sebelum terjadinya dungeon break.

Jika kamu suka tema regressor atau kembali ke masa lalu, mimin yakin kamu bakal suka manhwa ini.

// Dark Mortal [END]

Alias: Kawan Kelam
Author: LEE Jeonyeok
Artist: LEE Jeonyeok
Genre: action, psychological, school life, supernatural

Review Dark Mortal cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Gangnam kehilangan orang tuanya saat kebakaran dan menjadi buta. Dia tidak bisa melihat apapun selain makhluk halusinasi bernama Kkamjang. Apakah Kkamjang sebenarnya halusinasi atau nyata?
‘Bekas lukamu, kedua matamu, dan… bahkan kekuatanmu! Aku akan mengubah segalanya untukmu.’

Catatan:

Dark Mortal menceritakan seorang anak yang bisa dibilang mempunyai penyakit skizofrenia. Dia mempunyai seorang teman yang hanya bisa dilihat olehnya sendiri. Meski disakiti, dibully, ditertawakan, semua itu tak apa baginya, karena temannya selalu bersamanya.

Setelah membaca catatan di atas, mungkin kamu mengira bahwa manhwa ini menceritakan seseorang yang selalu ditindas dan menjadi pecundang. Namun mimin bilangin deh, twist di manhwa ini cukup banyak. Semua perkiraanmu saat membaca sinopsis dan beberapa chapter awal tidak sepenuhnya terjadi di chapter-chapter berikutnya.

Overall, manhwa ini seru, namun pengeksekusiannya terasa kurang. Lagian tamatnya cuman satu season, kok! Jadi ceritanya berlalu terlalu cepat. Saat baca chapter terakhir-pun mimin gak tau kalo manhwa ini tamat sampe situ (wkwk).

// Dead Life [END]

Alias: 데드라이프
Author: Hooressha
Artist: Lim Jin-guk
Genre: action, horror, sci-fi

Review Dead Life cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Sebuah webtoon bergenre horror yang mengisahkan kehidupan seseorang yang dulunya damai hilang seketika karena infeksi zombie. Apakah zombie ini akan menghancurkan atau menyelamatkan dunia..?!

Catatan:

Dead Life ini mempunyai premis cerita yang unik, didukung dengan art yang lumayan bagus. Cerita berfokus pada sang MC yang menjadi zombie setelah digigit gebetannya. TETAPI, meski berubah jadi zombie, dia masih punya akal! Yups, alurnya mirip seperti film zombie berjudul Warm bodies. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa zombie menjadi jenis manusia baru pada manhwa ini.

Yah, manhwa ini cukup seru untuk diikuti … setidaknya sampai akhir season 1.

// Dimensional Mercenary [HR]

Alias: Other World Warrior; Prajurit Dimensi Lain; Two-Dimensional Mercenary
Author: Keum-Ho
Artist: Jae-Hwan Kim, Valo
Genre: action, adventure, drama, fantasy

Review Dimensional Mercenary cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)
  • Sinopsis:

Pengangguran berusia 30 tahun, Chul Ho Kang, membuat kesepakatan melalui situs loker aneh, yang membuatnya rela menjual jiwanya. Demi apa? Uang! Undangan ke dunia lain untuk menjadi masyarakat yang lemah dan tertindas agar mendapat kesempatan untuk mengubah nasib. Itulah misi yang diberikan kepada Chul Ho Kang.

Catatan:

Manhwa fantasi diengan bumbu drama yang cukup kental di dalamnya. Menceritakan seorang anti sosial dan pengangguran yang keluarganya terlilit hutang. Ya, MC kita sedang berada di titik terendahnya dalam hidup. Cukup banyak pelajaran kehidupan yang bisa kita petik dari manhwa ini.

Hal yang paling mimin sukai dari manhwa ini yaitu MC yang tidak terlalu OP, di mana selalu ada tokoh yang berada di atasnya. Art manhwa ini terus mengikuti perkembangan zaman. Art-nya memang tidak bisa dibilang sangat bagus, namun setidaknya tampilan manhwa ini selalu terlihat fresh di setiap awal season barunya.

// Dungeon Reset

Author: Daul
Artist: ANT Studio
Genre: action, adventure, comedy, fantasy

Review Dungeon Reset cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Setelah dimulai, dungeon melewati proses yang disebut “Reset Pengguna Berikutnya”. Mengapa proses reset ini tidak berlaku untukku ?! Aku adalah satu-satunya yang tersisa dari reset bawah tanah yang tak berujung ini. Dengan keterampilan sederhana dan senjata yang luar biasa, permainan Jung-down dimulai di dalam ruang bawah tanah.

Catatan:

MC di transfer ke sebuah dungeon berlantai dengan bakat yang biasa saja. Alhasil dia masuk perangkap dan ditinggalkan rekan-rekannya. Namun, dia enggak mati, malah dapet skill unik yang buat dia mampu memanjat ke level yang lebih tinggi (luck-nya guede banget dah). Sejauh yang mimin baca, gak ada unsur romance di dalamnya, tapi petualangan kocak sang MC cukup menghibur.

// Eleceed [HR]

Author: Son Jeho
Artist: Zhena
Genre: action, comedy, martial arts, school life, supernatural

Review Eleceed cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Jiwoo merupakan orang yang polos dan baik hati. Ia suka memberi makan kucing-kucing liar dan berteman dengan mereka, karena ia selalu sendirian. Suatu hari, ia menemukan kucing yang penuh luka dan merawatnya. Anehnya, kucing itu mulai berbicara saat terbangun…

Catatan:

Orang baik akan dikelilingi kebaikan, itulah gambaran sang MC di manhwa ini. Karena bertemu kucing yang super badass (tapi gemuk), kehidupannya perlahan membaik. Tapi jangan berpikir ini manhwa slice of life, karena di manhwa ini banyak sekali adegan battle yang menegangkan.

Lah, bocah nolep kehidupannya membaik setelah ketemu kucing? Tapi genrenya action? Penasaran kan~? Baca aja dulu!

Oh ya, manhwa ini cukup banyak menghasilkan gambar memeable loh! Jika kamu pernah melihat meme kucing di sosmed, bisa jadi meme itu salah satu scene di manhwa ini.

// FFF-Class Trashero [HR]

Alias: Jinkaku FFF-kyuu no Tame Maou Toubatsu Yarinaoshi ni Narimashita
Author: Farnar
Artist: Kkangmu
Genre: action, adventure, comedy, drama, fantasy

Review FFF-Class Trashero cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Kang Han Soo, sang protagonis, berhasil membunuh Raja Iblis setelah 10 tahun terpanggil ke dunia lain. Sekarang waktunya ia dikembalikan ke Bumi. Tapi apa-apaan ini? Sang Dewi dunia lain muncul dan menunjukkan laporan hasil petualangannya. Karena dia menghilangkan seluruh beban yang mencegahnya membunuh Raja Iblis, nilai kepribadiannya hanya F. Hal itu membuatnya harus kembali ke dunia lain dan memulainya lagi dari awal. Bisakah Kang Han Soo menghentikan pengembalian berulang tanpa akhir ini?

Catatan:

Manhwa dengan art unik dan unsur komedi yang cukup kental. Btw si Kang Han Soo badass banged, tapi tingkahnya kek orang kurang waras. Ya, MC kita kali ini sangat sableng!

// God of Blackfield

Author: Mujang, un
Artist: SHIN Insung
Genre: action, drama, school life, supernatural

Review God of Blackfield cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

“Siapa diriku?” Legenda dari Prancis, ‘Kang Chan’! Selama perang Afrika, ia dipanggil ‘God of Blackfield’, oleh musuh-musuhnya dia ditakuti tapi juga di kagumi. Tapi, selama misi untuk membunuh Masallan, otak dibalik SISS, kelompok pendukung Sunni, Kang Chan terbunuh dalam aksi pengkhianatan. Ketika matanya kabur saat itu, dia melihat tiga belas anggota timnya, yang memiliki kesetiaan kepadanya, terbunuh satu demi satu. Karena Kang Chan sedang menunggu kematian setelah ditembak oleh pengkhianat, ia diselamatkan oleh kekuatan misterius dan bangun 3 tahun kemudian di Korea Selatan. Namun, dia berada di tubuh ‘Kang Chan’ yang lain, seorang siswa sekolah menengah berusia 19 tahun yang sedang dibully di sekolah. Perjalanan Kang Chan untuk membalas dendam pada pengkhianat dan untuk menemukan kebenaran di balik kelahirannya dimulai sekarang!

Catatan:

MC yang gamteng, badass, kuat lagi. Artnya okeh, tapi ceritanya agak mainstream. Oh ya, tema yang diangkat manhwa ini yaitu kemiliteran dan konflik organisasi-organisasi gitu, kayak pasukan khusus, gembong mafia, dsb.

// Medical Return

Alias: Medical Rebirth; Medical Reincarnation
Author: Yuin
Artist: Kidari Studio
Genre: action, drama, fantasy, school life

Review Medical Return cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Kim Jihyun, seorang ahli bedah yang biasa saja, mendapat kesempatan untuk mengulang kehidupannya. Dia kembali ke masa SMA, dan mulai belajar nonstop untuk masa depan yang cerah. Tujuannya adalah untuk menjadi seorang dokter kulit agar bisa menghasilkan banyak uang, tidak seperti ahli bedah dengan penghasilan pas-pasan seperti di kehidupan sebelumnya.

Catatan:

Yups, mungkin kamu mulai bosan dengan tema manhwa returner atau regressor ini.

I can feel it, bro ~

Perasaan banyak banget dah yang kembali ke masa lalu. Manhwa fantasi baru MC-nya seorang regressor. Manhwa slice of life yang baru MC-nya juga seorang returner. Second life, rebirth, regressor, returner … beuhh ~

TAPI, manhwa ini beda! Ya, beda… atau sama aja kali ya? Bedanya cuman pengeksekusian di manhwa ini cukup seru, apalagi kalo kamu saat ini duduk di kelas XII SMA/SMK/MA. Wah, sangat rekomended, deh!

Alasannya simpel, manhwa ini memberikan banyak pesan moral untuk temen-temen yang masih berseragam putih abu-abu. Selebihnya juga menceritakan kehidupan di lingkungan perguruan tinggi. Keren deh pokoknya!

Namun vibesnya pasti beda jika kamu baca manhwa ini setelah dewasa ya guys. Mimin sendiri sudah membuktikannya. Jadi manhwa ini sangat-sangat rekomended untuk dibaca ketika kamu masih duduk di sekolah menengah!

// Second Life of a Gangster

Alias: Kehidupan Kedua Seorang Gangster
Author: Sayeol
Artist: Yerang
Genre: action, drama, fantasy, psychological, romance, school life, slice of life

Review Second Life of a Gangster cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Di umur 41 tahun, Oh Joong Seok. Seorang pria yang melakukan semua jenis kejahatan dan mempertaruhkan nyawanya untuk organisasi hingga mendapatkan posisi tertinggi. Tapi siapa yang tahu akhir hidupnya akan sangat menyedihkan… Proyek ‘hidup berbudi luhur’ Joong Seok dimulai sekarang.

Catatan:

Saat tema kembali ke masa lalu mulai populer, seorang gangster ikut meramaikan dan siap menjalani kehidupan keduanya di manhwa Second Life of a Gangster.

Bagi pencinta genre regressor atau returner, tentulah manhwa ini harus masuk reading list kalian. Ceritanya memang agak menarik, namun perlahan menghilang dan semakin terasa datar. Art-nya okelah, meski enggak bagus-bagus amat. Worth to read jika kalian kebingungan menghabiskan waktu.

// Skeleton Soldier Couldn’t Protect the Dungeon [HR]

Alias: Gaikotsu heishi wa Danjon o mamorenakatta, Skeletal Soldiers Could Not Protect the Dungeon, Skeleton Soldier, The Skeleton Soldier Failed to Defend the Dungeon
Author: Sosori (소소리), Wolhet
Artist: Ant Studio, Kangye Seul
Genre: action, adventure, drama, fantasy, supernatural

Review Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Tujuan satu-satunya adalah melindungi tuannya, tapi dia selalu gagal. Namun takdir memberikan lebih banyak hal untuknya. Dia mendapat kesempatan lain untuk melindungi tuannya sekali lagi dan mengubah takdirnya.

Catatan:

Menceritakan seorang undead (tengkorak) sekaligus regressor yang mencari jati diri. Plot ceritanya menarik dan dikemas dengan baik. Misalnya kisah setelah regresi, time-skip diadakan sehingga cerita tidak berlarut-larut dalam konflik yang sama.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate - Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon

Kita akan disajikan perjalanan skeletal lemah, berwujud tulang belulang yang bisa remuk dalam sekali pukulan, menjadi ksatria yang hebat. MC kita tidak kuat secara tiba-tiba, melainkan bertahap sesuai porsi konfliknya. Selain itu, unsur drama yang disajikan cukup kental. Kamu dapat merasakan perasaan campur-aduk saat membaca.

Jika kamu belum membaca sama sekali, mimin sarankan untuk mulai marathon sampai ending season season 2. Selebihnya mungkin ditabung aja dulu sampai agak banyak chapternya. Kenapa? Karena dari pengalaman mimin, baca 1 chapter/minggu manhwa ini sangat membosankan (wkwk). Feels yang didapat berbeda. Tapi yah … itu cuma saran mimin aja. Kamu mau baca 1 ch/minggu juga no probe!

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate - Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon

// Solo Leveling [HR][END]

Alias: Only I Level Up
Author: Chugong, H-goon, KI Soryeong
Artist: JANG Seong-rak, DISCIPLES (Redice Studio), DUBU (Redice Studio)
Genre: action, adventure, fantasy

Review Solo Leveling cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018  by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Sung Jinwoo merupakan seorang Hunter lemah yang selalu mempertaruhkan nyawanya dalam raid. Meski hanya peringkat E, demi kehidupan adik dan ibunya dia rela melakukan raid meski akhirnya terluka parah, bahkan dirawat di rumah sakit berhari-hari. Suatu ketika disaat mengikuti raid peringkat D, dia dan party-nya salah masuk ketempat yang di dalamnnya berisi monster di atas peringkat A, dan akhirnya dia mati?

Catatan:

Manhwa ini merupakan manhwa yang paling populer saat dirilis, dan mempunyai banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia hingga masa kini.

// The Beginning After The End [HR]

Alias: Awal dari Akhir; The Beginning of The End
Author: TurtleME
Artist: Fuyuki23 (Duta Permana)
Genre: action, adventure, comedy, fantasy

Review The Beginning After the End cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018  by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Raja Grey yang mempunyai kekuataan, kekayaan dan prestise tak tertandingi di dunia yang kemampuan bela diri menentukan nasib seseorang. Bereinkarnasi ke dunia penuh sihir dan monster setelah dibunuh secara diam-diam. Sang raja punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan masa lalunya dan pencarian alsan kenapa dia bisa terlahir kembali serta perannya di dunia baru ini.

Catatan:

Fantasy, returner, OP, badass, revenge, romance, popular … semuanya dibabat habis di manhwa ini. Tapi jangan salah loh, karena manhwa ini ceritanya seru abiezz!

Yups, banyak komik yang mengusung tema atau genre mainstream seperti ini. Saking banyaknya, orang-orang mulai menganggap komik-komik fantasi itu banyak yang ceritanya ecek-ecek, gak berbobot. Dari awal udah OP, sampe gak ada villain yang bisa ngimbangin,

Tapi mimin jamin deh, manhwa TBATE ini beda! Eh, maksudnya sama, tapi beda! Ya intinya gitu deh, baca aja dulu biar gak penasaran.

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa terbaik tahun 2018 versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
—- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA —-


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia