Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019

Temukan daftar rekomendasi manhwa terbaik tahun 2019 versi Min Aezi hanya di blog @idyourzee.

Hai hai, selamat pagi siang dan malam. Apa kabar teman? Semoga baik-baik saja ya~.

Tahun 2019 merupakan tahun yang sulit dan cukup menyedihkan bagi mimin, mengingat tahun tersebut adalah tahun di mana mimin lulus dari SMK dan berpisah dengan teman-teman dari @tekaje2_7410 semua. Siap atau tidak, mimin harus bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat, dan mencari kerja untuk mulai menjalani kehidupan yang mandiri.

Namun ternyata mencari kerja tidaklah semudah yang kelihatannya. Jujur, cari pekerjaan itu sulit cuy! Mimin coba apply ke sana ke mari hingga rela merantau ke kota orang, tapi tetap nihil, setidaknya selama beberapa bulan. Yups, hasil tidak akan menghianati usaha. Setelah perjuangan mimin melamar pekerjaan selama beberapa bulan lamanya, akhirnya mimin dapat pekerjaan di suatu perusahaan di Karawang.

Sebagai orang Cianjur, tinggal di Karawang tidaklah sulit, malahan mimin merasa menyenangkan bisa merantau di kota orang. Sayangnya hal ini tidak berlangsung lama, mengingat kontrak mimin sebagai karyawan hanya 3 bulan saja. Itulah kenapa dalam akhir tahun 2019, mimin jarang update artikel di blog-blog kesayangan mimin, termasuk blog ini. Saat itu mimin sedang mencoba pengalaman baru sebagai bagian dari masyarakat.

Yah, meski awal tahun 2020 mimin sudah nganggur lagi, wkwkwk ….

Oke, kembali ke bahasan rekomendasi manhwa terbaik tahun 2019. Tahun 2019 ini merupakan tahun di mana mimin mulai suka membaca komik online alias webtoon. Tapi sebelum lanjut, kamu harus tahu dulu nih kalau artikel ini adalah isi dari artikel berjudul …

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa!

https://idyourzee.com/rekomendasi-manhwa-terbaik-sepanjang-masa

Artikel di atas merupakan artikel utama yang berisi daftar rekomendasi manhwa dari tahun ke tahun yang telah mimin buat sebelumnya. Jadi kalau kamu belum membacanya, silakan luangkan waktu untuk membacanya nanti, karena siapa tahu ada manhwa yang menjadi favoritmu setelah itu.

Mimin juga sudah menjelaskan perbedaan manhwa dan webtoon di sana, termasuk format daftar rekomendasi yang mimin gunakan pada setiap daftar rekomendasi manhwa. Jadi yah … kayaknya kamu memang perlu baca artikel utamanya lebih dulu deh (wkwkwkk).

Nah, setelah membaca artikel utamanya, yaitu rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa, langsung saja kita lanjut ke isi artikelnya kali ini yaitu rekomendasi manhwa terbaik tahun 2019!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019

// Descent of the Demon Master

Author: Wolbaek
Artist: Mayolang
Genre: action, adventure, fantasy, supernatural

Review Descent of the Demon Master cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Kehidupan pertama. Setelah kecelakaan tragis dan kehilangan keluarga dan dia juga kehilangam kakinya, ia mengakhiri hidupnya sendiri. Lalu di Kehidupan kedua. Dia mendapatkan ketenaran sebagai Master Setan Merah di Zhongyuan, tetapi dikhianati oleh orang yang paling dia percayai. Dan sekarang tiba di kehidupan ketiganya. Dalam kehidupannya di dunia modern, Gang Jinho memutuskan untuk hidup normal … Namun, ia terlalu terbiasa dengan kehidupan Zhongyuan untuk menjadi orang bar-bar! “Aku ingin hidup dengan damai. Tapi kaulah yang memulainya. Saya harap Anda siap untuk ini. ‘ Di depan ancaman kehidupan barunya, bisakah Gang Jinho melepaskan dorongan hatinya sebagai Master Setan Merah dan mendapatkan ‘kehidupan normal’ yang diinginkannya? Kisah adaptasi seorang seniman bela diri legendaris di abad ke-21!

Catatan:

Jadi MC di sini hidupnya nyusahin abis kecelakaan, terus meninggal dan reinkarnasi ke dunia bela diri dan menjadi orang yang kuat dan disegani. Tapi akhirnya dia dikhianati dan mati lagi, dan reinkarnasi lagi ke dunia awalnya sebelum dia ngalamin kecelakaan, dan kekuatannya dari dunia lain masih dia miliki. Ya begitulah, reinkarnasi emang tema yang mainstream, tapi kalo ceritanya enggak mainstream ya otomatis bakalan seru juga. Sayangnya manhwa ini temanya mainstream dan ceritanya juga mainstream. MC polos dan OP, yang dikejar-kejar cewek. Udahlah, gak cocok buat dibaca jones!

// Latna Saga: Survival of a Sword King [HR]

Alias: Survival Story of a Sword King in a Fantasy World, Survival Story of a Sword King, The Survival Record of the Sword King in Another World; Otherwordly Sword King’s Survival Records
Author: Soon-Q, YKB
Artist: Soon-Q, Studio Khit
Genre: action, adventure, comedy, fantasy

Review Latna Saga: Survival of a Sword King cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Ryu Han-bin tiba-tiba dipindahkan ke dunia lain setelah baru saja menyelesaikan wamil. Ia diberikan tujuan untuk bertahan hidup dan menjadi lebih kuat di sebuah dunia yang penuh akan monster anjing. Masalahnya, “Guideline” yang harusnya memandu Han-bin malah error, sehingga ia terjebak di dunia yang penuh anjing itu…

Catatan:

Manhwa isekai yang lumayan mainstream, dimana mc-nya superkuat, tidak terkalahkan, dan tampan. Oke, enggak sepenuhnya bener sih. Jadi mc kita kali ini ditransfer ke dunia lain, lalu terjebak di tahap tutorial. Nah, dia seharusnya udah keluar dari tahap itu setelah mencapai level 5, namun sistem ‘guideline’-nya error. Hari demi hari dia habiskan dengan penderitaan di sana. Alhasil, setelah berhasil ke level 5, ia menjadi level 5 yang di atas rata-rata.

Sayangnya, mc kita ini bukan mc ideal para ciwik. Bukannya tampan, ia malah jadi pria kekar kulit item yang jarang pake baju. Anggap aja orang barbar dah. Dari segi cerita, manhwa ini sangat menarik untuk diikuti. Fokus cerita lebih condong ke petualangan, aksi dan komedi. Didukung dengan art yang di atas standar, dengan penggambaran yang bagus sejak awal chapter.

WARNING: TRAP ATTENTION!

// Legend Of the Northern Blade [HR]

Alias: The Legend of the Northern Blade
Author: Woo-Gak
Artist: Hae-Min
Genre: Action, adventure, fantasy, martial arts, romance

Review Legend Of the Northern Blade cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Ketika dunia diliputi kegelapan oleh ‘Silent Night’, Seniman Bela Diri dari seluruh tempat berkumpul untuk membentuk ‘Sekte Utara Surgawi’. Dengan kekuatan luar biasa dari Sekte Surgawi Utara, Silent Night didesak mundur jauh dan orang-orang mulai menikmati kedamaian sekali lagi. Namun, seiring berjalannya waktu para seniman bela diri dari daratan mulai berkonspirasi melawan ‘Sekte Surgawi Utara’, dan akhirnya menyebabkan kematian Pemimpin Sekte Generasi Keempat, Jin Kwan-Ho. Ketika semua orang meninggalkan sekte, putra satu-satunya Jin Kwan-Ho, Jin Mu-Won tertinggal. Mu-Won tidak pernah belajar apapun tentang seni bela diri, tetapi ia akhirnya menemukan Teknik Martial diam-diam ditinggalkan oleh ayahnya dan mulai memperoleh seni bela diri dari Sekte Surgawi Utara. Lalu suatu hari, seorang gadis misterius muncul di hadapan Mu-Won … !!

Catatan:

Salah satu manhwa yang berlatarkan di dunia murim, di mana ahli beladiri berkeliaran dan terdapat sekte-sekte yang kuat. Protagonis kita kali ini merupakan tipe mc yang bodo amat. Fokusnya cuman mencapai tujuan, selebihnya ia gak terlalu peduli.

Cerita berfokus pada perjalanan sang MC untuk memulihkan nama baik ayahnya yang dianggap penghianat dan membangun ulang sektenya. Namun semua itu tidak semudah kelihatannya, karena musuhnya bukan hanya satu atau dua orang, melainkan seluruh dunia.

Dalam perjalanannya tersebut, sang MC mendapat bantuan banyak orang baik yang setia, juga dibantu heroine-heroine yang sangat mempengaruhi cerita. Tidak hanya fokus pada action saja, kita juga akan melihat bagaimana kisah romansa sang MC yang penuh dengan lika-liku.

Manhwa ini mempunyai premis cerita yang lumayan berbeda dengan tipikal komik martial arts kebanyakan, didukung dengan art-nya yang unik dan semakin berkembang. Bagi murim lovers, kalian wajib banget baca manhwa yang satu ini.

Oh ya, author komik ini populer karena menuliskan novel-novel martial arts yang banyak disukai pembaca. Bisa dibilang kalau hampir semua kisah martial arts yang dia tulis selalu mendapatkan ulasan positif dan direkomendasikan banyak orang.

// Mookhyang – Dark Lady

Author: JEON Dongjo, LEE Jae-Heon
Artist: KUKIT
Genre: action, adventure, fantasy, gender bender, martial arts, mystery

Review Mookhyang - Dark Lady cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Sebagai master dari School of Unholy Arts dan iblis tak bertopeng yang tidak terkalahkan, MookHyang terjatuh ke dalam dunia fantasi yang aneh oleh sihir yang dilepaskan musuh-musuhnya (School of Blood Arts). Di dunia baru tersebut yang terdapat peri, penyihir, ksatria, dan naga, petualangan MookHyang untuk menemukan jalan kembali ke dunia lamanya (Murim) terbuka.

Catatan:

Sequel dari seri Mookhyang The Origin. Nah, kalau di prequelnya si MC itu dingin dan kueren uabiss, di sini dia udah mulai terbuka. Sayangnya, DIA JADI ***** oyyy. Tapi ceritanya lebih seru sih daripada prequelnya (imo). Semoga kedepannya dia jadi ***** lagi.

// My Uncle Is a Superstar

Alias: My Superstar Uncle
Author: HUH Wonjin
Artist: Nopni
Genre: comedy, drama, fantasy, romance, slice of life

Review My Uncle Is a Superstar cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

“Kami akan membuat mimpimu menjadi kenyataan.”

Woojin terpaksa menyerah akan mimpinya untuk menjadi seorang penyanyi karena menjadi tulang punggung keluarga. Suatu hari, dia menerima sebuah robot AI yang berkata akan mewujudkan impiannya. Dari seorang tukang kayu menjadi superstar — akankah Woojin bisa mewujudkannya?

Catatan:

Suatu hari selepas kerja, kamu jalan-jalan gak jelas lalu duduk di bangku pinggir jalan. Kamu melihat bintang jatuh di awan, lalu tiba-tiba bintang itu mendatangimu dan bilang “Skuylah, mau jadi CEO ya kita gasskan!”.

Kamu kaget, namun mengabaikannya. Dalam hati kamu berpikir itu hanya hayalan. Namun di hari esok kamu terbangun, hidupmu telah berubah 361 derajat.

Ya, semuanya berjalan lancar sampai kamu berhasil menjadi CEO. Kamu menjadi terkenal, wajahmu terpampang di majalah Forbes, identitas kamu dimasukin ke daftar Crazy Rich Asian, mantan-mantan kamu mulai nelpon kamu lagi, temen-temen kamu mulai berdatangan buat minjem duit, dan masih banyak hal mengagumkan lainnya.

Lalu apa hubungannya sama manhwa ini? Intinya sih mimin mau bilang,
take it easy bruh!
Gak perlu ngayal berlebihan. Hidup kamu sekarang tidak lain karena usaha kamu sendiri. Gak puas? Ya usaha lagi dong.

Oke, kalem brosis, kalemm … mimin cuma mau bilang kalo manhwa ini punya premis cerita yang ringan. Cocok untuk dibaca saat waktu luang.

Udah, gitu aja.

// Past Life Regressor

Alias: REINCARNATOR
Author: NA Min-Chae
Artist: CHA Yong Un
Genre: action, adventure, drama, fantasy

Review Past Life Regressor cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Ini adalah cerita tentang hari kedatangan. Hari yang merupakan hari di mana monster dari dunia novel fiksi dan legenda kuno mengalir melewati retakan dimensi. Na Seon Hoo sebagai prajurit cadangan di dunia yang sedang darurat ini melihat semuanya dengan jelas. Ketika sekarat, ia menemukan pesan dari sistem yang menawarinya untuk mengulangi waktu. Ketika ia memilih tanggal kelahirannya, ia menemukan dirinya bangun kembali dalam tubuh masih bayi dan memiliki kesadaran dan bakat yang sempurna! Untuk menyelamatkan semua orang, ia perlu menyiapkan semua hal yang akan dibutuhkan. Akankah Na Seon Hoo akan berhasil menyiapkan segalanya sebelum hari kedatangan tiba?

Catatan:

Tipikal manhwa tema regressor kebanyakan. Ada dungeon, monster, sistem, dan sebagainya. Di season 1 yang mana belum lanjut lagi, manhwa ini lebih condong ke pembahasan ekonomi, jadi adegan gelud atau dungeon dan sebagainya belum ada. Meski begitu, plot ceritanya cukup menarik untuk diikuti.

PENTING: Manhwa ini sudah diremake pada tahun 2022 dengan judul yang sama.

// Return Survival [HR][END]

Alias: Re: Survival
Author: Yeonwoosol
Artist: Kim Moo-hyun
Genre: action, adventure, horror

Review Return Survival cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Apakah dunia kembali ke enam bulan yang lalu? Apakah ini peluang atau pengulangan penderitaan? Sebuah malapetaka, dimana virus menghantam Bumi dan mengubah manusia menjadi Zombie! Tiga tahun untuk bertahan hidup dalam kehancuran dan keputusasaan melalui puluhan krisis kematian di planet yang runtuh! Pada akhirnya, aku tidak bisa bertahan, aku melawan gerombolan zombie dan meninggal. Dan… ketika aku membuka mataku lagi… aku berada di masa lalu, enam bulan sebelum virus zombie menyebar ke dunia! Dalam enam bulan kedepan, dunia yang damai ini akan musnah, dan hanya aku yang mengetahuinya!

Catatan:

Salah satu tema favorit mimin, yaitu apokalips! MC di manhwa ini cukup garang dan badass, ditambah cerdas. Dia gak kenal ampun dan gak suka pandang bulu dalam bertindak. Ingatannya soal masa depan juga bikin dia bisa buat banyak strategi buat survive, walau kadang salah perhitungan juga. Awal-awal cerita memang agak membosankan, tapi selebihnya mulai seru dan menegangkan. Sisanya rasakan sendiri!

// Second Life Ranker [HR]

Alias: Ranker Who Lives a Second Time; Ranker Who Lives Twice; Ranker yang Hidup Dua Kali; Rebirth of the Strongest Warrior; The Ranker Who Lives Twice
Author: Nongnong, Sadoyeon
Artist: Nongnong
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts, supernatural

Review Second Life Ranker cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Yeon-woo memiliki saudara kembar yang menghilang lima tahun yang lalu. Suatu hari, arloji saku yang ditinggalkan oleh saudaranya kembali ke miliknya. Di dalam, ia menemukan buku harian tersembunyi yang direkam “Pada saat kau mendengar ini, aku pikir aku sudah mati ….”

Catatan:

MC badass dan garang, siap embacok siapapun yang nyenggol dia. Temanya mirip-mirip Tower of God dan Solo Leveling, dimana player harus memanjat menara dan terdapat sistem yang mengaturnya.

// The Second Coming of Gluttony [HR]

Alias: The Second Coming of Avarice
Author: KIM Jong-il, Ro Yu-jin
Artist: Ahn Jonghyuk (Akeo Studio)
Genre: action, adventure, drama, fantasy, supernatural

Review The Second Coming of Gluttony cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Seorang penduduk bumi yang bertarung hingga kematian menjemputnya telah diberikan permohonan oleh dewa, apapun permohonan yang dia inginkan akan dikabulkan. Namun sayangnya keadaan berubah…

Catatan:

TSCoG merupakan sequel dari manhwa berjudul Memorize. Manhwa ini menceritakan seorang Earthling (petarung dari Bumi) yang sedikit demi sedikit mendapat ingatan-nya dari masa depan.

Meski sequel, TSCoG lebih dulu diadaptasi ke bentuk komik daripada Memorize. Art manhwa ini mengikuti zaman, setiap season baru artnya selalu diperbarui.

// Tomb Raider King [END][HR]

Alias: King of Excavation; King of Thief; Tomb Raider (Yoonz)
Author: SAN.G, Yuns
Artist: 3B2S, Redice Studio
Genre: action, adventure, comedy, fantasy

Review Tomb Raider King cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Makam Dewa mulai muncul di seluruh dunia. Karena relik di dalam makam ini, banyak yang bisa menggunakan kekuatan legendaris ini untuk diri mereka sendiri, sementara yang lain menjadi budak para pengguna ini. Namun, seorang Tomb Raider muncul dengan tujuan merampok peninggalan ini. The Tomb Raider King. “Sialan! Apa bajingan itu sudah menjarah tempat ini juga ?! ”Apa yang kau miliki adalah milikku. Apa yang aku miliki jelas milik miliku. Ini adalah kisah tentang Tomb Raider yang dihidupkan kembali yang akan melakukan apa saja untuk mengklaim semua makam dan relik untuk dirinya sendiri!

Catatan:

Ceritanya unik dan anti-mainstream. Bagi kamu yang suka sejarah dan mitologi, pasti suka manhwa ini.

MC kita di sini bisa dibilang cerdas, tapi kayaknya lebih tepat disebut sableng (wkwk). Dia dikhianati rekan-rekannya dan mati, tapi karena kekuatan relik tertentu ia kembali ke masa lalu (yeah, regression time!).

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa terbaik tahun 2019 versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
—- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA —-


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia