Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020

Temukan daftar rekomendasi manhwa terbaik tahun 2020 versi Aezi hanya di blog @idyourzee.

Halo semua, apa kabar? Semoga kalian senantiasa sabar dan tabah menjalani musibah kali ini yaa~

Satu tahun sudah berlalu semenjak virus COVID-19 diumumkan. Sejak saat itu, kepanikan menyerang masyarakat di seluruh dunia. Demi mencegahnya penularan virus, pemerintah kita menerapkan lockdown dan melarang kita keluar rumah serta berkerumunan. Semua itu demi diri kita sendiri.

Nah, tentunya kamu akan merasa bosan jika tidak punya kegiatan di rumah, bukan? Mimin juga termasuk salah satunya. Akhir tahun 2019 lalu, kontrak mimin sebagai karyawan di tempat mimin bekerja telah habis, menandakan bahwa mimin menjadi pengangguran. Sampai diumumkan kasus covid19 pertama kali di Indonesia pada Bulan Maret 2022, mimin masih belum dapat pekerjaan. Sedihnya lagi, setelah itu kasus covid19 melunjak sehingga kita dilarang keluar rumah oleh pemerintah, semakin sulit untuk mencari pekerjaan, apalagi gebetan (sad_-).

Namun bukan berarti mimin pasrah sama keadaan ya guys. Mimin mencoba memanfaatkan apa yang mimin bisa kala itu, salah satunya yaitu ngeblog. Sejak SMK, ngeblog merupakan hobi yang sangat mimin sukai. Ada perasaan senang ketika menulis artikel, mendapatkan pembaca, dan melihat komentar-komentar di artikel yang mimin tulis di blog. Sayangnya mendapatkan uang dari blog bukanlah hal yang mudah, karena mengandalkan iklan dari adsense saja tidak akan cukup jika visitor blog masih puluhan.

Setelah menganggur, mimin mulai belajar tentang bagaimana membuat artikel yang kaya dan bermanfaat, serta bagaimana cara mendapatkan lebih banyak visitor. Seperti nasihat orang-orang kebanyakan, bahwa usaha tidak pernah menghianati hasil. Bermodalkan ilmu dari internet, sekarang mimin sudah bisa menghasilkan uang dari ngeblog ini.

Bukannya bermaksud pamer atau apa, mimin cuman ingin bilang kalau setiap situasi yang kita alami bisa menjadi kesempatan. Meski mimin sekarang masih sering disebut pengangguran karena jarang keluar rumah, seenggaknya mimin bisa bilang kalau pengangguran itu gak punya pekerjaan dan bukannya gak punya duit (wkwkwkwk). Yahh … wajar deh, di lingkungan mimin standar pekerjaan itu menjadi karyawan di perusahaan. Jadi kalau kerja serabutan pasti disebutnya pengangguran wkwkwkwk.

Tapi eh, kok malah jadi curhat … tadinya kan mau berbagi rekomendasi manhwa terbaik di tahun 2020 wkwkwk. Maklum, 2020 adalah tahun yang spesial bagi mimin, jadi ketika 2020 terdengar di telinga, banyak hal yang ingin diucapkan.

Oke, kembali ke topik awal. Tahun 2020 adalah tahun di mana seluruh masyarakat dunia termasuk Indonesia menghabiskan banyak waktu di rumah. Di saat seperti ini, mimin dapat mengasah hobi mimin sejak SMK yaitu membaca komik (hehe). Mimin rasa tahun ini adalah tahun membaca komik terbanyak bagi mimin sendiri. Banyak manhwa seru yang mimin temukan di tahun ini. Tapi sebelum lanjut, kamu perlu tahu lebih dulu kalau artikel ini merupakan isi konten dari artikel utama berjudul …

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa!

https://idyourzee.com/rekomendasi-manhwa-terbaik-sepanjang-masa

Artikel di atas merupakan artikel utama yang berisi daftar rekomendasi manhwa dari tahun ke tahun yang telah mimin buat sebelumnya. Jadi kalau kamu belum membacanya, silakan luangkan waktu untuk membacanya nanti, karena siapa tahu ada manhwa yang menjadi favoritmu setelah itu.

Mimin juga sudah menjelaskan perbedaan manhwa dan webtoon di sana, termasuk format daftar rekomendasi yang mimin gunakan pada setiap daftar rekomendasi manhwa. Jadi yah … kayaknya kamu memang perlu baca artikel utamanya lebih dulu deh (wkwkwkk).

Nah, setelah membaca artikel utamanya, yaitu rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa, langsung saja kita lanjut ke isi artikelnya kali ini yaitu rekomendasi manhwa terbaik tahun 2020!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020

// Child of The Sheath

Alias: Anak dari Rumah Pedang; Anak Pedang; Kenshou No Ko; Sword Sheath’s Child
Author: KIM Hyung-Min
Artist: YANG Kyung-Il
Genre: action, adventure, fantasy

Review Child of The Sheath; Anak dari Rumah Pedang; Anak Pedang; Kenshou No Ko; Sword Sheath's Child - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 @idyourzee

Sinopsis:

Ini adalah sebuah dunia di mana pohon sihir tumbuh dari punggung seorang pendekar pedang, gadis bisu diubah menjadi senjata hidup oleh ibunya, naga hutan berkeliaran di angkasa mencari pembalasan, dan makhluk dengan kekuatan dewa berbenturan demi keseimbangan alam. Di tengah semua itu ada Bira, seorang anak yatim yang menghabiskan hari-harinya dengan memancing dalam hutan terpencil.

Suatu hari ia bertemu Tanyu, seorang mantan jenderal yang mencari teman masa kecilnya. Bersama mereka melakukan perjalanan ke lanskap indah yang mempesona.

Catatan:

Manhwa CotS ini merupakan manhwa fantasi yang menekankan segi petualangan didukung art yang indah. Alurnya berjalan pelan dan beberapa unsur cerita kurang dijelaskan lebih dalam.

Protagonis kita kali ini bisa dibilang naif. Ia suka menolong banyak orang dan melawan musuh yang jelas tidak bisa ia menangkan. Meski begitu, beberapa arc menceritakan karakter sampingan yang lebih menarik.

Jika kamu lebih mementingkan art dibanding cerita, maka manhwa ini cocok untuk kamu baca.

// Kill The Hero [HR][END]

Author: D-Dart
Artist: Cartoon Life
Genre: action, adventure, fantasy

Review Kill The Hero - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Suatu hari, dunia berubah menjadi sebuah game. ‘Dungeon’ dan ‘monster’ muncul di tengah kota, dan ‘player’ yang telah menerima ‘authority’ dewa muncul. Se-jun Lee, guildmaster dari Guild Messiah yang akan membawa keselamatan bagi dunia. “Mari kita selamatkan dunia bersama. Mari kita akhiri mimpi buruk ini.” Seluruh dunia merayakan kemenangan sang pahlawan, dan aku pun menjadi temannya.

Tapi… Dia bukan pahlawan atau penyelamat seperti dunia memanggilnya. Dia adalah seorang pahlawan penipu dengan ambisi rahasia untuk menguasai dunia. “jika bukan karenamu, aku tak akan bisa sampai sejauh ini.” Aku kehilangan nyawaku karena pedangnya di dungeon terakhir.… atau itulah yang ku pikir. Kata-kata yang ku dengar di telingaku ketika aku mati.

[Memulai game.]

Aku kembali ke masa lalu, kembali ketika aku masih belum bangkit menjadi ‘player’. Dan kali ini, giliranku …… Untuk ‘memburunya’.

Catatan:

Manhwa revenge dengan konflik yang benar-benar merujuk ke pembalasan dendam (gak kayak manhwa sebelah).

// Limit Breaker

Alias: Beyond Max Level
Author: 성불예정; 홍실
Artist: MIN0
Genre: action, horror, supernatural, tragedy

Review Limit Breaker; Beyond Max Level - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Karena kesalahan yang tidak diketahui, Kim Kibong terjebak dalam Tes Kebangkitan selama 3000 tahun. Di dunia nyata, 10 tahun telah berlalu, dan dunia dikuasai oleh monster dan ruang bawah tanah. Pertempuran sekarang dimulai untuk Kim Kibong, yang kembali dengan level maksimal, untuk memulihkan dunia kembali ke keadaan semula.

Catatan:

Cerita dan tema yang cukup mainstream, namun dibumbui scene-scene yang lumayan gore. Jangan lupa akan genre tragedi yang tertera di atas, karena apa yang kamu harapkan terjadi mungkin tidak selalu sesuai.

// Lord of Money

Author: Mujang
Artist: SON Joo Hwan
Genre: action, drama, seinen, supernatural

Review Lord of Money - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Setiap hari adalah neraka bagi Sung Changwook ketika ia bekerja untuk Chun Joongmyung yang kejam, putra ketiga dari Grup Jikyung yang kuat. Ketika Changwook akhirnya memutuskan untuk berhenti, Joongmyung berusaha membunuhnya, tetapi rencananya menjadi bumerang ketika keduanya tersengat listrik dan berganti tubuh. Sekarang terjebak hidup sebagai Joongmyung, Changwook harus memecahkan misteri identitas barunya dan berperang melawan kakak laki-laki Joongmyung untuk mengendalikan perusahaan. Peluang ditumpuk melawannya, tetapi bisakah sambaran petir menyerang dua kali?

Catatan:

Yahh, manhwa ini mempunyai kisah klasik layaknya sinetron Korea kebanyakan.

// Master Villainess the Invincible!

Alias: Akulah Villain Terkuat di Martial Art!; I’m a Martial Art Villainess, but I’m the Strongest!
Author: Will Bright
Artist: GA Bi-Nam, Yooani
Genre: action, drama, fantasy, historical, martial arts, romance

Review Master Villainess the Invincible!; Akulah Villain Terkuat di Martial Art!; I'm a Martial Art Villainess, but I'm the Strongest! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Seorang penulis novel romansa fantasi mengalami kecelakaan tabrak lari, tapi begitu sadar kembali, ia menyadari dirinya jadi Dang Haewon, pemeran pembantu dalam novel yang pernah ia baca. Namun, Dang Haewon adalah tokoh jahat dan kejam yang mencoba membunuh pemeran utama wanita demi mendapatkan pemeran utama pria hingga mengakibatkan dirinya terbunuh. Tidak mau nasibnya berakhir seperti itu, si penulis pun memanfaatkan semua informasi yang didapatkannya sewaktu membaca novel itu. Akankah dia berhasil mengubah nasibnya dan jadi tokoh terkuat di novel itu?

Catatan:

Bosan dengan manhwa beladiri yang MC cowok terus? MVtI hadir membawa kesan baru dengan MC-nya yang seorang gadis cerdik nan kuat.

Ceritanya ringan dan lumayan menarik untuk diikuti.

// Memorize [HR]

Author: Ro Yu Jin
Artist: JH
Genre: action, adventure, fantasy

Review Memorize - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Hall Plain, dunia lain di zaman modern. Suatu hari Kim Soo-hyun tiba-tiba dipanggil ke dunia Hall Plain setelah keluar dari militer. Setelah melewati banyak hal dia berhasil mencapai puncak, sepuluh tahun di Hall Plain juga diwarnai oleh masa lalu yang menyedihkan. Untuk mengubah masa lalu yang menyedihkan itu, Kim Soo-hyun memutuskan untuk menggunakan kekuatan ‘Code Zero’ untuk membalikkan waktu 10 tahun yang lalu.

Catatan:

Memorize merupakan salah satu manhwa generasi pertama yang mengusung sistem fantasi dan sistem elemen game. Menceritakan sang MC yang berhasil bertahan, namun ia gak mau sendirian. Jadi ia meminta agar waktu diputar kembali.

MC kita di sini merupakan tipe hensem dan badass, dan yang paling menarik adalah sifat penilaiannya yang terlalu over pada karakter lain.

// My Dad is Too Strong

Author: GaebyeokS
Artist: Modain; Jayple Studio
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, sci-fi

Review My Dad is Too Strong - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Lee Dojun, seorang pria biasa dengan kehidupan yang biasa. Suatu hari ia meninggal karena tertabrak truk, dan terbangun di dunia murim. Di sana, ia mendapat kekuatan untuk hidup kembali sehari sebelum ia mati, sehingga ia menjadi ahli beladiri terkuat dan disebut Heavenly Demon. Setelah itu, tanpa disadari ia terbangun kembali di rumah sakit, setelah dinyatakan koma akibat kecelakaan.

Sementara itu, Seol Yunhee merupakan putri dari kekasih kakaknya Lee Dojun. Setelah orangtuanya meninggal, ia tidak punya tempat untuk pulang. Di saat itulah ia menghubungi Lee Dojun, dan keduanya membuat kontrak untuk menjadi anak dan ayah….

Catatan:

Manhwa ini mempunyai alur cerita dan art yang biasa saja, tidak terlalu spesial. Meski begitu, manhwa ini cocok untuk dijadikan sebagai bacaan ringan dikala bosan.

// My Royal Awakening [HR][END]

Alias: I Shall Lives As a Prince
Author: Dopamine, Kusa (구사)
Artist: Kim Tae-Hyung
Genre: drama, fantasy, historical, supernatural

My Royal Awakening; I Shall Lives As a Prince - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Lee Hyun Ho, seorang pria biasa yang sedang mencari pekerjaan di Korea, telah bereinkarnasi menjadi seorang pangeran dari dinasti Joseon. Tapi sayangnya, dia bereinkarnasi menjadi Pangeran Agung Jinseong, adik dari raja tiran Yeonsan-gun!

Meskipun ia lulus dari sekolah yang layak, Hyun Ho kesulitan mendapat pekerjaan. Suatu hari, dia membuka mata setelah tertidur akibat menjalani kehidupan biasanya sebagai orang miskin, dan dia mendapati dirinya menjadi Pangeran Agung Jinseong dari abad ke-15. Karena dia sekarang adalah seorang pangeran kaya, rencananya adalah untuk menjalani kehidupan yang tinggi, tetapi… Dia mengetahui bahwa saudaranya adalah Yeonsangun, raja Joseon, yang terkenal sebagai seorang tiran gila!

Demikian seorang pencari kerja biasa memulai rencananya sebagai Pangeran Besar Jinseong untuk menjadikan si tiran Yeonsangun menjadi raja yang hebat dan untuk melindungi istrinya sendiri. ‘Proyek perawatan mental Yeonsangun’ yang tak terduga! ‘Baiklah~~ Ayo ubah sejarah!’

Catatan:

Bagi kamu yang suka sejarah dunia, pasti tahu dong si Raja Tiran dari Dinasti Joseon? Raja yang tidak mempedulikan rakyatnya akibat dibutakan balas dendam. Ironisnya, sifatnya menjadi seperti ayahnya yang sangat ia benci, bahkan lebih buruk darinya. Banyak film dari Korea yang mengisahkan si Raja Tiran ini, dan sekarang kisahnya juga diangkat pada manhwa berjudul My Royal Awakening ini.

Seperti yang tertulis pada sinopsis, MC kita kali ini merupakan seorang reinkarnator dari masa depan. Dirinya yang tahu akan menjadi apa si Raja Tiran yang tidak lain kakaknya sendiri itu, mencoba membuatnya menjadi lebih baik, tidak haus akan balas dendam. Demi melindungi kehidupannya yang nyaman, istrinya yang cantik, dan dirinya sendiri.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - My Royal Awakening

Jujur, feels yang mimin dapat saat membaca sama seperti saat menonton drama historical korea, yang mimin buat tertarik. Kisah yang dibawakannya seru, apalagi usaha sang protagonis yang mungkin kita anggap tidak terlalu berguna namun menjadi sebuah titik balik penting untuk masa depannya.

Namun seperti manhwa shounen kebanyakan, kita bisa melihat bahwa sang protagonis selalu menang, atau menjadi lebih baik. Di samping itu, di manhwa ini kita akan disuguhkan unsur drama politik dan masalah kekeluargaan yang intens dengan penggambaran yang bagus. Perasaan kamu mungkin akan campur aduk ketika membaca. Penokohan sang MC benar-benar diluar dugaan. Kamu mungkin akan merasa bosan, penasaran, semangat, kecewa, dan merinding saat melihat perbuatannya.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - My Royal Awakening

// Nano Machine [HR]

Alias: Nano Mashin
Author: Han Joong Wueol Ya
Artist: Guem Gang Bul Gae
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts, sci-fi

Review Nano Machine - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Cheon Yeo-woo merupakan anak ke-7 dari ketua sekte iblis. Ibunya hanyalah orang biasa, sehingga keberadaannya dianggap mengganggu pewaris lainnya. Hal ini mengakibatkan ibunya diracuni sehingga meninggal dalam penderitaan, dan ia menjadi target dari pembunuhan pewaris-pewaris lainnya.

Suatu hari, ia hendak dibunuh oleh sekelompok assassin yang dikirimkan salah satu pewaris dari sekte utama, sampai seseorang muncul dan menyelamatkannya. Dalam ambang batas kesadaran, orang itu mengatakan sesuatu tentang dirinya yang dari masa depan dan keberadaan nano machine yang akan mengubah hidupnya. Sejak saat itulah kehidupan Yeo-woo berubah….

Catatan:

Banyak orang yang bilang bahwa Nano Machine itu Solo Leveling versi Martial Arts, dan temen-temen mimin banyak yang ngerekomendasiinnya. Sayangnya mimin belum dapet mood buat baca. Masukin list dulu aja deh (hehe~).

UPDATE!
Kemarin mimin baru selesai marathon sampai chapter 98, dan hasilnya benar-benar memuaskan. Art-nya benar-benar memanjakan mata dengan alur cerita yang uwah, sangat mengesankan!

Dari 98 chapter ke bawah ini, fokus cerita kepada MC yang mengembangkan kemamampuannya selagi balas dendam. Mimin sendiri gak ngerasa bosan saat baca, bahkan dibikin ketagihan sampe gak bisa berhenti (tau-tau udah sampe update chapter terakhir aja wkwk).

Mimin sempet ngerasa aneh sih kenapa ada genre adventure yang disertakan, karena saat membaca 98 chapter ini kebanyakan fokus cerita berada di akademi beladiri sekte iblis. Namun sepertinya ini masih permulaan saja, mengingat kebanyakan cerita beladiri selalu ada arc di mana sang MC berkelana di dunia murim. Selain itu, layaknya kebanyakan cerita beladiri, di Nano Machine juga ada unsur komedi dan sub romantic plot di dalamnya. Jadi cerita tidak selalu kaku ya guys, sehingga kita sebagai pembaca enggak merasa bosan.

// Omniscient Reader [HR]

Alias: Omniscient Reader’s Point of View; Omniscient Reader’s Viewpoint
Author: sing N song, UMI
Artist: Redice Studio, Sleepy-C
Genre: action, adventure, fantasy, psychological, supernatural

Review Omniscient Reader - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

“Ini adalah perkembangan yang kutahu.” Saat dia berpikir kalau, dunia sudah hancur, dan alam semesta terbuat kembali. Kehidupan baru seorang pembaca biasa dimulai di dalam dunia novel, sebuah novel yang sudah dia selesaikan sendiri.

Catatan:

Omniscient Readers menceritakan MC yang dunianya berubah menjadi seperti dunia di novel yang dibacanya. Ceritanya menarik dan temanya unik, di mana dunia MC itu seperti halnya platform streaming. Ada pengurus channel, pemain, penonton, dan sebagainya.

Manhwa ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama, di mana novelnya sendiri termasuk novel top tier dengan penggemar di mana-mana dan memenangkan banyak penghargaan.

// Overgeared

Alias: OVERGEARED (Team Argo); Kekuatan Item
Author: Lee Dong Wook
Artist: Team Argo
Genre: action, adventure, game, martial arts, slice of life

Review Overgeared - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Shin Youngwoo punya kehidupan malang, dia bekerja sebagai kuli bangunan tapi cuma bagian angkut bata saja, dan dia juga harus bekerja di dalam Game VR. Tapi kemalangan itu berakhir setelah “Grid”, karakter si Shin Youngwoo ini mendapat buku aneh dan menjadi Player Legendaris.

Catatan:

Jika kamu menyukai Sword Art Online dan Solo Leveling, kamu mungkin juga suka Overgeared ini. Webtoon yang di adaptasi dari LN dengan judul yang sama, dan LN tersebut pernah berada di top rank Wuxia World.

// Reverse Villain [END]

Author: Gondrigogo, HAN Yeo-Leum
Artist: Hamok
Genre: action, drama, supernatural

Review Reverse Villain - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Jungwoo terjebak dalam siklus reinkarnasi bersama musuh bebuyutannya, Shinryong. Sejak ia masih kecil, ia bermimpi untuk menjadi kuat dan menguasai Murim. Akan tetapi, segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan yang ia rencanakan. Shinryong selalu mengalahkannya di setiap kesempatan. Pada tiitik ini, Ha Jungwoo telah bereinkarnasi lagi sebanyak 5 kali dan dikalahkan lagi. Saat ia bereinkarnasi yang ke-6, ia dilahirkan ke dunia modern. Terlahir ke dunia yang baru, mengubah tujuan Jungwoo, karena tidak ada Murim di dunia modern. Tapi, dia terus berlatih untuk mengalahkan Shinryong. Pada akhirnya, dia memprioritasakan tujuan untuk menjadi lebih kuat dan mengalahkan Shinryong, sambil beradaptasi di dunia modern, di mana ia memiliki keluarga dan pergi ke sekolah seperti orang normal pada umumnya.

Catatan:

Sebuah manhwa yang memperlihatkan nuansa dunia beladiri di dunia modern. MC kita kali ini merupakan seorang villain yang selalu dikalahkan. Lumayan menghibur, namun terkesan buru-buru. Endingnya sangat tidak memuaskan, tetapi saat membaca mimin merasa cukup enjoy.

// Rooftop Sword Master [END]

Alias: Oktapbang Sword Master
Author: Kim Ui-Kwon, Yoon Sun Young
Artist: KIM Ui-Gwon
Genre: action, drama, fantasy

Review Rooftop Sword Master; Oktapbang Sword Master - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Saeyouing dibully 8 teman sekelasnya hingga koma sembilan bulan lamanya. Setelah bangun, ia harus menghadapi kenyataan pahit bahwa kedua orang tuanya bunuh diri untuk mendapatkan keadilan atas hal yang menimpanya.

Hasilnya, investigasi dibuka kembali dan teman-teman yang membulinya dihukum. Namun Saeyouing tidak bisa menahan amarah dan ketakutannya akan ketidak-adilan dunia. Di akhir ia menjadi anti sosial yang menutup diri di rumahnya.

Matahari terbit dan tenggelam, musim silih berganti, dan ia belum pernah keluar dari rumahnya. Suatu hari, tiba-tiba suara aneh terdengar dari luar yang membuatnya mulai membuka pintu…

Di tangah atap depan pintunya terlihat sebuah pedang raksasa dengan emboss bertuliskan “Pedang Ksatria”,.

Catatan:

Salah satu manhwa yang murni menceritakan balas dendam dengan latar dunia masa kini. Protagonis kita sangat haus akan pembalasan. Dia awalnya dibuli oleh sekelompok anak keturunan konglomerat, yang mengakibatkan dia, keluarga, dan orang-orang di sisinya menderita. Kesempatan balas dendam datang setelah sebuah pedang terjatuh dari langit di atap rumahnya.

// Solo Glitch Player

Alias: Bug Player; Solo Bug Player
Author: Cheongcho, Inkhead
Artist: Kimint, Odungdung
Genre: action, adventure, comedy, fantasy

Review Solo Glitch Player - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Taepung Shin tahu setiap sudut dan celah dari game MMO favoritnya, Paradiso. Namun perjalanan gamingnya harus berakhir setelah kematiannya yang tak terelakkan.

Sebuah keajaiban pun terjadi, ia bereinkarasi menjadi keturunan bangsawan di area bersalju, Jared… di Paradiso1 Sekarang ia harus memberanikan diri dan memanfaatkan semua bug yang ia ketahui agar dapat menjadi karakter utama di petualangan solonya!

Catatan:

Mungkin agak mainstream dari berbagai hal, tapi ceritanya lumayan menarik untuk diikuti, apalagi kalau kamu kehabisan bahan bacaan wkwkwkwk.

Btw keknya cuma manhwa ini yang mimin tahu, yang tiap seasonnya artnya bukan jadi lebih bagus, malah jadi menurun wkwkwk.

// SSS-Class Revival Hunter [HR]

Alias: SSS-Class Hunter That Needs To Die To Live; SSS-Class Suicide Hunter; SSSCSH
Author: Neida, Sinnoa
Artist: Bill K
Genre: action, adventure, fantasy, supernatural

Review SSS-Class Revival Hunter - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

“Aku menginginkan skill Rank-S juga! Aku sangat menginginkannya, aku rela mati untuk mendapatkannya!” Tiba-tiba menara mengabulkan permintaannya.
[Kamu telah membangkitkan skill S-Rank.]
[Tapi itu hanya bekerja saat kamu mati.]
“HUH !? APA GUNANYA MENDAPATKAN SKILL INI JIKA AKU MATI !?”

Catatan:

Salah satu manhwa yang masuk nominasi penghargaan “SI PALING DEPRESI”.

Yups, MC kita di manhwa ini merupakan tipe average person, which is bikin mimin rada-rada geuleuh melihatnya. Tapi tenang, MC kita tidak sebodoh yang kita kira. Dia mendapatkan kekuatan rank S yang paling dia idamkan, dan berubah dari orang biasa menjadi MC yang sebenarnya.

Berlatarkan dunia di mana suatu hari tower-tower bermunculan. Setelah itu, manusia menjadi hunter yang berburu di tower-tower tersebut. Dari segi cerita, mimin sangat menyukainya. Dari segi art, manhwa ini juga sudah termasuk top tier. Oleh karena itulah mimin sangat merekomendasikannya!

MC x Master SSS-Class Revival Hunter - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

// Tale of a Scribe Who Retires to the Countryside

Alias: Nakhyangmun Dictionary
Author: Barking Dog, CHOI Hyun-woo
Artist: Gogi Sanjeok, Team Pegasus
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts, shounen

Review Tale of a Scribe Who Retires to the Countryside - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee @aezife

Sinopsis:

Seorang mahasiswa gagal di ujian CPNS lalu diberi pekerjaan oleh seorang master bela diri untuk mencatat kehidupan sehari-seharinya dan dijadikan buku.

Dalam petualangan mereka, Son Bin bertemu banyak orang hebat dan tanpa sadar dia telah mengikuti jejak sang master, sebagai Raja Bela Diri.

Catatan:

Sebuah manhwa murim dengan storyline yang cukup mainstream, di mana sang mc mendapat keistimewaan sehingga dia yang orang biasa bisa menjadi sosok yang terkemuka.

Terlepas dari story dan artnya yang biasa aja, manhwa ini bisa jadi pilihan dikala kamu kehabisan bacaan. Dan jangan lupa, dari manhwa ini kita bisa belajar kalau ternyata gagal ujian CPNS bisa bikin kita jadi raja bela diri!

// Taming Master

Alias: The Taming Master
Author: ARC Studio, Park Taesuk
Artist: Bing Bing Go
Genre: action, adventure, fantasy

Review Taming Master - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Game VR paling terkenal di dunia, ‘Kaillan’. Seorang pecandu game bersertifikat yang terkenal di dunia maya, Ian. Meskipun memiliki karakter Archer Level 93 di papan peringkat teratas Kaillan, Ian memutuskan untuk menghapusnya meskipun semua orang di sekitarnya menyuruhnya untuk tidak melakukannya. Semua untuk dikonversi ke Hidden Class yang didapatnya secara kebetulan. Class yang dia pilih adalah Class paling tidak berharga di Kaillan, Class Summoner. Jika dia ingin menghindari F di perguruan tinggi, dia harus naik level ke level sebelumnya dalam waktu dua bulan … Kaillan terkenal karena sistem levelingnya yang sangat kejam, di mana dikatakan membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk mencapai level 100. Perjuangannya untuk mencapai level 93 hanya dalam dua bulan terungkap … Leveling dengan cepat, menyeluruh, dan gigih. Legenda ‘Taming Master’ dimulai!

Catatan:

Another game VR story manhwa. Tema yang diusung manhwa ini cukup mainstream. Jika kamu pernah membaca beberapa manhwa genre game sebelumnya, maka kamu dapat merasakan cerita yang agak familiar.

Dari segi cerita enggak terlalu menarik, namun bisa untuk menghibur waktu. MC kita dibekali plot armor dan keberuntungan yang cukup tinggi. Art-nya lumayan bagus, mungkin standar art bagus tahun 2022 ini.

Banyak yang bilang manhwa ini versi KW-nya manhwa TLMS, jadi mungkin bisa mengobati kebosanan kalian yang menunggu hiatus TLMS berakhir.

// Teenage Mercenary [HR]

Alias: High School Mercenary; High School Soldier; Mercenary Enrollment
Author: YC
Artist: Rakhyun
Genre: action, drama, romance, school life, sci-fi

Review Teenage Mercenary; High School Mercenary; High School Soldier; Mercenary Enrollment - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Yu Ijin adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat saat dia masih kecil. Setelah menjadi tentara bayaran untuk bertahan hidup selama 10 tahun, ia kembali ke keluarganya di kampung halamannya.

Catatan:

Manhwa yang mengingatkan mimin pada drakor aksi yang populer, seperti Vagabond dan K2. Mungkin kalau diadaptasi ke dalam bentuk drama live-action, manhwa Mercenary Enrollment bisa menyamai kedua drakor tersebut (mungkin, yah. Wkwkwk).

Alur ceritanya maju mundur, yang selalu bikin gregetan! MC kita sudah OP dari awal cerita, namun kadang ada chapter flashback yang menceritakan usahanya agar bisa menjadi kuat seperti masa kini.

Manhwa ini cocok banget deh buat kaum hawa. MC-nya hensem, ada psikopat, ada CEO, ada cewek populer, ada artis, wah… pokoknya yang biasanya disukai ciwi-ciwi ada di manhwa ini. Tapi bukan berarti cowo-cowo enggak bakalan suka ya. Cuman saran dari mimin, buat kamu para kaum cowo jones jangan baca deh. Entar malah iri, atau ngayal yang enggak-enggak (gakgakgakgak~).

// The Archmage Returns After 4000 Years

Alias: Kembalinya Sang Archmage Setelah 4000 Tahun; The Great Mage Returns After 4000 Years
Author: Barnicle, Nakhasan
Artist: KD-DRAGON, Redice Studio
Genre: action, adventure, fantasy

Review The Archmage Returns After 4000 Years; Kembalinya Sang Archmage Setelah 4000 Tahun; The Great Mage Returns After 4000 Years - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Siswa terburuk dari akademi westord, aib keluarga Blae. Jiwa baru memasuki tubuh Frey Blake yang tak bernyawa, anak lelaki yang tidak bisa kuat dengan kehidupannya yang menyakitkan dan memilih mati. “Ada apa dengan tubuh ini? Aku harus memeriksa setiap detail kecilnya. ” The Great Mage Lucas Traumen. Dia mendapat kesempatan membalas dendam dengan mendapatkan daging dan tulang-tulang Frey Blake! Dan sekarang mulailah petualangan menarik dari Great Mage yang kembali setelah 4000 tahun!

Catatan:

Cukup seru untuk menghabiskan waktu.

// The Grand Mudang Saga [HR]

Alias: MUGANG: The Path of Shaman; Wandering Warrior of Wudang; Wudang’s Cheater Martial
Author: Eunyeol
Artist: Hwaram
Genre: action, fantasy, martial arts

Review The Grand Mudang Saga; MUGANG: The Path of Shaman; Wandering Warrior of Wudang; Wudang's Cheater Martial - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Malaikat kematian telah memanggil namanya 3 kali karena dia sebentar lagi akan dibawa ke akhirat,
“Hyeokyeon Mugang.”
“Hyeokyeon Mugang.”
“Hyeokyeon Mu…”

Baxxngan!
Aku ingin hidup lebih lama lagi, jadi pergi sana sialan!!!!!
Aku langsung menelan bullochos dalam keadaan putus asa, dan walaupun aku tidak percaya khasiat obat ini, entah bagaimana aku bisa selamat. Ketika aku membuka mataku sambil berpikir kalau ini bukan mimpi semata, “Tetua macam apa ini yang mengelilingiku?!” “dimana ini?” “Gunung Shaman, Asosiasi Shaman?!!!!!”

Selain itu, aku telah merasuki seorang anak laki-laki yang setia menjalankan tugasnya di sini. …bukankah ini gila?! aku kan.. aku kan.. orang yang terkuat di dunia, aku, sang penguasa yang bernama hyokryeon mugang!!! dasar bajinganㅠㅠㅠ apa-apaan ini!! yah, karena sudah terlanjur begini mari menjadi murid hebat dari faksi Wudang dan mari coba untuk tenang. kalau begitu, mari kita memulai lagi dengan bajingan ini. hahaha. kekejaman dari seorang master yang mempunyai sifat bajingan, tanpa rasa toleransi, kebijaksanaan dan kehidupan tanpa batas. Kisah Heroik

Catatan:

MC di manhwa badass banget, anti naif-naif club. Selain itu, tingkah MC selalu menghibur dan temen-temennya juga kocak-kocak. Dari segi alur cerita, manhwa ini lebih memantapkan pendalaman setiap karakter penting sebelum meluaskan cerita ke konflik lainnya. Art-nya juga bagus, setiap battle scene bisa dinikmati layaknya manhwa martial arts kebanyakan.

Oh ya, kalau dipikir-pikir MC di manhwa ini cukup mirip sama MC-nya manhua Magic Emperor. Kalo kamu salah satu fansnya si raja iblis sableng Zhuo Fan, cobalah untuk membaca manhwa ini.

// The Max Level Hero Strikes Back

Alias: Max Level Hero Is Making a Comeback!; The Max Level Hero Has Returned!; The Max Leveled Hero Will Return!
Author: Devil’s tail
Artist: Yudo
Genre: action, adventure, fantasy

Review The Max Level Hero Strikes Back; Max Level Hero Is Making a Comeback!; The Max Level Hero Has Returned!; The Max Leveled Hero Will Return! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Ada seorang pangeran lemah dari kerajaan rendahan bernama Davey. Setelah dia jatuh koma, jiwanya dialihkan ke kuil tempat para pahlawan. Dia dilatih oleh para pahlawan dan mencapai level tertinggi, sampai akhirnya dia kembali! Dia bilang “tunggu saja kalian, aku pasti akan menghadapi kalian semua!” Sebuah kisah menyegarkan~ kehidupan royal dan aksi balas dendam oleh sang pangeran telah dimulai.

Catatan:

Cerita menarik didukung art yang cukup baik, namun sayang penokohannya terkesan datar. MC sendiri sangat kuat, badass, dan agak naif. Awal-awal chapter memang seru, tapi semakin kesini semakin biasa saja. Semoga kedepannya tambah seru!

// The Max Level Returner

Author: Honey (허니)
Artist: Lee Ji-deuk, Vertwo
Genre: action, adventure, drama, fantasy, supernatural

Review The Max Level Returner - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

120 Juta orang menghilang di seluruh penjuru dunia. Quest akhir dengan hadiah penyelesaian ‘return’ dimulai. Yoon Sang-Hyuk menjadi orang pertama yang berhasil menyelesaiakan survival game terparah setelah 22 tahun. Sekarang, orang yang dikenal terkuat di antara yang lain telah kembali. Dia mendapatkan hadiah yang orang lain tidak dapatkan. 「kembalinya ‘Masked Monarch’.」 sendirian levelku maximum, sendirian itemku melimpah, sekarang aku sendiri!

Catatan:

Mengisahkan MC yang menjadi satu-satunya orang bertahan di survival game selama 22 tahun. Ia tidak mengetahui kalau orang-orang yang mati di game itu kembali ke dunia, sampai ia merasakan hal itu sendiri. Namun siapa sangka, monster-monster dari game juga ikut terpanggil ke dunia, dan kali ini ia yakin kalau mati di dunia sama dengan mati sebenarnya!

Lumayan menghibur di waktu luang.

// The Nuna at Our Office [END]

Alias: My Office Noona Story; Office Noona; Our Office Story; The Story About My Office Noona; My Senior at the Office
Author: KIM Jane, Palmeiro
Artist: Redice Studio, Wasakbasak
Genre: drama, romance, seinen, slice of life

Review The Nuna at Our Office; My Office Noona Story; Office Noona; Our Office Story; The Story About My Office Noona; My Senior at the Office - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Ketika Manajer Son dipindahkan sementara ke departemen baru, kehidupan kantornya yang membosankan berubah. Di sana, dia bertemu Manajer Ahn, senior yang kompeten dan menawan.

Namun saat Manajer Son mulai lebih dekat dengannya, dia sadar bahwa ada alasan dibalik sifat kuat, mandiri, dan independen yang dimiliki seniornya. Segera, dia mulai mengerti kenapa hubungan kantor bisa menjadi rumit.

Catatan:

Jujur, mimin suka banget manhwa ini. Alasannya simpel, mimin cuman pernah berhubungan sama orang yang mirip dengan heroine-nya. Ironisnya, akhir hubungan kami hampir sama dengan akhir kisah manhwa ini. Tapi ya, ini curhat doang. Jadi gak usah ditanggapin, oke!

Yups, manhwa ini relate banget sama kehidupan. Banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari sana. Jika kamu seorang pria single dan sedang mencari pasangan hidup, mimin saranin buat mulai membaca manhwa ini deh. Karena manhwa ini memberikan pandangan kita sebagai seorang lelaki, terhadap perempuan yang sulit dimengerti.

Duh, jadi inget mantan lagi ya kan (huhu) ….

// The Rebirth of an 8th-Circled Mage

Alias: Rebirth of the 8-Circled Mage; The Rebirth of an 8th Circled Wizard
Author: Inus Studio, Jari
Artist: Chleo
Genre: action, adventure, fantasy

Review The Rebirth of an 8th-Circled Mage; Rebirth of the 8-Circled Mage; The Rebirth of an 8th Circled Wizard - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Henry Morris adalah penyihir 8 lingkaran yang merupakan legenda- salah satu bapak pendiri yang membantu temannya menjadi raja dari kerajaan yang bersatu. Setelah putranya mengambil alih tahta, Henry dieksekusi dengan tuduhan palsu memimpin pemberontakan melawan kekaisaran. Dia kemudian terbangun di tubuh Henry Morris muda, anak tertua dari keluarga baron, yang kebetulan juga memiliki nama yang sama. Henry mengubah hidupnya dengan mempelajari kembali sihir dan juga ilmu pedang untuk menjadi pendekar pedang sihir pertama, semua demi balas dendam.

Catatan:

Ceritanya cukup menghibur dan lumayan seru untuk diikuti. Sesuai sinopsis, sang MC bertujuan untuk balas dendam dan menyelamatkan kekaisaran dengan berpetualang mengembalikkan kekuatannya sambil mempelajari hal-hal baru.

Satu hal yang bikin mimin kesel tapi juga salut adalah vibes boomersnya si MC yang berhasil author perkuat. Ya, MC kita di sini sudah kaker-kakek, namun meski kembali ke masa muda lagi, jadi sifat keras kepalanya enggak hilang. Jadi curiga kalo authornya juga kakek-kakek (wkwk).

// The Villainess Lives Again

Alias: The Villainess Lives Twice
Author: HAN Mint
Artist: Peachberry
Genre: fantasy, magic, romance

Review The Villainess Lives Again; The Villainess Lives Twice - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

“Tia, saudaramu harus melakukannya demi kebaikanmu.” Dengan melakukan segala macam tindakan jahat, dia menjadikan saudaranya kaisar. Tapi dedikasinya malah dianggap pengkhianatan. Di ambang kematian, orang yang mengulurkan tangan membantu adalah musuh bebuyutannya, Grand Duke Cedric yang baik.

Catatan:

Manhwa shoujo dengan cerita yang ringan. Cocok dibaca kaum hawa dan para jones di luar sana yang kehabisan bahan bacaan (hehe).

// Trash of The Count’s Family [HR]

Alias: I Became the Countess Fool; Pembuat Onar di Keluarga Count; Trash Count
Author: Byeol Narae, Yu Ryeo Han
Artist: PAN4
Genre: action, adventure, comedy, fantasy

Review Trash of The Count's Family; I Became the Countess Fool; Pembuat Onar di Keluarga Count; Trash Count - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

Ketika aku membuka mata, aku berada di dalam novel. Tidak hanya itu, aku berada di dalam tubuh sampah keluarga bangsawan yang terkenal … Dan protagonis yang sangat kuat, Choi Han, yang memukuliku sampai babak belur di dalam novel akan segera tiba.

Catatan:

Bertemakan kerajaan di dunia fantasi. Karena jadi villain, MC kita gak pengen kena death flag dan ingin menjalani kehidupan keduanya dengan bahagia. Tapi tidak semudah itu ferguso!

Art-nya oke, ceritanya juga menarik, tapi kok … kayak ada yang kurang gitu? Baca aja dulu deh (wkwk).

Oh ya, manhwa ini bukan manhwa b0yslove (BL/y4oi) yak. Novelnya sendiri sudah mencapai ratusan chapter namun belum ada tanda-tanda siapa yang jadi heroine si MC. Yups, kamu gak bisa mengharapkan cinta-cintaan di manhwa ini, setidaknya hingga beberapa ratus chapter … atau bahkan sampai tamat pun gak ada heroinenya (wkwkwk).

Yah … manhwa ini bersumber dari novel, dan novelnya sendiri belum tamat hingga awal tahun 2023 sekarang. Sejauh ini MC hanya dikelilingi teman-temannya saja, yang rata-rata cowok. Hal ini membuat banyak reader terutama cewek, yang mulai ngeship MC dengan kawan-kawannya. Banyak fanart geh yang dibuat para fans. Terlepas dari itu, mimin sudah membaca hingga chapter 92 dan tidak menemukan tanda-tanda BL. Jadi ya, kalian para cowo boleh membacanya tanpa khawatir melihat scene y4oi.

SAY NO TO LGBTQ!

// Worn and Torn Newbie

Author: Bonui
Artist: Redice Studio
Genre: action, adventure, fantasy

Review Worn and Torn Newbie - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Sinopsis:

15 Tahun sebelum penutupan layanan. akhir yang cuman diketahui olehku. ‘aku veteran’.

Catatan:

Manhwa yang agak mirip sama manhwa The Legendary Moonlight Sculptor. Bedanya di sini MC-nya kismin tapi gak tau diri. Meski begitu, kalo masalah game-mah … wiih jagonya cuy! Lumayan menghibur di waktu luang.

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa terbaik tahun 2020 versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
—- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA —-


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia