Dijamin Seru! 60+ Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa [Update 2023]

Halo guys! Pada kali ini Min Aezi akan membagikan daftar 60+ rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa. Artikel rekomendasi ini akan selalu mimin update ya, jadi pastikan kalian bookmark blog @idyourzee agar kalian bisa judul-judul manhwa terbaru yang viral dan rekomended. Lets begin the adventure!

Daftar isi:

  1. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023
  2. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022
  3. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021
  4. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020
  5. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019
  6. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018
  7. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah

60+ Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa [Update 2023]

Halo manhwa lovers! Bertemu kembali dengan Min Aezi, dengan artikel rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa! Meski ditulis sepanjang masa, sebenarnya mimin hanya menuliskan manhwa-manhwa yang pernah mimin baca aja sebelumnya. Jadi pasti ada manhwa yang mungkin kamu sukai namun tidak ada di daftar rekomendasi ini. Jika iya, cantumkan judul di komentar agar mimin dan temen-temen reader yang lainnya bisa tahu keseruan kamu ketika membacanya.

Sebelum lanjut ke daftar rekomendasi manhwa terbaik ini, mimin akan bahas sekilas dulu nih tentang manhwa yang sering disebut webtoon dan keterangan dari format daftar rekomendasi di bawah. Kedua hal ini boleh kamu skip dan langsung pergi ke bagian daftarnya, namun mimin sarankan agar membaca setidaknya sekali di awal sehingga artikel rekomendasi ini bisa kamu pahami dengan baik.

Perihal Manhwa dan Webtoon

Ini loh guys yang sering kalian tanyakan. Ada yang bilang manhwa, ada yang bilang webtoon juga (bahkan ada yang bilang Komik Korea, loh!). Kalau kalian baru terjun ke dunia per-komikan, maka kedua istilah tersebut pasti agak membingungkan.

Jadi mana yang bener min, manhwa atau webtoon?

Singkatnya sih gini guys, manhwa adalah sebutan untuk komik yang berasal dari Korea, sedangkan webtoon merupakan komik yang dipublikasikan secara digital. Oleh karena itu, artikel ini mimin kasih judul rekomendasi manhwa terbaik, bukan rekomendasi webtoon terbaik, karena hanya manhwa yang akan mimin bagikan di daftar ini.

Webtoon sendiri enggak selalu berbentuk manhwa ya guys. Semua komik yang dirilis secara digital bisa disebut webtoon. Baik itu komik western, komik Jepang (manga), komik China (manhua), maupun komik Korea (manhwa). Sebutan komik memang bermacam-macam, namun keempat sebutan ini yang paling populer, setidaknya di Indonesia.

Oh, ya. Selain webtoon, komik yang dipublikasikan secara digital juga sering disebut webcomic.

Lalu kenapa banyak orang yang suka menyebut Komik Korea dengan sebutan webtoon?

Alasannya sederhana, karena penerbit WEBTOON (bukan ‘webtoon’) berasal dari perusahaan Naver Webtoon di Korea. Yups, kebanyakan orang menyebut manhwa dengan sebutan WEBTOON karena kebanyakan manhwa tersebut terbit di platform WEBTOON. Hal ini membuat orang-orang lebih familiar dengan sebutan webtoon daripada manhwa itu sendiri. WEBTOON sendiri bisa diakses melalui aplikasi yang dapat kamu instal melalui play store atau app store, atau melalui website resminya di webtoons.com/id.

Kesimpulannya yaitu, ada webtoon yang artinya komik digital, dan ada WEBTOON yang merupakan nama aplikasi baca komik digital dari Korea. Nah, karena aplikasi WEBTOON tersebut sangat populer di seluruh dunia, maka orang-orang mulai sering menyebut Komik Korea sebagai webtoon.

Informasi selengkapnya terkait hal ini, kamu dapat lihat artikel berikut: Perbedaan Komik, Webtoon, Manga, Manhua, dan Manhwa.

Keterangan Format Daftar Rekomendasi

Format daftar rekomendasi kali ini yaitu // Judul, Genre, Alias, Author, Artist, Sinopsis, dan Catatan. Berikut keterangannya!

  • // Judul
    Pada beberapa judul, mimin tambahkan kata END dan HR. Kata END artinya manhwa tersebut sudah tamat, sedangkan kata HR merupakan singkatan dari Highly Recommended yang artinya manhwa tersebut secara pribadi sangat mimin rekomendasikan.
  • Alias
    Alias adalah nama atau judul lain dari manhwa tersebut yang banyak dikenal. Umumnya hal ini terjadi karena manhwa tersebut sudah dirilis di negara-negara lainnya, sehingga judulnya berbeda.
  • Author
    Author adalah pembuat manhwa tersebut, dan sering mengacu pada penulis cerita aslinya.
  • Artist
    Artist adalah seseorang atau kelompok yang mengerjakan art (penggambaran) manhwa tersebut.
  • Genre
    Soal genre kayaknya enggak perlu dikasih tahu lebih lanjut ya. Info lengkap soal arti dari genre bisa kamu cari di internet.
  • Sinopsis
    Sinopsis manhwa tersebut. Tapi ingat, jangan menilai manhwa dari sinopsisnya!
  • Catatan
    Kolom catatan bisa dibilang pandangan mimin terhadap manhwa tersebut. Yah, kalian boleh menyebutnya ulasan singkat, curhatan, atau apapun itu. Mimin juga tidak akan memberikan spoiler keras di sana, jadi kamu bisa dengan tenang membaca.

Oh, ya! Terkait gambar yang dipakai, beberapa memang cover sih, tapi selebihnya mimin ambil secara acak dari chapter-chapter tertentu yang mimin anggap cukup bagus untuk menarik perhatian.

DISCLAIMER:
Semua gambar yang tersedia di artikel ini mimin ambil dari sumber terbuka. Jika ada gambar di bawah yang mungkin berlisensi tertentu atau kepemilikan pribadi, harap kontak mimin di laman kontak agar selanjutnya dapat dihapus. Terima kasih :).

Satu lagi, karena page menjadi berat dan lama termuat, mimin melakukan page split (lamannya dipisahkan) berdasarkan tahun-tahun rilis manhwanya. Oleh karena itu, pada laman ini mimin hanya akan membagikan dua judul manhwa sebagai perwakilan dari semua manhwa yang dirilis pada tahun yang sama. Kamu dapat melihat semua daftar rekomendasi manhwanya sesuai tahun manhwa tersebut dirilis.

Langsung saja, berikut daftar rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa versi Aezi Top Recommendation (s.id/AeziTR)!

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2023

// Drug-Eating Genius Mage

Alias: Drug Eating Genius Mage
Author: Geul Geun Yook, Yeoun
Artist: Gom Choi (Terapin)
Genre: action, adventure, drama, fantasy, sci-fi, shounen

Review Drug-Eating Genius Mage - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Protagonis kita adalah seorang pro gamer: Dengan menghabisakan waktu selama berjam-jam, akhirnya dia mengalahkan boss terakhir dari World Ver2.0. Setelah itu, dia mulai membuat karakter untuk rilisan terbaru World Ver3.0, dan memutuskan untuk mengambil risiko dengan membuat karakter Ultimate Mage disertai buff layaknya cheat dan debuff terburuk menggunakan sistem Penalty-Benefit.

“Lagian ini cuma game” pikirnya, tidak peduli seburuk apapun Penalty yang dia dapat, BUKAN?

Tetapi ketika dia membuka mata, dia sadar kalau dia berada di dalam game. Hal terakhir yang dia ingat adalah layar loading ….

Catatan:

Manhwa ini merupakan manhwa yang dibuat oleh studio yang sama dengan manhwa Damn Reincarnation dan Player Who Returned 10.000 Years Later. Studio yang menangani manhwa ini adalah studio Terapin, salah satu studio top-tier di dunia manhwa.

Protagonis kita merupakan tipe mc yang kuat, badass, dan jenius … pokoknya setiap orang yang ngeremehin dia bakal terkaget-kaget deh. Yups, mc kita adalah mc standar di genre shounen. Dia kuat namun tidak ingin kekuatannya terekspos. Jika kamu suka tipe mc yang kuat namun menyembunyikan kekuatannya, maka manhwa ini cocok untuk kamu baca.

Sejauh yang mimin baca dalam puluhan chapter, mc kita tidak memberikan tanda-tanda kenaifan layaknya rata-rata mc shounen. Justru karena kejeniusannya, kita akan merasa bahwa tak ada kekurangan apapun yang dimilikinya. Namun bukan berarti manhwa ini sama seperti komik isekai kebanyakan, karena kamu tidak akan menemui hal-hal yang aneh dengan mc kita kali ini. Dia memang sudah kuat dari awal, namun ada risiko berat jika menggunakan kekuatannya. Itulah yang dimaksud sistem Penalty-Benefit yang tercantum di sinopsis.

Abstraknya, mc kita merupakan seorang gamer yang tiba-tiba hidup di dalam tubuh karakter yang dibuatnya. Sayangnya karakter tersebut ia buat dengan sistem pinalti sehingga tidak bisa hidup tanpa memakai nark*b*.

Dilain sisi, mc kita sangat jenius dan bisa memperhitungkan semua aspek untuk menguntungkannya.

Manhwa ini juga berlatarkan dunia modern dengan teknologi yang sudah sangat maju. Yah, seperti dunia cyberpunk namun tidak terlalu over RGB (wkwkwk).

Mimin sendiri cukup suka manhwa dengan karakter-karakter yang jenius di dalamnya, seperti Reaper of the Drifting Moon. Jadi yap, manhwa ini menurut mimin sangat enjoyable untuk dibaca. Tapi kedepannya ya mimin enggak tahu, apa tetap enjoyable atau tidak, mengingat manhwa ini baru dirilis di awal tahun 2023 dan kemungkinan masih sangat lama untuk mencapai chapter terakhir.

// The Demon Prince Goes to the Academy

Alias: –
Author: Geul Jengi S
Artist: Ronopu
Genre: action, fantasy

Review The Demon Prince Goes to the Academy - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Aku mati ketika membaca komentar pedasdari para haters di novelku.

Aku sudah terkejut dengan kematian yang mendadak, tetapi sesuatu yang disebut ‘Grim Reaper’ muncul dan memberitahuku kalau menjadi penulis buruk juga termasuk dosa. Untuk menebus dosa itu dan pergi ke surga, aku diberitahu agar bertahan hingga akhir dari salah satu novel yang kutulis.

Dan begitulah, aku masuk ke dunia novelku yang berjudul ‘Raja Iblis Telah Mati’ …

“Sialan!! Kenapa hal ini harus terjadi padaku?!”

Sangat disayangkan, karakterku di dunia itu ternyata Pangeran Iblis, seseorang tanpa bakat—yang mati di prolog cerita!!

Catatan:

Mengisahkan tentang seorang penulis yang sering menggantungkan tulisannya, sehingga mendapat azab untuk menyelesaikan ceritanya meskipun telah mati (aowkaowkaowk).

Terlepas dari judulnya yang, yah … terlihat membosankan. Jujur, plot dan art manhwa ini sangat menarik.

Tampilkan judul-judul manhwa terbaik di tahun 2023 lainnya

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2022

// The Reaper

Alias: Grim Reaper’s Floating Moon; Reaper of the Drifting Moon
Author: Woo-Gak, Mogin
Artist: INKYO
Genre: action, drama, fantasy, martial arts

Review The Reaper; Grim Reaper's Floating Moon; Reaper of the Drifting Moon - Pyo Wol Revenge - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

‘Dia merupakan bagian terdalam di Jianghu. Buka matamu lebar-lebar jika tidak ingin diseret ke dalam jurang yang paling dalam.’

Bocah yang diculik telah dilatih selama 7 tahun di kegelapan untuk sebuah tugas pembunuhan yang berjalan kacau.

Catatan:

Satu lagi manhwa dari sang legendaris murim Korea, Woo-Gak. Pada manhwa ini, kamu akan bertemu dengan MC anti naif yang jenius bernama Pyo-wol. Dia diculik dan dibesarkan untuk menjadi assassin demi sebuah misi. Sayangnya misi tersebut tidak berjalan lancar dan kisah setelahnya menjadi jalan cerita di manhwa ini.

Manhwa ini menjadi salah satu manhwa top tier baik dari segi plot maupun artnya. Novelnya sendiri banyak mendapat review yang bagus, jadi kita hanya perlu berharap agar art-nya tetap konsisten.

// Ending Maker

Alias: –
Author: Chwiryong
Artist: DOES
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, martial arts, sci-fi, shounen

Review Ending Maker- CORDELIA - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Terdapat dua pahlawan dari seri game “Legend of Heroes 2”, player terbaik dari yang terbaik.

Kang Jin-ho di tempat pertama dan Yoo Hee-in di tempat kedua.

Suatu hari, keduanya terbangun sebagai karakter avatar di dalam game favorit mereka. Hanya ada satu masalah, yaitu game “Legend of Heroes 2” berakhir dengan kehancuran dunia manusia.

Setidaknya ada dua dari mereka, #1 dan #2 di peringkat server. Jika ada yang bisa mengatasinya, itu seharusnya mereka!

Catatan:

Ending Maker mengisahkan dua orang player yang tiba-tiba masuk ke dunia game yang mereka mainkan. Protagonisnya ada dua, yaitu si #1 dan si #2 di peringkat server. Keduanya berusaha menghindari ending asli dalam game yang mengenaskan, itulah maksud dari judul ‘Ending Maker’.

Manhwa ini diadaptasi dari novel populer berjudul sama. Artnya juga bagus, penuh akan warna layaknya manhwa shoujo kebanyakan (mimin juga bingung kenapa sih manhwa shoujo artnya rata-rata bagus, padahal ceritanya blueeh … biasa aja coy!). Tapi ini bukan manhwa shoujo kok, mengingat MC kita di sini ada yang cwk dan cwk.

Kamu bisa berekspetasi tinggi dari manhwa ini.

Tampilkan judul-judul manhwa terbaik di tahun 2022 lainnya

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021

// 66666 Years: Advent of the Dark Mage

Alias: A Black Wizard Reincarnated in 66666 Years; A Warlock Reincarnated After 66666 Years; Black Mage Reborn After 66666 Years; Reincarnated Into A Warlock 66,666 Years Later; The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years
Author: Hwabong, Taru
Artist: Pasa
Genre: adventure, fantasy

66666 Years: Advent of the Dark Mage - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Diablo Volfir, seorang Dark Magician yang sangat kuat, telah dikalahkan dan disegel oleh kedua belas dewa. Akhirnya dia terbangunkan setelah 66.666 tahun lamanya dalam tubuh seorang bayi yang baru dilahirkan bernama Jamie Welton.

Sembilan tahun kemudian, dengan pengetahuan kehidupannya dulu dan rasa kasih sayang keluarga barunya yang memberikan rasa damai, Jamie berencana melakukan balas dendam kepada dua belas dewa yang telah menyegelnya.

Catatan:

Sebuah manhwa yang menceritakan kisah seorang (yang dianggap) penjahat melawan dewa (yang dianggap) baik. Manhwa ini mempunyai alur cerita yang disusun dengan baik dan cukup terasa emosional.

// Return of the Mad Demon

Alias: The Return of the Crazy Demon
Author: Yu Jinseong
Artist: JP, LEE Hi
Genre: action, comedy, fantasy, martial arts

Return of The Mad Demon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Yi Zaha, si Mad Demon yang tergila-gila untuk menjadi ahli beladiri terkuat di Murim, telah mati. Dia berhasil mencuri pusaka sekte iblis sehingga seluruh anggota sekte iblis memburunya. Meski dikalahkan, dia enggan memberikan pusaka tersebut dan lebih memilih bunuh diri ke dalam jurang setelah menelan pusaka tersebut. Meski begitu, takdir berkata lain. Yi Zaha tidak mati, melainkan kembali ke saat dirinya masih muda dan lemah. Dengan pengetahuannya akan masa depan dan ilmu beladiri yang telah dia pelajari, Yi Zaha sekali lagi berniat untuk menjadi dewa beladiri!

Catatan:

Kebanyakan manhwa beladiri atau martial arts hanya mengandalkan adegan pertarungan dan kisah balas dendam, sehingga pembaca mungkin cepat bosan. Termasuk juga manhwa ini, namun ada perbedaan di mana banyak adegan kocak yang menjadi poin tambahan.

Seperti Path of the Shaman yang dirilis tahun 2020 lalu, Return of the Mad Demon juga mempunyai MC yang rada sinting. Bisa dibilang keduanya mempunyai banyak kesamaan, baik dari segi cerita maupun pengkarakteran-nya. Highly recommended!

Tampilkan judul-judul manhwa terbaik di tahun 2021 lainnya

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020

// SSS-Class Revival Hunter

Alias: SSS-Class Hunter That Needs To Die To Live; SSS-Class Suicide Hunter; SSSCSH
Author: Neida, Sinnoa
Artist: Bill K
Genre: action, adventure, fantasy, supernatural

SSS-Class Suicide Hunter - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

“Aku menginginkan skill Rank-S juga! Aku sangat menginginkannya, aku rela mati untuk mendapatkannya!” Tiba-tiba menara mengabulkan permintaannya.
[Kamu telah membangkitkan skill S-Rank.]
[Tapi itu hanya bekerja saat kamu mati.]
“HUH !? APA GUNANYA MENDAPATKAN SKILL INI JIKA AKU MATI !?”

Catatan:

Salah satu manhwa yang masuk nominasi penghargaan “SI PALING DEPRESI”.

Yups, MC kita di manhwa ini merupakan tipe average person, which is bikin mimin rada-rada geuleuh melihatnya. Tapi tenang, MC kita tidak sebodoh yang kita kira. Dia mendapatkan kekuatan rank S yang paling dia idamkan, dan berubah dari orang biasa menjadi MC yang sebenarnya.

Berlatarkan dunia di mana suatu hari tower-tower bermunculan. Setelah itu, manusia menjadi hunter yang berburu di tower-tower tersebut. Dari segi cerita, mimin sangat menyukainya. Dari segi art, manhwa ini juga sudah termasuk top tier. Oleh karena itulah mimin sangat merekomendasikannya!

// Trash of The Count’s Family

Alias: I Became the Countess Fool; Pembuat Onar di Keluarga Count; Trash Count; Trash of the Count’s Family
Author: Byeol Narae, Yu Ryeo Han
Artist: PAN4
Genre: action, adventure, comedy, fantasy

Trash Count -  - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Ketika aku membuka mata, aku berada di dalam novel. Tidak hanya itu, aku berada di dalam tubuh sampah keluarga bangsawan yang terkenal … Dan protagonis yang sangat kuat, Choi Han, yang memukuliku sampai babak belur di dalam novel akan segera tiba.

Catatan:

Bertemakan kerajaan di dunia fantasi. Karena jadi villain, MC kita gak pengen kena death flag dan ingin menjalani kehidupan keduanya dengan bahagia. Tapi tidak semudah itu, Ferguso!

Art-nya oke, ceritanya juga menarik, tapi kok… kayak ada yang kurang gitu…? Baca aja dulu deh (wkwk).

Oh ya, manhwa ini bukan manhwa b0yslove (BL/yaoi) yak. Novelnya sendiri sudah mencapai ratusan chapter namun belum ada tanda-tanda siapa yang jadi heroine si MC. Yups, kamu gak bisa mengharapkan cinta-cintaan di manhwa ini, setidaknya hingga beberapa ratus chapter … atau bahkan sampai tamatpun gak ada heroinenya (wkwkwk).

Yah … manhwa ini bersumber dari novel, dan novelnya sendiri belum tamat hingga awal tahun 2023 sekarang. Sejauh ini MC hanya dikelilingi teman-temannya saja, yang rata-rata cowok. Hal ini membuat banyak reader terutama cewek, yang mulai ngeship MC dengan kawan-kawannya. Banyak fanart geh yang dibuat para fans. Terlepas dari itu, mimin sudah membaca hingga chapter 92 dan tidak menemukan tanda-tanda BL. Jadi ya, kalian para cowo boleh membacanya tanpa khawatir melihat scene y4oi.

SAY NO TO LGBTQ!

Tampilkan judul-judul manhwa terbaik di tahun 2020 lainnya

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019

// Legend of the Northern Blade

Alias: The Legend of the Northern Blade
Author: Woo-Gak
Artist: Hae-Min
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts, romance

Legend of the Northern Blade -  - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Ketika dunia diliputi kegelapan oleh ‘Silent Night’, Seniman Bela Diri dari seluruh tempat berkumpul untuk membentuk ‘Sekte Surgawi Utara’. Dengan kekuatan luar biasa dari Sekte Surgawi Utara, Silent Night didesak mundur jauh dan orang-orang mulai menikmati kedamaian sekali lagi. Namun, seiring berjalannya waktu para seniman bela diri dari daratan mulai berkonspirasi melawan ‘Sekte Surgawi Utara’, dan akhirnya menyebabkan kematian Pemimpin Sekte Generasi Keempat, Jin Kwan-Ho. Ketika semua orang meninggalkan sekte, putra satu-satunya Jin Kwan-Ho, Jin Mu-Won tertinggal. Mu-Won tidak pernah belajar apapun tentang seni bela diri, tetapi ia akhirnya menemukan Teknik Martial diam-diam ditinggalkan oleh ayahnya dan mulai memperoleh seni bela diri dari Sekte Surgawi Utara. Lalu suatu hari, seorang gadis misterius muncul di hadapan Mu-Won … !!

Catatan:

Salah satu manhwa yang berlatarkan di dunia murim, di mana ahli beladiri berkeliaran dan terdapat sekte-sekte yang kuat. MC kita merupakan tipe orang yang bodo amat. Fokusnya cuman mencapai tujuannya aja, selebihnya ia gak terlalu peduli.

Manhwa ini mempunyai premis cerita yang anti mainstream dengan tipikal komik martial arts kebanyakan, didukung dengan art-nya yang unik dan semakin berkembang. Mimin pribadi sangat merekomendasikannya, karena jujur, membaca manhwa ini memberikan kesan seperti menonton trilogi Pendekar Rajawali.

// The Second Coming of Gluttony

Alias: The Second Coming of Avarice; Второе пришествие обжорства; 탐식의 재림
Author: KIM Jong-il, Ro Yu-jin
Artist: Ahn Jonghyuk – Akeo Studio
Genre: Action, adventure, drama, fantasy, supernatural

The Second Coming of Gluttony - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Seorang penduduk bumi yang bertarung hingga kematian menjemputnya telah diberikan permohonan oleh dewa, apapun permohonan yang dia inginkan akan dikabulkan. Namun sayangnya keadaan berubah…

Catatan:

TSCoG merupakan sequel dari manhwa berjudul Memorize. Manhwa ini menceritakan seorang Earthling (petarung dari Bumi) yang sedikit demi sedikit mendapat ingatan-nya dari masa depan.

Meski sequel, TSCoG lebih dulu diadaptasi ke bentuk komik daripada Memorize. Art manhwa ini mengikuti zaman, dan art season 2 sudah bagus untuk standar tahun rilisnya.

Tampilkan judul-judul manhwa terbaik di tahun 2019 lainnya

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018

// Skeleton Soldier Couldn’t Protect the Dungeon

Alias: Skeletal Soldiers Could Not Protect the Dungeon; Skeleton Soldier; The Skeleton Soldier Failed to Defend the Dungeon
Author: Sosori (소소리), Wolhet
Artist: Ant Studio, Kangye Seul
Genre: Action, adventure, drama, fantasy, supernatural

Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Tujuan satu-satunya adalah untuk melindungi tuannya. Namun dia tidak berdaya untuk melindunginya. Tapi takdir memiliki lebih banyak untuknya saat dia mendapat kesempatan lain untuk melindungi tuannya sekali lagi dan mengubah takdirnya.

Catatan:

Menceritakan seorang undead (tengkorak) sekaligus regressor yang mencari jati diri. Plot ceritanya menarik dan dikemas dengan baik. Misalnya kisah setelah regresi, time-skip diadakan sehingga cerita tidak berlarut-larut dalam konflik yang sama.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon

Kita akan disajikan perjalanan skeletal lemah, berwujud tulang belulang yang bisa remuk dalam sekali pukulan, menjadi ksatria yang hebat. MC kita tidak kuat secara tiba-tiba, melainkan bertahap sesuai porsi konfliknya. Selain itu, unsur drama yang disajikan cukup kental. Kamu dapat merasakan perasaan campur-aduk ketika membaca.

Jika kamu belum membaca sama sekali, mimin sarankan untuk mulai marathon sampai ending season 2. Yups, alur cerita manhwa ini memang lambat, jadi kamu mungkin bosan saat marathon.

Setelah sampai di chapter paling terbaru, lebih baik jangan membaca setiap minggu. Ditabung aja dulu sampai agak banyak chapternya. Kenapa? Karena dari pengalaman mimin, baca 1 chapter/minggu manhwa ini sangat membosankan (wkwk). Feels yang didapat sangat berbeda dibanding marathon. Tapi yah… itu cuman saran aja. Kamu mau baca 1 ch/minggu juga no problemo!

Art manhwa ini juga mengikuti zaman. Setiap season awal, art manhwa ini selalu di upgrade sehingga kamu mungkin kaget jika mimin gak kasih tahu di catatan ini. Tapi sayang banget yah udah mimin spoiler sekarang (aowkawokawoako). Yah, jangan dendam deh. Lagian spoiler ini bukan spoiler cerita utama.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon

// The Beginning After The End

Alias: Awal dari Akhir; The Beginning of The End
Author: TurtleME;
Artist: Fuyuki23 (Studio Duta Permana)
Genre: Action, adventure, comedy, fantasy

The Beginning After The End - Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa by @aezife (s.id/AeziTR)

Sinopsis:

Raja Grey yang mempunyai kekuataan, kekayaan dan prestise tak tertandingi di dunia yang kemampuan bela diri menentukan nasib seseorang. Bereinkarnasi ke dunia penuh sihir dan monster setelah dibunuh secara diam-diam. Sang raja punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan masa lalunya dan pencarian alsan kenapa dia bisa terlahir kembali serta perannya di dunia baru ini.

Catatan:

Fantasy, returner, OP, badass, revenge, romance, popular … semuanya dibabat habis di manhwa ini. Tapi jangan salah loh, karena manhwa ini ceritanya seru abiezz!

Yups, banyak komik yang mengusung tema atau genre mainstream seperti ini. Saking banyaknya, orang-orang mulai menganggap komik-komik fantasi itu banyak yang ceritanya ecek-ecek, gak berbobot. Dari awal udah OP, sampe gak ada villain yang bisa ngimbangin,

Tapi mimin jamin deh, manhwa TBATE ini beda! Eh, maksudnya sama, tapi beda! Ya intinya gitu deh, baca aja dulu biar gak penasaran.

Ngomong-ngomong, beberapa unsur di manhwa TBATE ini agak mirip dengan Mushoku Tensei. Authornya sendiri bilang kalau salah satu inspirasinya ketika membuat manhwa TBATE adalah Mushoku Tensei. Jadi wajar kalau beberapa unsur dalam manhwa ini mirip dengan Mushoku Tensei. Jika kamu suka novel, manga, atau anime mokuten, kamu juga pasti suka manhwa ini deh, atau sebaliknya.

Tampilkan judul-judul manhwa terbaik di tahun 2018 lainnya

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2017 ke Bawah

// Marry Me!

Alias: Marry Me (YUUKI Miku); PNS Kawin Kontrak
Author: YUUKI Miku
Artist: YUUKI Miku
Genre: romance, slice of life

Marry Me! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Cerita berpusat pada seorang PNS 28 tahun bernama Akiyasu Shin. Shin ditunjuk untuk ikut serta dalam program baru pemerintah yang disebut “Hukum Perlindungan NEET”. Projek ini menikahkan pegawai pemerintahan dengan seorang NEET, dengan tujuan merehabilitasi dan mengenalkan ulang mereka ke masyarakat. Masalahnya adalah, pasangan Shin, Sawamoto Himari, telah didaftarkan tanpa sepengetahuan dirinya sendiri.

Mampukah Shin memenangkan hatinya? Atau apakah perjodohan mereka akan batal?!

Catatan:

Manhwa ini menceritakan kehidupan sehari-hari pasutri yang menikah karena keadaan. Si cowo menikah karena pekerjaan, sedangkan si cewe menikah karena sosialita.

Manhwa ini sangat heart warming dan cocok untuk kamu yang sedang dalam masa pendewasaan. Manhwa ini juga cukup realistis sehingga banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa kamu ambil.

Oh ya, manhwa ini tersedia dalam Bahasa Indonesia di WEBTOON, resmi dan gratis!

PERINGATAN: Tidak cocok untuk pembaca douj*n h*nt*i dan po**hwa, karena akan membuat kalian tersiksa! Alasannya bisa kamu temukan setelah membaca manhwa ini, setidaknya sampai 100 chapter.

Eh, tapi kalo dipikir-pikir, kayaknya manhwa ini cocok untuk merehabilitasi pikiran dari manhwa-manhwa NSFW deh. Silakan dicuba~

// The Legendary Moonlight Sculptor

Alias: Legendary Moonlight Sculptor
Author: Grimza, KIM Junhyung, LEE Do-gyeong, NAM Heesung
Artist: Grimza, Kim Tae-Hyung, PARK Jeong Yeol, SHIN C
Genre: Action, adventure, comedy, drama, fantasy, martial arts, romance, sci-fi, slice of life

The Legendary Moonligth Sculptor - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Sinopsis:

Orang yang ditinggalkan dunia, yang dikenal sebagai Dewa Perang Legendaris di Benua MMORPG Sihir yang sangat populer. Dengan usia yang semakin menua, ia memutuskan untuk pensiun. Ia mencoba untuk menjual avatar-nya, dan hasilnya sangat mengejutkan. Avatar legendaris miliknya terjual sekitar harga Rp 37 milyar!

Dengan uang itu ia dapat melunasi semua hutangnya. Setelah itu, ia memutuskan untuk bermain kembali di game MMORPG lain yang baru rilis, Royal Road. Ini adalah kisah legenda Lee Hyun di jalannya untuk menjadi Kaisar untuk keluarga tercintanya, kerakusan akan uang, pikiran yang penuh twist, dan tubuh yang rajin ditempa dan bakat dari kerja keras.

Catatan:

Manhwa ini bertemakan game dan diselipi Slice of Life yang cukup kental. Alurnya berbobot dengan pengenalan karakter yang mendalam sebelum ceritanya meluas. Awal season art-nya cukup jadul, sesuai tahun dirilisnya. Namun artnya semakin membaik, dan di season terakhir art-nya bisa dibilang sudah di atas standar saat itu.

Hal yang kusukai dari manhwa ini adalah emosi yang didapat saat membacanya. Feels yang didapat naik-turun dengan pesan kehidupan yang lumayan banyak.

MC kita di sini sangat kismin di awal, itungan, dan rajin saking rajinnya ia sampe lupa waktu. Sayangnya manhwa ini masih hiatus di awal tahun 2022, dan belum ada kabar akan berlanjut.

Tampilkan judul-judul manhwa terbaik di tahun 2017 ke bawah lainnya


Nah, itulah rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa versi Min Aezi. Semoga menghibur dan jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya~.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia