Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022

Temukan daftar rekomendasi manhwa terbaik tahun 2022 versi Aezi hanya di blog @idyourzee.

Halo manhwa lovers! Bertemu kembali dengan Min Aezi di artikel rekomendasi manhwa terbaik tahunan terbaru. Tahun 2022 telah berlalu dan sekarang kita telah mencapai tahun baru di angka 2023.

Wah, gak kerasa banget ya guys~

Jujur, tahun 2022 adalah tahun yang sulit bagi mimin. Jika kalian suka membaca pembukaan artikel rekomendasi manhwa tahunan yang mimin buat, kalian pasti sadar kalau mimin suka curhat di sana. Mimin suka curhat singkat tentang kehidupan yang mimin jalani selama setahun terakhir, dan mimin pernah bilang kalau mimin adalah orang Cianjur.

Yups, pada bulan November tahun 2022 kemarin, terjadi gempa yang mengerikan di Cianjur. Mimin tinggal di wilayah Sesar Cugenang, sehingga dampak gempa mimin rasakan sepenuhnya. Barang-barang hilang, rumah rusak hancur tak bersisa, dan saudara-saudari mimin ada yang meninggal. Keseharian mimin berubah drastis sejak itu ….

Namun setiap kejadian pasti ada kaidahnya. Terlepas dari harta mimin yang hilang dalam sekejap mata, rumah mimin yang kini rata dengan tanah, dan saudara-saudari mimin yang kini telah tiada, mimin bersyukur masih diberi kesempatan untuk menjalani hidup. Entah apa yang terjadi kedepannya, mimin hanya bisa menyiapkannya dengan baik mulai hari ini.

Oke, kembali ke topik awal. Seperti biasa, tahun baru artinya daftar rekomendasi yang baru. Pada kali ini mimin akan membagikan rekomendasi manhwa terbaik yang ada di tahun 2022 kemarin, yang mana judulnya lumayan banyak cuy!

Namun bukan berarti semua manhwa yang dirilis tahun itu udah mimin baca ya~

Yups, daftar di bawah mimin isi dengan manhwa-manhwa yang mimin baca dan cukup menarik sehingga mimin ingin membagikannya kepada dunia. Tapi sebelum lanjut, kamu perlu tahu lebih dulu kalau artikel ini merupakan isi konten dari artikel utama berjudul …

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa!

https://idyourzee.com/rekomendasi-manhwa-terbaik-sepanjang-masa

Artikel di atas merupakan artikel utama yang berisi daftar rekomendasi manhwa dari tahun ke tahun yang telah mimin buat sebelumnya. Jadi kalau kamu belum membacanya, silakan luangkan waktu untuk membacanya nanti, karena siapa tahu ada manhwa yang menjadi favoritmu setelah itu.

Mimin juga sudah menjelaskan perbedaan manhwa dan webtoon di sana, termasuk format daftar rekomendasi yang mimin gunakan pada setiap daftar rekomendasi manhwa. Jadi yah … kayaknya kamu memang perlu baca artikel utamanya lebih dulu deh (wkwkwkk).

Nah, setelah membaca artikel utamanya, yaitu rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa, langsung saja kita lanjut ke isi artikelnya kali ini yaitu rekomendasi manhwa terbaik tahun 2022!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022

// A Dance of Sword in the Night

Alias: In the Night Consumed by Blades, I Walk; Sword Fanatic Wanders Through the Night
Author: JP, YU Jin Sung
Artist: MinskySong
Genre: action, adventure, martial arts, shounen

Review In the Night Consumed by Blades, I Walk; Sword Fanatic Wanders Through the Night - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Diculik ketika masih anak-anak untuk dilatih dalam seni racun, Jin Sohan kembali ke kota asalnya untuk mencari kelompok Penari Pedang Bulan Baru, tempat ia dibesarkan. Namun, sekembalinya, Sohan menemukan para penari pedang telah dikalahkan oleh sekte jahat yang sekarang memerintah daerah itu, dengan beberapa anggota telah diculik. Apa yang akan menjadi reuni yang mengharukan berubah menjadi pencarian balas dendam ketika Sohan memulai pencariannya untuk penari pedang yang tersisa, dan dia bersedia meracuni siapa pun yang menghalangi jalannya.

Catatan:

Sebuah manhwa dari author yang sama dengan manhwa berjudul Return of the Mad Demon. Yups, author yang suka membuat tokoh protagonis sengklek, termasuk pada manhwa kali ini.

// A Modern Man Who Got Transmigrated Into the Murim World

Alias: Modern Man Falling Into the World of Murim
Author: Cheong Ru Yeon, Yep Beop Ryong
Artist: Park Hee Jin
Genre: action, drama, fantasy, historical, shounen

Review A Modern Man Who Got Transmigrated Into the Murim World - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Aku adalah pns yang bekerja sampingan untuk bertahan hidup. Saat sedang mengirim paket di tengah malam, aku tertabrak mobil yang melaju dengan cepat. Ingatanku sangat kuat tentang bagaimana hidupku berakhir dari tabrak lari.

“… Aku Jo Hwi?”

Setelah beberapa hal, aku menjadi putra kedua dari klan Jo Gacheol yang menuju kehancuran. Keluarga ini tidak punya kemampuan untuk mengirim pesan maupun kekuatan untuk mewujudkan kekuatan seseorang. Di sana hanya ada setumpukan tagihan yang bisa membunuh semua anggota keluarga. Hanya ada satu jalan keluar!

“Ayah, tolong wariskan klan Jo padaku.”

Sebuah kisah tentang kesuksesan manusia modern yang mampu memaksimalkan pengetahuannya dan pengalamannya sebagai seorang pns dimulai dari sekarang!

Catatan:

Mc nya sangat gercep terkait percuanan. Seperti pebisnis kebanyakan, dia hanya memilih apa yang bisa menguntungkannya.

Namun kesuksesannya dalam berbisnis bukan karena dia cerdas. Dia memiliki ingatan masa depan, dan roh para leluhur yang membantunya. Tak hanya itu, kekuatannya juga setara dengan para pemimpin faksi dan dia tidak segan-segan untuk berhadapan dengan aliansi murim.

Dari semua kesempurnaan sang mc, justru bisa menjadi kekurangan di sisi pembaca. Jujur, manhwa ini memiliki intro yang menarik. Namun seiring berjalannya cerita, kita akan disadarkan dengan segala hal yang mc miliki membuat manhwa ini kurang menarik lagi.

Yah … terlepas dari itu, manhwa ini memang seru dan artnya juga sudah di atas standar. Worth it untuk dibaca.

Review A Modern Man Who Got Transmigrated Into the Murim World - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee by @aezife

// Absolute Sword Sense

Alias: Perfect Sword Sense
Author: HANJUNG WOLYA, KDRM
Artist: TI
Genre: action, adventure, martial arts, shounen, supernatural

Review Absolute Sword Sense - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Dalam ingatannya, So Woon-hwi hanya menjadi domba hitam keluarga dan klannya. Karena inti rohnya telah dihancurkan, ia tidak punya pilihan selain menjadi mata-mata kelas tiga untuk Blood Cult. Suatu hari, selama misinya untuk menemukan Blade Scroll yang legendaris, dia terbunuh dan dikirim 10 tahun ke masa lalu. Ketika Woon-hwi terbangun, dia sadar telah dikirim kembali ke hari ketika dia diculik oleh Blood Cult, dan dia telah memperoleh kemampuan misterius untuk mendengar suara belati.

Catatan:

Inti dantianmu hancur sehingga kehidupanmu juga berakhir sama, dan kamu akhirnya menelan sebuah skroll aneh (wadefak!). Setelah terbangun, ternyata kamu kembali ke masa lalu, dan bisa mendengar suara senjata cuyy!

// After Ten Milennia in Hell

Alias: Player Who Returned 10,000 Years Later
Author: Butterfly Valley, Joo Kyung Maeng
Artist: 4PLAYER (COPIN)
Genre: action, drama, fantasy, seinen

Review After Ten Milennia in Hell; Player Who Returned 10,000 Years Later - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Oh Kangwoo si raja iblis telah puas dengan menguasai neraka dan ingin kembali ke bumi. Tapi ketika dia berhasil ke bumi, bukan hanya kekuatannya disegel, namun dia melihat bahwa bumi telah berubah menjadi dunia layaknya di sebuah game MMORPG gratisan.

Gerbang dimensional muncul di seluruh dunia, dan para ‘player’ memasukinya untuk mencari nafkah dengan memburu monster. Jika Kangwoo ingin bertahan di game berbahaya ini, dia harus menaikkan levelnya dengan cepat. Tetapi untuk raja iblis yang satu ini, tampaknya neraka di bumi lebih mengerikan daripada neraka yang asli!

Catatan:

MC-nya kuat, keren, dingin, dan suka masakan rumahan cuy! Kurang apalagi coba ….

// Archmage Who Transcends by Returning

Alias: Archmage Transcending Through Regression
Author: Hanbit Nuri, Hong Chang Joo
Artist: Mul Jang Gu
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review Archmage Who Transcends by Returning; Archmage Transcending Through Regression - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Mikhail Walpurgis, satu-satunya penyihir 9-circle di dunia, dikalahkan akibat pahlawan sialan. Meski begitu, dia mampu merapalkan mantra akhir tingkat lanjutan bernama <PENGEMBALI WAKTU>. Sebagaimana waktu diputar ulang, dia kembali ke 20 tahun yang lalu.

“Baiklah. Aku hanya perlu menjadi menggantikannya.”

Catatan:

Di manhwa ini, kita akan disuguhi dengan mc yang cerdas dan sudah kuat sejak awal cerita. Meski begitu, mimin pribadi merasa kalau kisahnya menarik untuk diikuti.

// Barbarian Quest

Alias: –
Author: Baeksu Noble
Artist: Peony
Genre: action, adventure, comedy, drama, historical, mature, seinen

Review Barbarian Quest - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Pegunungan Langit adalah tempat jiwa-jiwa beristirahat, dan yang hidup tidak boleh melewatinya. Itulah yang dipercaya orang-orang.

“Kamu akan menjadi pejuang yang hebat, Urich.”

Urich, pejuang terkuat dari Suku Kapak Batu, telah mencapai apa yang sukunya tak bisa capai, dan melewati Pegunungan Langit.

Apa yang dia lihat adalah pakaian yang berbeda, bahasa yang berbeda, dan orang-orang asing dengan baju baja.

Ini adalah kisah dunia yang belum tersentuh dan orang yang menghadapinya.

Btw manhwa ini kebanyakan cowonya anjirr … gw yg cowo jadi agak aneh bacanya.
– Kucingbulan 2k77

Catatan:

Barbarian Quest adalah manhwa tentang pejuang yang mencari perbedaan. Kita akan disuguhi tentang perjalanan mc yang berasal dari tempat tertutup belajar tentang luasnya dunia.

Mimin pikir setidaknya author manhwa ini terinspirasi dari kisah Ragnar Lodbrok, seorang pejuang biasa yang menjadi raja dan pahlawan karena kemauannya mencari perbedaan. Yups, mc kita juga tidak terpaku dengan tradisi yang melekat di sukunya, dan rela berkorban untuk mempelajari hal-hal baru.

Namun sayang, seiring berjalannya cerita, mimin rasa manhwa ini semakin absurd. Seakan-akan author terus memaksa pembaca agar kagum pada kehebatan sang mc, dengan membuat mc terus menghadapi konflik yang kesannya itu-itu aja.

// Be the Actor

Alias: I Will Live as an Actor
Author: Gogwang, Kim Haema
Artist: Doosi
Genre: drama, fantasy, romance, school life, slice of life

Review Be the Actor; I Will Live as an Actor - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Jang Young-guk meraih kesuksesan besar sebagai aktor pendukung; menerima penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik dan pertama pada Acting Awards.

Sayangnya, pada hari yang membahagiakan itu, ibunya meninggal ….

Dihantui penyesalan selama bertahun-tahun, Young-guk memutuskan untuk mengakhiri hidupnya ….

Sebelum ajal menjemput, terlintas ingatan akan kehangatan ibunya dan kenangan-kenangan damai masa dulu. Dia menyesal baru mengingatnya sekarang ….

Pada saat itulah, dia tiba-tiba kembali ke masa lalu.

“Aku kembali ke masa lalu, yang sangat aku rindukan.”
“Fakta yang tak bisa kuhindari, kehidupanku kali ini pasti ….”

Sekali lagi, kisah tentang seseorang yang ingin hidup sebagai aktor dimulai. Mampukah dia hidup dengan bahagia kali ini?

Catatan:

Sebuah manhwa tentang penyesalan, di mana sang MC meraih impiannya menjadi aktor dengan mengorbankan ibu satu-satunya yang ia miliki.

Manhwa ini memiliki vibes yang mirip dengan manhwa Medical Return, yang membedakan hanyalah pekerjaan sang MC saja. Namun seiring berjalannya cerita, mimin harap manhwa ini tidak berakhir sama seperti manhwa Medical Return, di mana cerita mulai membosankan karena konflik yang disajikan hanya itu-itu saja (kayak sinetron).

// Disciple of the Holy Sword

Alias: Overpowered Sword
Author: ELDO, MKR
Artist: BOLxBAE
Genre: action, drama, fantasy, martial arts, shounen

Review Disciple of the Holy Sword; Overpowered Sword - Elcid - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Leon menghabiskan bertahun-tahun untuk berlatih demi mengalahkan rivalnya, Lionel, di Akademi Kerajaan. Namun semua itu tetap tidak cukup. Hingga suatu hari, pedang suci Elcid muncul dan memilih Leon sebagai pahlawan sekaligus muridnya.

Catatan:

Pernah baca manhwa shounen, kan? Nah, manhwa ini sama seperti manhwa shounen kebanyakan. Bisa dibilang, standar kisah shounen lah ya ….

Sebagai pengingat, 20 chapter awal manhwa ini sangat membosankan. Namun seperti kisah shounen kebanyakan, seiring berjalannya cerita alurnya semakin menarik untuk diikuti.

Kisah yang dibawakan murni di dunia fantasi, tentang hero vs demon king. Sang mc yang menjadi hero karena kerja keras dan bukan takdir, menjadi nilai tambah yang menjadikannya berbeda dari mc hero kebanyakan.

// Dororo Re:Verse

Alias: –
Author: Lee Do Kyung, TEZUKA Osamu
Artist: Teu (트)
Genre: action, drama, fantasy, historical, seinen

Review Dororo Re:Verse - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Lahir di era perang saudara, tubuh “Hyakkimaru” telah dicuri oleh iblis. Dia berburu para iblis untuk mencari kepingan tubuhnya dan memulihkan diri.

Di balik bayangan, dia telah memburu para demon hingga masa kini. Suatu hari, seorang gadis bernama Roro mencarinya. Namun ada yang aneh, karena Roro mempunyai kepingan tubuh Hyakkimaru meskipun bukan iblis.

Dengan membuat kontrak dengan Roro, Hyakkimaru memulai perburuan akhirnya untuk para demon yang tersisa … dan kali ini, semuanya demi menjadi sosok manusia yang sebenarnya.

Catatan:

Dororo merupakan kisah klasik tentang Hyakkimaru yang memburu iblis untuk mendapatkan kembali anggota tubuhnya. Kisahnya telah beberapa kali diadaptasi ke bentuk manga dan anime, hingga sekarang diadaptasi ulang ke bentuk manhwa.

Meski begitu, manhwa Dororo Re:Verse membawakan kisah yang berbeda dari pendahulunya. Yahh … memang benar bahwa tokoh dan kisahnya memang itu-itu aja, tapi alur dan latarnya yang berbeda. Jika di adaptasi yang sebelum-sebelumnya kisah berlatarkan di zaman tradisional, adaptasi di manhwa berlatarkan di zaman sekarang di mana pembunuhan merupakan hal yang tidak lazim.

Iblis-iblis yang ada pun sudah berbaur dengan manusia, dan Hyakkimaru perlu membunuh dalam diam-diam dari balik bayangan.

Dari segi plot kita bisa berharap bahwa adaptasi manhwa ini bisa setara atau bahkan melebihi adaptasi-adaptasi yang sebelumnya. Kamu juga tidak akan kecewa dengan artnya, karena menurut mimin sendiri artnya sudah di atas standar masa kini.

Btw Hyakkimaru pake baju zaman sekarang keren banget coy!!!

// Ending Maker

Alias: –
Author: Chwiryong
Artist: DOES
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, martial arts, sci-fi, shounen

Review Ending Maker- CORDELIA - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Terdapat dua pahlawan dari seri game “Legend of Heroes 2”, player terbaik dari yang terbaik.

Kang Jin-ho di tempat pertama dan Yoo Hee-in di tempat kedua.

Suatu hari, keduanya terbangun sebagai karakter avatar di dalam game favorit mereka. Hanya ada satu masalah, yaitu game “Legend of Heroes 2” berakhir dengan kehancuran dunia manusia.

Setidaknya ada dua dari mereka, #1 dan #2 di peringkat server. Jika ada yang bisa mengatasinya, itu seharusnya mereka!

Catatan:

Ending Maker mengisahkan dua orang player yang tiba-tiba masuk ke dunia game yang mereka mainkan. Protagonisnya ada dua, yaitu si #1 dan si #2 di peringkat server. Keduanya berusaha menghindari ending asli dalam game yang mengenaskan, itulah maksud dari judul ‘Ending Maker’.

Manhwa ini diadaptasi dari novel populer berjudul sama. Artnya juga bagus, penuh akan warna layaknya manhwa shoujo kebanyakan (mimin juga bingung kenapa sih manhwa shoujo artnya rata-rata bagus, padahal ceritanya blueeh … biasa aja coy!). Tapi ini bukan manhwa shoujo kok, mengingat MC kita di sini ada yang cwk dan cwk.

Kamu bisa berekspetasi tinggi dari manhwa ini.

// Existence

Alias: Kehadiran
Author: Gwang Jin
Artist: Kim Kyeong-jun
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review Existence - Lee Ja In x Ah Lee Su - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Suatu hari, dia adalah satu dari kawanan semut. Di hari lainnya, dia menjadi dinosaurus yang besar. Dia adalah reinkarnasi terakhir dari makhluk yang pernah mengalami puluhan ribu jiwa.

Sekarang, dia dilahirkan sebagai manusia dengan kekuatan dari setiap bentuk kehidupan yang pernah dia alami. Kenapa dia punya kemampuan seperti itu? Dia menjawab.

“Aku ada untuk membasmi umat manusia.”

Catatan:

Sebuah manhwa tentang makhluk yang hadir untuk membasmi umat manusia. Dia hadir sejak awal, dan telah merasakan segala bentuk kejahatan manusia. Setelah menjadi manusia, dia sadar kalau eksistensinya adalah untuk kehancuran.

Sejak perilisan perdananya, manhwa ini cukup populer karena plotnya yang menarik, terutama artnya yang sangat-sangat mewah. Tapi yang terpenting adalah … yeahhh, it’s gen*cide time!

// Heavenly Inquisition Sword

Alias: Nine Heavens Swordmaster
Author: Cardok, Jo Jin Young
Artist: Saint Nine
Genre: action, adventure, drama, fantasy, historical, martial arts, shounen

Review Heavenly Inquisition Sword; Nine Heavens Swordmaster (Yeon Jeokha) - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

“Dia adalah master dari Nine Heavens.”

Yeon Jeokha merupakan anak dari seorang selir. Sering dibully oleh ibu dan saudara tirinya, dia kemudian dipenjara di sebuah gudang setelah ayahnya meninggal akibat sakit.

Sudah sepuluh tahun berlalu sejak pelariannya setelah mempelajari seni bela diri yang tidak diketahui dunia.

“Saya menganggap keluarga Yeon dengan rasa pahit yang luar biasa.”

Petualangan tak terhentikan dari satu-satunya pewaris Pedang Inkuisi Surgawi, Yeon Jeokha, dimulai.

Catatan:

Protagonis kita kali ini merupakan anak selir yang sering dibully ibu dan saudara tirinya. Pembullyan itu mencapai puncak setelah ayahnya meninggal, di mana dia diasingkan ke sebuah gubuk tua di sudut rumah. Namun kenaasannya itu membawanya pada peruntungan yang lain. Di gubuk tua, dia menemukan sebuah cermin yang mengajarkannya ilmu bela diri. Ternyata oh ternyata, ilmu yang dia pelajari merupakan salah satu ilmu bela diri terbaik cuyy!
Psst! Nama ilmunya tertera di judul.

Meski begitu, ini bukan manhwa tentang balas dendam. Ini tentang petualangan sang pewaris seni Nine Heavens dalam dunia murim. Mainstream banget, kan? Tapi ceritanya seru kok, dan artnya juga bagus.

// Heavenly Sword’s Grand Saga

Alias: Thousand Sword Techniques
Author: Eunyoul
Artist: GLEE
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, martial arts, shounen

Review Heavenly Sword's Grand Saga; Thousand Sword Techniques (Jaegal) - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Ada orang-orang di dunia yang berpikir bahwa mereka adalah ‘yang terpilih’ oleh surga. Sudah puluhan tahun sejak kekacauan dan perselisihan di antara para pahlawan terjadi karena orang-orang itu. Seorang murid tertentu yang memiliki enam master telah dipercayakan dengan nasib daratan tengah. “Jika kalian adalah surga, maka aku adalah pedang yang akan menembus langit.” Itulah tujuannya … Tidak ada yang bilang dia gendut! Bagaimanapun, sekarang dia ada di sini, dia harus menyelamatkan … dunia … Sialan, turunkan berat badan terlebih dahulu.

Catatan:

Manhwa dari author yang sama yang menulis manhwa The Grand Mudang Saga (2020). Mengisahkan seorang murid dari enam martial master yang kembali ke masa lalu … ke tubuh yang berbeda.

// Helmut [HR]

Alias: Helmut: The Forsaken Child
Author: Honyo, Kim Nan-Sae
Artist: Chae 3 (Studio Khit)
Genre: action, adventure, drama, fantasy, shounen

Review Helmut; Helmut: The Forsaken Child - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Helmut hanyalah bayi ketika ia ditinggalkan di Hutan Pahe, tempat jahat yang penuh binatang buas yang dijadikan tempat pembuangan orang berdosa untuk selamanya. Untungnya, satu binatang buas ajaib dan pendekar pedang yang diasingkan mengasihani dia dan membesarkannya. Tetapi dengan benih gelap yang tumbuh di dalam dirinya, Helmut memutuskan untuk mengambil pedang untuk mencegah benih itu merubah dirinya menjadi jahat. Ketika Helmut tumbuh lebih kuat, dia mencari keluarga yang meninggalkannya, tapi apakah Helmut akan berakhir mengikuti hati manusianya atau insting jahatnya?

Catatan:

Sebuah kisah tentang anak terkutuk yang dibuang untuk mati, namun takdir membuatnya bertahan.

// I’m Not That Kind of Talent [HR]

Alias: Aku bukanlah Orang yang Kalian Bayangkan
Author: Denphy, Emong
Artist: Meona
Genre: action, comedy, drama, fantasy, mature, shounen

Review I'm not That Kind of Talent (Deon Hart, Demon Arut) - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Orang berbakat yang dihormati banyak orang dan diterima di manapun dia berada? Bukan! Seorang penggila pertempuran yang haus darah dan tidak mengenal kekalahan? Bisa jadi!

Kenyataannya, Deon Hart merupakan seorang manusia penyakitan yang batuk berdarah ketika mengalami sedikit stress, kulitnya juga terbakar setelah terkena matahari selama sepuluh menit. Tapi karena kesalahpahaman yang sangat disayangkan, dia menjadi “Demon Arut”, seorang komandan terkenal pasukan ke-0 dari tentara iblis dan tangan kanan raja iblis.

Terlibat dalam perang antara manusia dan ras iblis, Deon harus mencari cara untuk bertahan hidup!

Catatan:

Sebuah manhwa yang menceritakan kisah seorang protagonis dengan dua kepribadian. Yups, MC kita kali ini merupakan mc dengan mentality disorder. Dia punya penyakit mental akibat tubuhnya yang lemah dan sakit-sakitan sehingga keluarganya mengabaikannya dan ia dibuang ke medan peperangan.

Bertahan hidup di medan perang tampak mustahil bagi orang sepertinya. Oleh karena itu, kepribadiannya menjadi ganda. Satu dari dirinya bersifat ‘brutal’ agar bisa bertahan hidup dan balas dendam, sedangkan dirinya yang lain bersifat ‘polos’ yang bisa kita anggap sebagai caranya melarikan diri dari kenyataan.

Jujur, menurut mimin manhwa ini mempunyai plot berbobot dengan cerita yang anti mainstream.

Dulu saat ingin membaca, mimin tidak terlalu tertarik karena banyaknya komentar negatif tentang manhwa ini. Namun benar bahwasanya setiap orang mempunyai selera masing-masing.

Setelah membaca 5 chapter awal, mimin tidak bisa berhenti membaca hingga chapter terbaru yang kala itu hanya sampai chapter 32 saja. Meski begitu, dari 30 chapter tersebut mimin sudah terpesona dengan alur cerita yang enjoyable, tidak terlalu cepat maupun lambat. Parahnya lagi, author kerap menambahkan humor di sela-sela cerita. Hanya saja mimin agak khawatir, mengingat banyak rahasia mc sudah diceritakan di puluhan chapter awal, sehingga bisa jadi manhwa ini menjadi salah satu manhwa yang terasa membosankan setelah mencapai chapter ratusan.

Yah … terlepas dari itu, mimin sangat enjoy marathon manhwa ini. Bagi kalian yang suka mendalami setiap cerita yang dibaca, mimin sarankan agar kalian mencoba manhwa ini.

// Infinite Wizard

Alias: Infinite Mage
Author: Kimchi Woo, kiraz (REDICE STUDIO)
Artist: Themis
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review Infinite Wizard; Infinite Mage - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Ditinggalkan pada sebuah kandang, Shirone dibesarkan oleh rakyat biasa.

Saat masih kecil, dia diberkahi wawasan dan segera bisa belajar membaca. Setelah mengunjungi kota, akhirnya dia tahu cara sihir bekerja, yang selalu membuatnya penasaran.

Hal ini memberinya inspirasi untuk bermimpi menjadi seorang penyihir. Namun kota adalah tempat yang kejam dan memandang hierarki seseorang. Di sanalah Shirone menemukan sisi tersembunyi tentang dunia sebelum dia mencapai kedewasaan.

Mampukah Shirone mencapai impiannya untuk menjadi penyihir di dunia ini?

Catatan:

Infinite Wizard atau lebih sering disebut Infinite Mage merupakan salah satu manhwa dengan protagonis yang sangat jenius. Kita akan disuguhi kisah MC jenius yang mengejar mimpinya menjadi seorang mage, terlepas oleh beban dan kekurangan yang dia miliki.

Jujur, mimin merasa bahwa manhwa ini sangat relate dengan kehidupan para pelajar yang berusaha menempuh pendidikan. Ibarat seseorang yang berasal dari keluarga yang kesulitan ekonomi, berusaha untuk kuliah dan menamatkan studinya untuk menjadi apa yang dia cita-citakan. Perbedaannya terletak pada latar dunia saja, di mana dunia di manhwa ini seperti abad pertengahan yang dipenuhi dengan sihir dan ilmu pedang.

Dari segi plot, mimin rasa cukup seru melihat bagaimana MC mengatasi berbagai hal dengan kejeniusannya. Sedangkan dari segi art, kita bisa berharap banyak mengingat manhwa ini dikeluarkan oleh studio REDICE, studio yang mengeluarkan Solo Leveling dan manhwa-manhwa keren lainnya.

// Is This Hero for Real?

Alias: Is This a Real Hero?; Is This Warrior for Real?
Author: Parnar
Artist: PPAYONG
Genre: action, comedy, drama, fantasy, shounen

Review Is This Hero for Real?; Is This a Real Hero?; Is This Warrior for Real? - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Seperti impian yang menjadi kenyataan, seorang dewi memindahkan Kang Hansoo dan teman-teman sekelasnya ke dunia fantasi sihir untuk menjadi pahlawan. Namun ketika Hansoo menolak untuk merisikokan nyawanya untuk dunia yang bahkan bukan tempat tinggalnya, dewi membuangnya di hutan antah berantah penuh monster agar dia mati.

Saat itulah dia sadar kalau eksistensi dewi tidak seperti yang dia bayangkan selama ini. Dengan bantuan dewi yang lain, dewi outsider, Hansoo menghadapi dunia berbahaya dan berusaha mendapatkan berkat terkuat untuk membantunya bertahan hidup. Tujuannya bukan menyelamatkan dunia, tapi untuk kembali pulang … yah, setidaknya sampai dia balas dendam ke dewi yang membuangnya.

Catatan:

Manhwa ini merupakan manhwa dari author yang sama dengan manhwa FFF-class Trashero. Jika kamu pernah membaca manhwa tersebut, kamu akan tahu banyak persamaan antara keduanya, yang salah satunya yaitu humor yang dibawakan sang mc.

Protagonis kita kali ini merupakan mc yang dibuang oleh dewi setelah dibawa ke dunia lain. Dia ditinggalkan di hutan belantara penuh monster untuk mati. Namun dia bisa bertahan, dengan bantuan dewi outsider, dewi yang diasingkan dan tak dianggap oleh dewa-dewi lainnya.

Setelah menerima berkat dewi outsider, dia menjadi seorang outsider juga. Hal ini menyebabkannya sangat kuat, namun levelnya tidak bisa naik. Levelnya tetap di angka satu meskipun berburu monster yang sangat banyak. Dia juga mendapatkan berkat lainnya dari dewi outsider yang cukup absurd, unik dan aneh.

Hubungan antara dewi outsider dan sang mc inilah yang membuat cerita lumayan seru untuk diikuti … setidaknya untuk selama ini.

// Maxed Out Leveling

Alias: EXCEEDING MAX LEVEL; Level up From Max Level
Author: Hae Mugeuk
Artist: Kim Sang-rok
Genre: action, drama, fantasy, martial arts

Review Maxed Out Leveling; EXCEEDING MAX LEVEL; Level up From Max Level - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Internal Arts level MAX, External Arts level MAX.

Cha Shin-Hyeon, tokoh terkuat dan terkenal di daratan Murim, Jianghu.

Aku kembali setelah mencapai puncak seni bela diri, tapi kenapa terlalu banyak perubahan di Bumi?

Dunia di mana monster-monster keluar dari dungeons, dan para hunter menaikkan level mereka melalui Windows Status.

‘Mulai lagi dari level satu? Itu tida menggangguku sama sekali, sejak seni bela diriku telah mencapai level maksimal.’

Catatan:

Satu lagi manhwa action dengan art yang di atas standar. Maxed Out Leveling merupakan manhwa dengan genre Martial Arts dengan tokoh utama yang badass dan OP (overpower). Tidak seperti manhwa Martial Arts kebanyakan, Maxed Out Leveling memadukan seni beladiri dengan elemen game dan sistem level. Ada juga hunter yang membasmi monster dan dungeons, namun tidak ada tower.

Meskipun bergenre Martial Arts, Maxed Out Leveling tidak berlatarkan di dunia Murim. Memang, awal chapter menceritakan perjuangan sang MC untuk mencapai puncak dunia Murim, namun ia berhasil kembali ke Bumi yang telah berubah.

// My Blasted Reincarnated Life [HR]

Alias: Damn Reincarnation
Author: Kiki, Mokma
Artist: Park Jeong-yeol
Genre: action, adventure, drama, fantasy, shounen

Review My Blasted Reincarnated Life; Damn Reincarnation - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Ketika warrior Hamel mengorbankan dirinya untuk melindungi rivalnya Vermouth Lionhart, ia membuat Vermouth bersumpah untuk menaklukkan raja iblis yang terakhir. Bereinkarnasi dengan ingatannya 300 tahun kemudian, dia terkejut menemukan bahwa tidak hanya raja-raja iblis masih hidup, tetapi bahwa dia telah dilahirkan kembali sebagai Eugene Lionhart, anggota garis keturunan mantan rivalnya dulu! Sekarang, ketika Eugene menjadi dewasa, ia harus berlatih untuk membuktikan dirinya sebagai Lionhart dan menghilangkan raja-raja iblis yang tersisa untuk selamanya.

Catatan:

Salah satu manhwa dengan cerita dan art yang top tier. Berlatarkan dunia fantasi sihir dan pedang dengan unsur regresi di dalamnya. Mengisahkan protagonis yang hidup kembali di masa depan, berusaha untuk menaklukan raja iblis yang tersisa.

PERINGATAN: Art karakter-karakter manhwa ini sangat mencolok dan terkesan ‘berani’, cukup banyak fanservice di dalamnya. Tidak cocok untuk remaja di bawah usia 17 tahun dan sebaiknya hindari membaca ketika berpuasa.

Review My Blasted Reincarnated Life; Damn Reincarnation - Momen ketika MC dibully

// My Civil Servant Life Reborn in the Strange World

Alias: My Civil Servant Life as a Reincarnated Battle Race
Author: il.k, JD
Artist: OLDTWO, Qiliao, tutu
Genre: action, adventure, comedy, drama, fantasy, shounen

Review My Civil Servant Life Reborn in the Strange World; My Civil Servant Life as a Reincarnated Battle Race - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Dia sedang otw membeli anggur merah untuk merayakan penerimaannya sebagai PNS, hingga tiba-tiba seorang truk menabraknya, mengirimnya ke dunia lain.

Bereinkarnasi sebagai Denburg Blade, putra dari pemimpin ras pertempuran legendaris, dia membunuh iblis pada usia 8 tahun dan seekor naga pada usia 12 tahun. Menjadi sasaran pelatihan gaya spartan dari monster berotot ayahnya, dia hidup sebagai manusia dengan keseharian yang tidak manusiawi.

“Aku harus meninggalkan tempat yang jauh dari damai ini!”

Keselamatan adalah yang terbaik! Jadi dia memilih menjadi pegawai negeri kekaisaran!

Bisakah Denburg benar-benar menjadi pegawai negeri dan menjalani kehidupan yang damai dan stabil seperti yang dia inginkan?

Catatan:

Seumur hidup kamu berjuang untuk menjadi PNS, tapi setelah impianmu sudah di depan mata … DEATH!

Yups, begitulah kisah protagonis kita kali ini. Dia adalah manusia biasa yang segala sesuatunya penuh akan hal yang biasa. Impiannya simpel, dia hanya ingin hidup sebagai orang normal dengan pekerjaan yang normal, keseharian normal, dan apapun itu yang penting normal saja.

Namun takdir berkata lain. Disaat perjuangannya seumur hidup akan terbayarkan. Ketika semua kenormalan yang dia inginkan akan terwujud, dia mati. Ironisnya, dia bereinkarnasi menjadi anak pak kades yang lingkungannya tidak normal, warganya tidak normal, kekuatan mereka tidak normal, dan pekerjaan mereka tidak normal.

Dan begitulah, kita akan menyaksikan perjalanan sang MC meraih kenormalan yang sangat dia inginkan.

(Jujur, nih manhwa abstraknya absurd banget anjir. Padahal mc cuman pengen normal, tapi kok kayak susah banget cuy haha).

// My Daughter Is the Final Boss

Alias: Putriku Adalah Bos Terakhir
Author: Geulsseunya
Artist: RK Studio
Genre: action, drama, fantasy, mystery, psychological, romance, sci-fi, seinen, slice of life, supernatural

Review My Daughter Is the Final Boss - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Lee Seo-jun hanya bisa melihat ketika putrinya, Lee Seol-ah, berubah menjadi final boss yang jahat yang menghancurkan dunia dan membawa dia menuju kematiannya. Meskipun tidak pernah menjadi ayah yang baik, ketika dia mulai kehilangan kesadaran, Seo-jun mendapatkan quest baru: “Ubah Masa Depan.”

Setelah bangun, dia melihat 5 tahun Lee Seol-ah berdiri di depannya. Sekarang Seo-jun harus membesarkannya sambil menghindari 5 ketidakberuntungan yang aslinya mengubah Seol-ah menjadi jahat. Dia harus menjadi ayah yang perhatian yang tidak pernah Seol-ah rasakan. Bagaimana jika gagal? Dunia hanya akan tamat.

Catatan:

Tutorial menjadi ayah yang baik untuk putrinya.

// My Daughter Is a Dragon

Alias: –
Author: Sum (STUDIO WOOGII), Yehaseong
Artist: Nn (STUDIO WOOGII)
Genre: drama, fantasy, shounen, slice of life

Review My Daughter Is a Dragon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Jihoon menjalani kehidupan yang menguras tenaga karena profesornya yang menuntut, dan suatu hari, putrinya tiba-tiba jatuh dari udara!

Berkat Chaerin, yang secerdas dan secantik peri, hal-hal mulai menjadi mudah untuknya. Kulitnya mulai membaik, penglihatan dan kecerdasannya meningkat, dan ia bahkan menjadi lebih tinggi dan lebih tampan.

Ini semua sesuai dengan rencana putrinya, Chaerin!

Jihoon, yang dulunya adalah mahasiswa sains dan teknik biasa, menjadi peneliti yang memimpin Revolusi Industri Keempat, AI!

Catatan:

Erm, gimana yah ….

Jadi yah, manhwa ini menceritakan mahasiswa culun yang tiba-tiba jadi seorang bapack, tiba-tiba punya anak yang muncul entah dari mana, dan parahnya lagi putrinya itu seeko-, maaf, maksudnya seorang naga cuy!

Cerita enggak berpusat di bapacknya doang, melainkan dari sudut pandang anaknya juga. Anaknya agak spesial, yang mana menurut mimin hal inilah yang membuat manhwa ini kurang menarik. Tapi mimin tetep enjoy kok bacanya, karena gak ada bacaan yang lain hehe ….

// Never Die Extra [END]

Alias: Neverdie Extra
Author: ELDO, Toika
Artist: Studio Jilpung, TETSUBI Meguri
Genre: action, adventure, fantasy, harem, shounen

Review Never Die Extra - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Karakter ekstra mati setiap hari dengan bermacam cara dalam game [Demon King’s Palace 3]. Setelah tereinkarnasi, sayangnya dia menjadi karakter ekstra di dalam game.

Aku akan berusaha agar tidak mati, pasti.

“Ayo mulai.”

Evan telah sampai pada kesimpulannya. Dia menepuk pundaknya sebagai sinyal pada dirinya sendiri kalau dia sudah membulatkan pikiran.

Dia akan menjadi karakter extra yang tidak pernah mati.

Catatan:

Salah satu manhwa di mana authornya seorang novelist dan dia masuk ke dalam cerita yang ditulisnya. Manhwa ini diterima dengan baik oleh fans novelnya maupun pembaca biasa. Namun sayang, ternyata adapatasi manhwa ini hanyalah untuk promosi novelnya. Jadi yups, manhwa ini hanya mengisahkan cerita awal di dalam novelnya saja. Ending manhwanya sangat gantung, jadi mau tidak mau kamu harus membaca novelnya jika penasaran dan ingin mengetahui kelanjutannya.

// Past Life Regressor

Alias: Past Life Returner; Reincarnator (2022)
Author: Na Min Chae, JANG (NFToon)
Artist: JANG, Rei Gotoh, Suzuki Misaki(NFToon)
Genre: action, adventure, drama, fantasy, seinen

Review Past Life Regressor; Past Life Returner - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

[Maukah kamu mengulang waktu?]
[Semua kemampuanmu akan direset.]
[Silakan cantumkan tanggal.]

“28 Februari 1985. Hari lahirku.”

Kekuatan finansial. Aku akan mengumpulkan semua keuntungan dari dunia dan memonopolinya. Aku akan memonopoli semua dungeons di dunia.

Aku akan melakukannya sekarang, selagi dunia masih damai … sebelum semua itu dimulai.

Catatan:

Past Life Regressor adalah manhwa remake dari manhwa berjudul sama yang dirilis tahun 2018 silam. Manhwa versi remake yang sekarang ini lebih populer dengan nama Past Life Returner.

Manhwa ini menyajikan unsur regressor dan sistem, di mana terdapat dungeons dan dimensional rift. Namun ada satu yang unik dari manhwa ini, yaitu tentang mc yang punya pengetahuan lanjutan mengenai ekonomi. Kita akan disajikan cara mc mendapatkan kekayaan dengan saham, trading, dan sebagainya. Istilah uang adalah segalanya benar-benar direfleksikan dalam manhwa ini.

// Pick Me Up 2022

Alias: Pick Me Up, Infinite Gacha
Author: Hermod, nicesun
Artist: WASAK BASAK
Genre: action, adventure, fantasy, sci-fi, shounen

Review Pick Me Up, Infinite Gacha - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee @aezife

Sinopsis:

Di sebuah game gacha yang terkenal akan kesulitan mengerikannya, seorang master rank 5 di dunia, ‘Loki’, tiba-tiba pingsan ketika me-raid sebuah dungeon.

“Apa? Aku seorang karakter game sekarang?”

Setelah terbangun, ‘Loki’ sadar bahwa dia menjadi karakter Level 1, Hero bintang 1—’Han Yslat’.

Untuk kembali ke Bumi, dia harus memimpin master newbienya dan para hero untuk menyelesaikan lantai dungeon ke-100!

“Kau mencari gara-gara dengan orang yang salah.’

Catatan:

Sebuah manhwa di mana mc-nya masuk ke sebuah game. Yah, storylinenya cukup mainstream, seperti manhwa tema game kebanyakan.

Satu hal yang harus kamu tahu, cukup banyak orang yang merekomendasikan manhwa ini. Yups, alurnya sendiri cukup seru untuk dinikmati, apalagi artnya yang memang bagus, tidak bisa dibantah sama sekali.

The real gendong satu tim.

// Record of Return

Alias: Chronicles of a Returner; Chronicles of the Martial God’s Return
Author: Myosu
Artist: Rough
Genre: action, comedy, fantasy, martial arts, shounen

Review Record of Return; Chronicles of a Returner; Chronicles of the Martial God's Return - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Iblis Ilahi Bela Diri Utama, Dan Woohyun, disegel karena dia terlalu kuat untuk ditangani dunia. Setelah milenium berlalu, ia terbebas dari segelnya dan merasa semua tidak ada artinya ketika ia berkeliaran di gang-gang belakang…

Ketika dia jatuh karena muak dengan dunia, sebuah tangan kecil terulur di depannya.

“Apa ini?” tanya Dan Woohyun.

“Kue pangsit!” datang balasan.

Ini adalah pertama kalinya dalam hidupnya seseorang bersikap baik padanya tanpa niat tidak murni, dan itu mengubah nasibnya. Ini adalah kisah dewa bela diri yang melintasi ribuan tahun waktu dan ruang!

Catatan:

Kamu adalah seorang martial master terkuat saat itu. Kamu disegel di sebuah danau dan tidak sadarkan diri selama ratusan dekade. Setelah terbangun, kamulah orang terkuat di dunia …

TAPI! Kamu menemukan seorang anak kecil yang hidup di jalanan. Dalam hati kamu berpikir “Duh, kasian banget yah … karungin aja dah!” Dan begitulah, hidupmu sebagai seorang ayah dimulai!

// Relife Player

Alias: –
Author: Siyun
Artist: Studio Maru
Genre: action, adventure, fantasy

Review Relife Player - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

<Undead> Noh Eunha. Setelah kehilangan keluarganya, dia menutup hati dan hanya berkeinginan untuk membunuh para monster yang sangat dia benci.

Aku kembali ke masa kecilku setelah mati di bagian terdalam <Abyss Dungeon> yang mustahil diraid manusia. Demi kehidupanku kali ini, aku rela melakukan apapun untuk meraih kebahagiaan. Aku akan membunuh untuk hidup, dan melakukan yang terbaik untuk bertahan. Meskipun aku harus melewati jalanan berduri tanpa pengakuan siapapun, di kehidupan kali ini, pasti ….

Catatan:

Relife Player merupakan salah satu manhwa dengan unsur regresi dan sistem di dalamnya. Kita akan mengikuti kisah protagonis yang terkenal haus darah akan monster, memperbaiki kehidupan keduanya sejak awal.

// Returning With Absolutely Nothing

Alias: Worthless Regression; Worthless Regression
Author: Mok-ma, Puppy Master
Artist: Puppy Master
Genre: action, adventure, drama, fantasy, shounen

Review Returning With Absolutely Nothing; Worthless Regression - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Di Aeria, sebuah tempat di mana bermacam-macam orang dari banyak belahan dunia berkumpul, orang-orang lemah ditakdirkan untuk mati. Lee Sungmin, seorang mercenary tanpa bakat, adalah salah satunya.

Menjelang kematian, item misterius yang ia temukan sebelumnya membawa Lee Sungmin ke masa lalu. Sekarang dia kembali ke masa ketika dia berumur 13 tahun, dengan kesempatan kedua untuk memulai petualangan penuh putus asa untuk menjadi yang terkuat di Aeria tanpa bantuan bakat maupun uang.

Pertanyaannya adalah, apakah berusaha sudah cukup untuk membuat seorang bocah yang tak mempunya apapun untuk menjadi pahlawan?

Catatan:

[WARNING! LEWD ART!]
Bagi kalian yang masih di bawah 18 tahun, sebaiknya hindari untuk membaca.

Worthless Regression merupakan salah satu manhwa dengan unsur regresi di dalamnya. Protagonis kita kali ini merupakan seorang bocah tanpa bakat dengan pengetahuan dua kehidupan. Terlepas dari kondisinya yang seperti remaja dunia kita masa kini, hanya berusahalah yang bisa dia andalkan untuk bertahan hidup.

Sesuai judulnya yakni worthless regression. Terlepas dari kehidupan kedua yang dia dapatkan, tetap saja MC kita lemah.

Tapi komik mana sih yang mc nya lemah sampe tamat?
(Lee Kiyoung tertawa mendengar kalimat ini)

Berdasarkan ulasan dari para reader, novel manhwa ini memiliki alur cerita yang saaaaaangat lambat, bahkan sampe volume 4/5 pun sang mc masih sangat lemah. Tapi kayaknya versi adaptasi manhwanya ini enggak selambat itu ya guys, karena dari pengalaman mimin ketika membaca, mimin rasa mc bertambah kuat dengan cukup cepat.

Seperti kata pepatah China yang bilang kalimat apalah itu mimin gak ngerti, tapi intinya dia bilang kalau hasil pasti tidak akan menghianati usaha. Jadi buat kalian para jones yang suka sama cewek yang udah punya pacar, jangan menyerah bung! Selama bendera kuning belum berkibar, selama itulah kalian punya kesempatan. SEMANGAT!

// The Academy’s Undercover Professor [HR]

Alias: I Got a Fake Job at the Academy
Author: Sayren, Tana (ll)
Artist: WAG
Genre: action, adventure, comedy, drama, fantasy, harem, mystery, school life, shounen

Review The Academy's Undercover Professor; I Got a Fake Job at the Academy - Unknown/Unown - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Seorang profesor baru di Akademi Ceoren memiliki nama Ludger Cherish. Namun nama tersebut hanyalah satu dari banyaknya nama yang dia gunakan untuk memalsukan identitasnya. Sebenarnya Ludger Cherish yang asli meninggal akibat serangan teroris di kereta api, namun karena beberapa alasan identitas tersebut dia gunakan untuk keluar dari masalah. Ironisnya, dia malah terpaksa menjadi profesor di akademi ternama dan terjebak di antara konflik organisasi berbahaya.

Catatan:

Ketika membaca judul manhwa ini untuk pertama kali, jujur mimin menganggap kalau manhwa ini ‘standar’ manhwa kebanyakan. Namun setelah membaca 20 chapter, mimin dibuat ketagihan dan ingin terus membaca.

“I came looking for chopper, and i found gold.”

Art manhwa ini termasuk top-tier, dan storylinenya terus menerus membaik. Kesan misteri sang MC dengan masa lalu yang menyelimutinya, disertai zaman pertengahan dengan aksi sihir dan sains yang tak luput dari teknologi. Saat membaca, mimin rasa vibesnya seperti mengikuti kisah-kisah di Assassins’s Creed!

// The Art of Reincarnation

Alias: Standard of Reincarnation; The Essence of Reincarnation
Author: Blue Jaeng-i, Kim Pyung-beom
Artist: Lee Sang-kyung
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review The Art of Reincarnation; Standard of Reincarnation; The Essence of Reincarnation -Vincent & Julian - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Meskipun dengan satu tangan, Daven akhirnya membuktikan nilainya setelah mengalahkan sepupunya Kazin dalam pertempuran yang terhormat. Tetapi Kazin mengambil keuntungan dari belas kasihan Daven, menikamnya dari belakang dan memenjarakannya seumur hidup. 500 tahun kemudian, dewa kecil Julian terlahir kembali dan tanpa sadar memanggil jiwa Daven ke dalam tubuh seorang anak lelaki bernama Vincent Adenca. Ketika pasangan itu bekerja untuk mengungkapkan kebenaran Daven dan Kazin, Vincent harus mempelajari kembali seni pertempuran sementara Julian menemukan seni reinkarnasi.

Catatan:

Manhwa yang berpusat pada perseteruan keluarga bangsawan yang penuh akan politik. Terlepas dari unsur fantasi manhwa yang sudah mainstream, cerita yang disajikan cukup menarik untuk membuat mimin selalu penasaran.

// The Hammer

Alias: I Picked a Hammer to Save the World
Author: Painkiller, Studio M
Artist: Mensu
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review The Hammer (I Picked a Hammer to Save The World) - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Jika nama “Tiny” membuatmu berpikir orang itu adalah bajingan kecil sesuai namanya, pikirlah kembali. Tiny adalah seseorang yang keras kepala, seorang warrior dengan tubuh berotot yang lebih memilih untuk menghancurkan apapun yang menghalanginya daripada berpikir menggunakan otaknya.

Ketika Tiny dan Sepuluh Ksatria Legendaris Asran dikalahkan oleh Komandan Iblis Gluttony, dia diberikan kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Memanfaatkan pengetahuannya akan masa depan, mampukah Tiny muda membenarkan kesalahan di masa lalu dan bersiap untuk pertempuran nanti!

Catatan:

The Hammer mengisahkan ksatria berotot yang bernama Tiny. Tiny yang artinya kecil sangat tidak cocok dengan fisik dan tingkah laku yang MC miliki. Yups, terlepas dari tidak adanya genre komedi, manhwa ini cukup sering menampilkan scene lucu yang bisa membuat kita sebagai reader tergelitik.

Lagi dan lagi, unsur manhwa yang dibawakan sangat mainstream. MC di masa depan kembali ke masa lalu, lalu mencoba memperbaiki kehidupannya dan menyelamatkan dunia. Tapi kenapa manhwa mainstream seperti ini selalu ada dan bertambah? Yups, karena tipikal manhwa fantasi sangat LAKU di pasaran!

Terlepas dari tema yang mainstream, setiap manhwa fantasi pasti memiliki plot cerita yang berbeda. Meskipun art manhwa tersebut standar, namun jika plotnya bagus dan laku di pasaran, pasti kualitas artnya pun berkembang. Oleh karena itu, Satu-satunya poin penting dari manhwa dengan tema mainstream seperti ini adalah plot yang mereka miliki. Dan yah … mimin rasa manhwa ini cukup berpotensi, karena setelah mimin baca hingga chapter 30-an, kisah yang dibawakan cukup menarik perhatian.

// The Imperious Young Lord

Alias: Overbearing Tyrant
Author: Doby, Jang dae soo
Artist: Jisil
Genre: action, adventure, fantasy, shounen

Review The Imperious Young Lord; Overbearing Tyrant - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Bumi telah diserang pada tahun 203X oleh musuh yang disebut Extraterrestrials. Park Hyunsung, seorang komndan militer, rela mengorbankan nyawanya untuk menerobos markas musuh. Ketika itu, dia tiba-tiba terjebak dalam perangkat teleportasi yang rusak, mengakibatkan jiwanya berpindah ke tubuh bernama Ian Alberon, seorang penguasa berumur 15 tahun!

Dipindahkan ke dunia monster dan sihir, Hyunsung yang sekarang menjadi Ian, harus mencari tahu bagaimana menavigasi sekitarnya. Dan dari semua itu, tampaknya musuh lebih dekat dari yang ia pikirkan.

Catatan:

Mimin bingung mau nulis apa ….

Intinya sih, manhwa ini cukup seru untuk dibaca … jika tidak ada bacaan yang lain.

// The Novel’s Extra

Alias: The Novel’s Extra (Remake)
Author: Jae Gab Song
Artist: CARROT STUDIO
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, school life, shounen

Review The Novel's Extra - Kim Hajin - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Setelah terbangun, Kim Hajin sadar dia berada dalam dunia yang familiar namun tidak dengan tubuhnya.

Sebuah dunia yang dia ciptakan dan cerita yang dia tulis, namun belum selesai.

Dia telah menjadi seorang karakter tambahan di novelnya, seorang extra yang tidak mempengaruhi cerita.

Satu-satunya petunjuk untuk keluar dari dunia ini adalah tetap mempertahankan jalan cerita utama.

Namun, segera dia mengetahui kalau dunia ini bukanlah dunia yang sama dengan yang dia ciptakan.

Catatan:

Mungkin kamu sudah familiar dengan novel di mana protagonisnya masuk ke dalam dunia novel, dan manhwa ini termasuk salah satunya. Namun perlu kamu ketahui, manhwa ini mempunyai cerita yang berbobot di atas standar manhwa dengan unsur sama kebanyakan, dan didukung art dari salah satu studio top tier dalam dunia manhwa.

// The Reaper [HR]

Alias: Grim Reaper’s Floating Moon; Reaper of the Drifting Moon
Author: Woo-Gak, Mogin
Artist: INKYO
Genre: action, drama, fantasy, martial arts

Review The Reaper; Grim Reaper's Floating Moon; Reaper of the Drifting Moon - Pyo Wol Revenge - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

‘Dia merupakan bagian terdalam di Jianghu. Buka matamu lebar-lebar jika tidak ingin diseret ke dalam jurang yang paling dalam.’

Bocah yang diculik telah dilatih selama 7 tahun di kegelapan untuk sebuah tugas pembunuhan yang berjalan kacau.

Catatan:

Satu lagi manhwa dari sang legendaris murim Korea, Woo-Gak. Pada manhwa ini, kamu akan bertemu dengan MC anti naif yang jenius bernama Pyo-wol. Dia diculik dan dibesarkan untuk menjadi assassin demi sebuah misi. Sayangnya misi tersebut tidak berjalan lancar dan kisah setelahnya menjadi jalan cerita di manhwa ini.

Manhwa ini menjadi salah satu manhwa top tier baik dari segi plot maupun artnya. Novelnya sendiri banyak mendapat review yang bagus, jadi kita hanya perlu berharap agar art-nya tetap konsisten.

// The Swordmaster’s Son [HR]

Alias: Swordmaster’s Youngest Son; The Youngest Son of a Master Swordsman; Youngest Son of the Renowned Swordsmanship Clan
Author: AZI, HWANGZE PENGUIN
Artist: Mr. BIG
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts, shounen

Review The Swordmaster's Son; Swordmaster's Youngest Son; The Youngest Son of a Master Swordsman; Youngest Son of the Renowned Swordsmanship Clan - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Jin Runcandel merupakan anak bungsu dari Keluarga Runcandel, keluarga pendekar pedang paling bergengsi di seluruh daratan … dan kegagalan terbesar dalam sejarah Runcandel.

Dia, yang diusirkan secara menyedihkan dan mendapatkan akhir yang tak berarti, telah diberikan kesempatan kedua.

“Bagaimana kau ingin menggunakan kekuatan ini?”
“Aku akan menggunakannya untukku sendiri.”

Pengetahuan dari kehidupan lamanya, bakat yang luar biasa, dan kontrak dengan dewa ….

Semua persiapan untuk menjadi yang terkuat sudah selesai.

Catatan:

The Swordmaster’s Son atau Swordmaster Youngest Son merupakan manhwa top tier yang dirilis tahun 2022. Manhwa ini berasal dari novel dengan judul yang sama, dan masih belum tamat sampai hingga akhir tahun 2022 ini.

Manhwa ini berlatarkan di dunia fantasi sihir-pedang di mana terdapat banyak monster. Namun monster bukanlah musuh utama protagonis kita, melainkan hanya batu pijakan untuk dia meraih kekuatan.

Protagonis kita kali ini merupakan pewaris bungsu dari keluarga ternama di seluruh daratan. Nama keluarga yang dia bawa menjadi beban berat untuknya, sehingga ketika dia tidak bisa memenuhi ekspetasi sesuai nama keluarganya, dia menjadi terbelakang dan berakhir menyedihkan. Namun, kesempatan kedua hadir untuknya ….

// The World After the Fall

Alias: The Post-Destruction World; The World After Destruction; The World After the End
Author: S-Cynan, sing N song
Artist: Undead Gamja
Genre: action, adventure, drama, fantasy, shounen

Review The World After the Fall; The Post-Destruction World; The World After Destruction; The World After the End - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Dihadapkan dengan kekalahan yang akan segera terjadi dan kematian tertentu, apakah Anda akan memilih untuk berlari – atau terus berjuang untuk dunia yang terkutuk? Ketika menara misterius muncul di seluruh dunia, memanggil monster yang memangsa umat manusia, ini adalah pilihan yang disajikan kepada Tower Walkers – petualang dengan kekuatan khusus untuk melawan monster. Di ambang kematian, mereka dapat memilih untuk menggunakan “batu regresi” untuk kembali ke masa lalu untuk kesempatan kedua, meskipun keputusan ini menempatkan mereka dalam garis waktu yang terpisah selamanya. Tower Walker Jaehwan yang keras kepala menolak pilihan ini, memilih untuk memperjuangkan garis waktu asli, dan mempelajari rahasia mengejutkan tentang Menara di sepanjang jalan.

Seorang pria yang tidak mundur ketika semua orang kembali ke masa lalu. Manusia tiba-tiba dipanggil untuk menjadi “Pejalan Kaki”, dan mereka perlu membersihkan menara untuk menyelamatkan dunia. . . Lantai 77: “Batu Regresi” ditemukan. Pejalan kaki sekarang bisa “kembali” ke masa lalu. Perlahan, semua orang pergi. . . Harapan terakhir umat manusia, “Carpe Diem”, dibentuk, terdiri dari orang-orang yang menolak untuk meninggalkan dunia. . . . Walker terakhir mencapai lantai 100. Dia tidak lagi tahu apa yang harus dipercaya.

Catatan:

Sejauh yang mimin baca, cuma manhwa ini yang memiliki story membingungkan. World buildingnya terkesan aneh, juga tidak pernah dijelaskan, bagaikan author ingin kita tidak pernah mengetahui maupun memahaminya. Meski begitu, art manhwa ini termasuk di atas standar.

// The Youngest Scion of a Magician

Alias: Youngest Scion of the Mages; Youngest Son of the Renowned Magic Clan
Author: Bichyu
Artist: Shin Gun Woo
Genre: action, adventure, fantasy, martial arts, shounen

Review The Youngest Scion of a Magician; Youngest Scion of the Mages; Youngest Son of the Renowned Magic Clan - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Sebuah plot tipis dengan settingan sampah. Kumpulan kalimat yang sangat memalukan untuk disebut novel. Meski begitu, aku berakhir di dalam halaman novel yang aku tulis tersebut. Apalagi sebagai Larsen Mayton, seorang karakter sampingan bajingan yang terbunuh di umurnya yang ke-17.

Sebagai penulis dan pencipta dunia ini, aku sekarang akan menciptakan ulang dunia karakter ‘Larsen Mayton’

Catatan:

Salah satu manhwa di mana sang protagonis merupakan novelist dan tiba-tiba masuk ke dalam novel yang ditulisnya.

// When I Returned Home, My Family Was Ruined

Alias: I Regressed to My Ruined Family
Author: Kibodeu Manse
Artist: Studio Jilpung
Genre: fantasy, shounen

Review When I Returned Home, My Family Was Ruined; I Regressed to My Ruined Family - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Sinopsis:

Pahlawan hebat dari keluarga swordsman terkenal telah kembali ke masa lalu, atau lebih tepatnya dunia paralel.

Catatan:

Menceritakan tentang seorang protagonis yang mati melawan musuh bebuyutannya. Berlatarkan dunia di mana umat manusia berperang melawan ras kuat keturunan naga, dragonians. Meskipun kalah dalam segi kekuatan, umat manusia mempunyai harapan dan pahlawan, salah satunya yaitu mc kita.

Namun setelah kematiannya, dia mendapatkan kesempatan lain berupa hidup kembali ke masa lalu, namun dunianya berbeda. Yups, mc kita regresi ke dunia paralel. Anehnya, di sana umat manusia berdamai dengan dragonians. Sementara itu, keluarganya yang merupakan baris terdepan dalam peperangan melawan dragonians, sekarang menjadi keluarga yang hancur.

Inilah kisah mc yang kembali ke masa lalu di dunia berbeda, mencoba membangun kembali keluarganya dan mengalahkan musuh bebuyutan umat manusia.

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa terbaik tahun 2022 versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
—- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA —-


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia