Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023

Temukan daftar rekomendasi manhwa terbaik tahun 2023 versi Aezi hanya di blog @idyourzee.

Yoo guys, welkam back to Aezi blog at @idyourzee! (eheheh) ….

Pada kali ini Min Aezi akan membagikan daftar rekomendasi manhwa terbaik dan terbaru yang dirilis di tahun 2023. Yups, 2022 telah berlalu dan sekarang kita sampai di tahun 2023 yang memiliki angka 3 di akhirnya. Semoga angka 3 ini menandakan bahwa kita benar-benar di tahun 2023 ya~ (ngomong apa sih min_-) ….

Seperti biasa, tahun baru artinya daftar rekomendasi yang baru. Meski banyak manhwa yang rilis pada tahun-tahun sebelumnya masih berlanjut atau bahkan ada yang sudah tamat, bukan berarti tahun ini tidak akan muncul manhwa-manhwa baru ya guys! Malah seharusnya kita seneng loh, karena manhwa-manhwa baru yang mimin baca dan akan bagikan di sini ternyata cukup berpotensi guys! Baik itu art maupun story-nya rata-rata udah di atas standar.

TETAPI! Sebelum lanjut membaca, perlu kamu ketahui bahwa artikel ini merupakan isi dari artikel utama yang berjudul:

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa

https://idyourzee.com/rekomendasi-manhwa-terbaik-sepanjang-masa

Artikel di atas merupakan artikel utama yang berisi daftar rekomendasi manhwa dari tahun ke tahun yang telah mimin buat sebelumnya. Jadi kalau kamu belum membacanya, silakan luangkan waktu untuk membacanya sebentar, karena siapa tahu ada manhwa yang menjadi favoritmu setelah itu.

Mimin juga sudah menjelaskan perbedaan manhwa dan webtoon di sana, termasuk format daftar rekomendasi yang mimin gunakan pada setiap daftar rekomendasi manhwa termasuk rekomendasi manhwa terbaik tahun 2023 ini. Jadi yah … kayaknya kamu memang perlu baca artikel utamanya lebih dulu deh (wkwkwkk).

Nah, setelah membaca artikel utamanya, yaitu rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa, langsung saja kita lanjut ke isi artikelnya kali ini yaitu rekomendasi manhwa terbaik tahun 2023!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023

// Academy Genius Swordsman

Author: Seok Wando
Artist: Sichi
Genre: action, drama, fantasy, seinen

Review Academy Genius Swordsman - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Ronan menjalani hidup yang penuh dengan penyesalan. Disaat kematian hendak menjemput, kesempatan kedua menghampirinya. Dia kembali ke masa ketika dia berusia 10 tahun! Untuk orang-orang yang berkorban demi dirnya, Ronan berusaha untuk menjalani kehidupan yang baru.

Catatan:

Your average regression-fantasy packed 2023 manhwa.

// Chronicles of the Demon Faction

Alias: –
Author: codezeor
Artist: POS STUDIO
Genre: action, drama, fantasy, historical, martial arts, shounen

Review Chronicles of the Demon Faction - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Chun Hajin, seorang assassin terkuat di Aliansi Surgawi Kebenaran Ortodoks Murim, kehilangan hidupnya saat dia mencoba melarikan diri mengejar kebebasan.

Lalu …

“Kultus ilahi itu abadi, semoga semua iblis tunduk. Selamat atas kesembuhanmu, tuan muda ketiga!

Dia bereinkarnasi ke tubuh musuh publik Murim, tuan muda ketiga dari Kultus Iblis?!

Penguasaan Iblis Murim oleh Chun Hajin, senjata terkuat di Murim Ortodoks, dimulai sekarang.

Catatan:

Standar manhwa return dengan latar belakang dunia bela diri.

// Drug-Eating Genius Mage [HR]

Alias: Drug Eating Genius Mage
Author: Geul Geun Yook, Yeoun
Artist: Gom Choi (Terapin)
Genre: action, adventure, drama, fantasy, sci-fi, shounen

Review Drug-Eating Genius Mage - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Protagonis kita adalah seorang pro gamer: Dengan menghabisakan waktu selama berjam-jam, akhirnya dia mengalahkan boss terakhir dari World Ver2.0. Setelah itu, dia mulai membuat karakter untuk rilisan terbaru World Ver3.0, dan memutuskan untuk mengambil risiko dengan membuat karakter Ultimate Mage disertai buff layaknya cheat dan debuff terburuk menggunakan sistem Penalty-Benefit.

“Lagian ini cuma game” pikirnya, tidak peduli seburuk apapun Penalty yang dia dapat, BUKAN?

Tetapi ketika dia membuka mata, dia sadar kalau dia berada di dalam game. Hal terakhir yang dia ingat adalah layar loading ….

Catatan:

Manhwa ini merupakan manhwa yang dibuat oleh studio yang sama dengan manhwa Damn Reincarnation dan Player Who Returned 10.000 Years Later. Studio yang menangani manhwa ini adalah studio Terapin, salah satu studio top-tier di dunia manhwa.

Protagonis kita merupakan tipe mc yang kuat, badass, dan jenius … pokoknya setiap orang yang ngeremehin dia bakal terkaget-kaget deh. Yups, mc kita adalah standar mc di genre shounen, namun dia tidak naif. Dia kuat tetapi tidak ingin kekuatannya terekspos. Jika kamu suka tipe mc yang kuat namun menyembunyikan kekuatannya, manhwa ini cocok untuk kamu baca.

Sejauh yang mimin baca dalam puluhan chapter, mc kita tidak memberikan tanda-tanda kenaifan layaknya rata-rata mc shounen. Justru karena kejeniusannya, kita akan merasa bahwa tak ada kekurangan apapun yang dimilikinya. Namun bukan berarti manhwa ini sama seperti komik isekai kebanyakan, karena kamu tidak akan menemui hal-hal yang aneh dengan mc kita kali ini. Kekuatannya memang sudah kuat dari awal, namun ada risiko berat jika menggunakannya. Itulah yang dimaksud sistem Penalty-Benefit yang dicantumkan di sinopsis.

Abstraknya, mc kita merupakan seorang gamer yang tiba-tiba hidup di dalam tubuh karakter yang dibuatnya. Sayangnya karakter tersebut ia buat dengan sistem pinalti sehingga tidak bisa hidup tanpa memakai nark*b*.

The real narkoboy!

Dilain sisi, mc kita sangat jenius dan bisa memperhitungkan semua aspek untuk menguntungkannya.

Manhwa ini juga berlatarkan dunia modern dengan teknologi yang sudah sangat maju. Yah, seperti dunia cyberpunk namun tidak terlalu over RGB (wkwkwk).

Mimin sendiri cukup suka manhwa dengan karakter-karakter yang jenius di dalamnya, seperti Reaper of the Drifting Moon. Jadi yap, manhwa ini menurut mimin sangat enjoyable untuk dibaca. Tapi kedepannya ya mimin enggak tahu, apa tetap enjoyable atau tidak, mengingat manhwa ini baru dirilis di awal tahun 2023 dan kemungkinan masih sangat lama untuk mencapai chapter terakhir.

// How the Pro in His Past Life Sucks the Sweet Honey

Alias: Sweet Honey of the Reincarnated Pro
Author: Song Sooha
Artist: Ebipo
Genre: action, adventure, fantasy, historical, martial arts, shounen

Review How the Pro in His Past Life Sucks the Sweet Honey - MC Sister Wedding - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee (8)

Sinopsis:

Ini ke 101 kalinya dia bereinkarnasi!

Kali ini dunia fantasi lagi? Seriusan?

Saat dia kecewa, terdengar suara bisikan ibunya.

Dia pangeran bungsu tanpa hak kerajaan? Tidak akan ada yang memerhatikannya? Mangtaf, kali ini hidupku akan mudah!

Dia lelah menyelamatkan dunia atau bertarung terus-terusan penuh ambisi. Apa yang dia inginkan? Dia hanya ingin menikmati hidup.

Catatan:

Sebuah manhwa layaknya manhwa reinkarnasi fantasi pada umumnya. Meski begitu, plot ceritanya lumayan menarik untuk diikuti, dan tentunya art manhwa ini merupakan art standar manhwa zaman sekarang.

// Martial God Regressed to Level 2

Alias: The Martial God Who Regressed to Level 2
Author: Yeom-Bi
Artist: Lee Yungu
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review Martial God Regressed to Level 2 - Jeong Sihan Team Up - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee (18) by@aezife

Sinopsis:

[NO. 4212: ‘Umat Manusia’ telah gagal dalam Demotion Match.]
[NO. 4212: ”Umat Manusia’ telah dianggap tidak berguna. Memulai penghapusan.]

Sebagaimana Bumi yang sedang dihapus setelah game finalnya berakhir dengan kegagalan, Martial Saint Sung Jihan mampu bertahan dari penghapusan dan melihat pesan-pesan muncul didepannya.

[Bisa-bisanya seseorang mampu bertahan dari penghapusan.]
[Ayo beri dia kesempatan untuk tantangan ulang.]
[Player ‘Sung Jihan’ akan dikembalikan ke waktu saat awal dimulainya The League.]

Ketika dia terbangun, Jihan sadar kalau dia kembali ke masa lalu. Diberikan kesempatan kedua, dia berjanji pada dirinya sendiri untuk menghentikan kegagalan Korea dan umat manusia lalu membalas dendam kepada mereka yang mengacaukan segalanya di timeline sebelumnya.

Ikuti petualangan Martial Saint Korea, Sung Jihan dalam perjuangannya mencegah kehancurian dan menggapai pencerahan menjadi Martial God!

Catatan:

Judulnya? Biasa aja. Sinopsisnya? Hmm … sangat mainstream. Ada player, level, sistem, subscriber, regressor, dan sebagainya.

Dilihat dari judul dan sinopsisnya, memang wajar terlihat membosankan bagi manhwa reader kebanyakan. Namun kamu dapat mulai membaca, karena mimin jamin manhwa ini ceritanya cukup seru untuk diikuti. Apalagi artnya yang bagus, di atas standar masa kini.

// Moon Shadow Sword Emperor

Alias: Moon-Shadow Sword Emperor
Author: be Ingijagga, Younggeun (Story Plus)
Artist: Kwon Hyeong
Genre: action, drama, fantasy, historical, martial arts, shounen

Review Moon Shadow Sword Emperor - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

“Jujur … hidup ini sangat menyebalkan.”

Meskipun dia telah menjadi murid Heavenly Demon di tengah-tengah Sekte Iblis yang dipenuhi perselisihan, Yeon So-Woon dihianati oleh seniornya dan menemui ajal.

Namun … ketika bangun, dia kembali ke masa ketika dia masih kecil, sebelum akhirnya diculik oleh Sekte Iblis.

Tidak mau mengulangi kehidupan bagaikan neraka di sekte iblis, Yeon So-Woon mulai merencanakan kehidupan barunya.

“Aku akan balas dendam pada sekte iblis, lalu menjadi penatua di Aliansi Murim. Setelahnya, aku akan menikmati hidup yang nyaman dan dihargai.”

Catatan:

Manhwa ini merupakan manhwa dengan unsur regresi, martial arts, balas dendam, dan … yah, sepertinya itu aja deh.

Jujur, dalam 24 chapter yang telah mimin baca, mimin tidak menemukan keistimewaan untuk diceritakan di sini. Namun sejauh itu, mimin tetap menikmati cerita maupun artnya. Jadi yah … manhwa ini cukup enjoyable untuk dibaca ketika nganggur. Asal nganggurnya jangan kelamaan, apalagi bertahun-tahun (aowkaowkaowk).

// Everyone Else is A Returnee

Alias: Last on Earth
Author: Cha Woo Min, Ki Seong Wook, Toika
Artist: Studio Jilpung, Wildflower
Genre: action, adventure, comedy, fantasy, martial arts, romance, shounen

Review Everyone Else is A Returnee; Last on Earth - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Ditinggalkan, lagi, lagi, dan lagi.

Seseorang yang ditinggalkan telah ditelantarkan oleh seluruh umat manusia karena sesuatu yang menyamarkannya yang bahkan membuat dewa pun tidak tahu.

“Kenapa harus aku yang ditinggalkan? Kenapa semua ini terjadi padaku?”

[Di akhir, bahkan Dewa telah merancang agar semua manusia dipindahkan ke dunia lain, dan dia bilang dia tidak menemukanmu. Kamu bilang itu benar-benar teknik penyamaran, benar?]

Dan begitulah, aku memulai kehidupan sehari-hariku yang penuh kesendirian di Bumi, menunggu umat manusia kembali.

Catatan:

Coba bayangin kalau kamu terlambat ikut study tour waktu sekolah dulu. Udah bayar mahal-mahal sampe gak bisa tidur akibat gak sabar banget, eh besoknya malah ketinggalan bis. Uwooogh … nangis gak tuh? (wkwkwkwk)

Yups, itulah perasaan mc kita kali ini. Suatu hari dia mendapati tak ada seorangpun di sekolahnya, di rumahnya, di kompleknya, di kotanya, di SELURUH DUNIAAAA?!?!?!?!

Seorang dewi pun muncul dan bilang “Eh, kok ada orang sih. Harusnya kan semua orang udah ke isekai???” Nah, mc pun gak bisa bilang apa-apa. Orang dia gak tahu apapun. Usut punya usut, ternyata mc punya keahlian ‘stealth’ yang bahkan dewa pun gak bisa deteksi dia. Diapun ketinggalan masuk isekai, dan terpaksa tinggal di bumi yang tidak ada seorangpun di sana.

Dunia akan berubah. Monster-monster akan bermunculan, sehingga manusia perlu dipindahin ke isekai buat dapetin skill biar bisa bertahan di bumi. Sang mc yang gak ke isekai, terpaksa berlatih di bumi dengan bantuan dewi. Satu tahun telah berlalu, puluhan tahun berlalu, ratusan tahun berlalu, hingga mencapai seribu tahun lamanya dia menunggu. THE REAL JOMBLO SEJATI!

Seribu tahun berlalu hingga umat manusia kembali ke bumi. Tapi tenang, karena 1000 tahun itu tidak diceritakan terlalu mendetail di manhwanya. Namun sayang, ternyata umat manusia belum siap menghadapi para monster di bumi, sehingga mereka diberi kesempatan agar bisa ke isekai lagi … dan mc pun ditinggalkan, lagi (sad banget cuy!).

Yah, manhwa ini cukup seru meskipun unsur di dalamnya udah mainstream. Banyak yang bilang novelnya sendiri termasuk top tier dan sudah tamat. Jadi ya, kamu bisa berharap banyak pada judul manhwa yang satu ini.

// Heavenly Grand Archive’s Young Master

Alias: –
Author: 128, Kim Hyeon Yeong
Artist: Midnight Studio
Genre: action, martial arts, seinen

Review Heavenly Grand Archive's Young Master - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Jiwa dari seorang pemimpin Aliansi Murim yang menawan dan mengesankan, Hu Gong, tiba-tiba merasuki tubuh seorang tuan muda bajingan.

Anak muda itu bernama Beom Hang. Dia adalah tuan muda dan pewaris ‘Heavenly Grand Archive’, satu dari tiga keluarga arsip ternama di Jianghu. Sayangnya dia juga seseorang yang menyedihkan.

Demi mencari tahu alasan kenapa mereka bertukar tubuh, Hu Gong mulai melatih tubuh Beoh Hang. Ketika tuan muda mereka yang dirasuki tersebut mulai melakukan hal-hal yang aneh, hal itu mulai menarik perhatian dunia jianghu.

Catatan:

Kesan mimin setelah membaca 20 chapter: Your average comedy martial arts manhwa.

// Life, Once Again!

Author: Wise Dragon
Artist: Balamkkoch (Soy Media)
Genre: drama, fantasy, shounen

Review Life, Once Again! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee @aezife

Sinopsis:

‘Maukah kamu hidup satu kali lagi?’

Kehidupan damai dan normal yang dimiliki kebanyakan orang.

Mendapat pekerjaan, bertemu dengan dia ‘satu-satunya’ dan menikah, lalu menjalani hidup dengan keluarga kesayanganmu sendiri.

Itulah hidup yang kumiliki, setidaknya sampai sebuah tragedi terjadi.

Setelah itu aku diberi kesempatan untuk memulai ulang kehidupan.

Kegembiraan akan kesempatan untuk mengulangi kehidupan segera mulai menghilang.

Dihadapkan dengan ingatan akan kehidupan lamaku yang mulai menghilang, sedikit demi sedikit setiap harinya; rasa takut karena tidak bisa bertemu istri dan putriku dulu membuatku kepikiran.

Parahnya lagi, kesempatan untuk menjadi aktor, impian yang aku buang sebelumnya, terasa sangat menggoda.

‘Jika aku menjalani hidup tidak seperti sebelumnya, kemungkinan aku tidak akan bisa bertemu istri dan putriku!’

Terjebak di antara keluarga dan impian yang aku buang, mana yang harus kupilih?

Catatan:

Regresi, ingatan akan masa depan, mc naif namun penuh keberuntungan, dan KEHIDUPAN SMA!?!?!?!

damn …

// Reborn as the Enemy Prince

Alias: How to Live as the Enemy Prince
Author: Ja Seo Hyeon
Artist: Surreuk Comics
Genre: adventure, comedy, drama, fantasy, mystery, slice of life

Review Reborn as the Enemy Prince - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Bayangkan berperilaku baik ke musuh bebuyutanmu.

Terbunuh dalam pertempuran demi membela tanah airnya, Beren terbangun di tubuh seorang pangeran negeri musuh, Callian, dan bersumpah untuk membalaskan dendam rakyatnya. Tapi di antara menjinakkan saudara tirinya yang kasar dan bertahan hidup dari jaring mematikan ibu tirinya, nampaknya pembalasan dendam akan menjadi cukup sulit.

Catatan:

Satu lagi manhwa yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang cukup populer. Reborn as the Enemy Prince merupakan manhwa di mana sang MC yang merupakan pangeran suatu negara, lalu jiwanya berpindah ke masa lalu di tubuh pangeran negara musuhnya.

Kalau dipikir-pikir, tahun ini banyak novel yang diadaptasikan ke bentuk manhwa. Dan kebanyakan novel-novel tersebut merupakan novel top-tier, yang populer dan banyak pembacanya.

Parahnya lagi, art-art manhwa dari novel-novel tersebut top tier cuy! Yah, memang ada beberapa manhwa adaptasi novel yang artnya biasa aja seperti The Blood Knight’s Villain, tapi fakta bahwa manhwa-manhwa dengan art bagus yang ceritanya dari novel menandakan betapa seriusnya studio terkait menggarap projek tersebut, dan hasilnya bisa sangat kita nikmati.

SPOILER BERAT YANG TIDAK MEMPENGARUHI CERITA BISA KALIAN CEK DI KOMENTAR!

// Return of the Iron-Blooded Hound

Alias: Regression of the Ironblade Hound; Revenge of the Sword Clan’s Hound
Author: Legobalbasseo, Seol Arang
Artist: Lee Sanchaek (Redice Studio)
Genre: action, fantasy

Review Return of the Iron-Blooded Hound; Regression of the Ironblade Hound; Revenge of the Sword Clan's Hound - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Vikir van Baskerville, seorang anjing pemburu dari klan Baskerville, mengambil jalur pembunuhan dan spionase hingga akhirnya mendapat gelar terbaik di klannya.

Hadiah atas kesetiaannya ternyata penuduhan penghianatan palsu, yang membunuhnya dengan pisau guillotine.

“Hidupku sebagai anjing yang memburu kelinci telah selesai.”

Tetapi ketika kematian menjemput, sebuah kesempatan tak terduga muncul.

Matanya bersinar disaat dia mengasah taringnya di kegelapan.

“Tunggu aku, Hugo. Kali ini, kamulah yang akan kucabik dengan taring ini.”

Dan begitulah, balas dendam berdarah dari seorang anjing pemburu dimulai.

Catatan:

Tipikal cerita fantasi bangsawan dan regresi di mana beberapa keluarga berkuasa dan sang MC kembali ke masa lalu.

Tidak ada yang salah dengan artnya maupun ceritanya. Bagi kalian yang suka membaca manhwa regresi, tentu akan suka juga dengan manhwa yang satu ini.

// Surviving the Game as a Barbarian

Author: HAN Taesu, JUNG Yoonkang
Artist: MIDNIGHT STUDIO
Genre: action, adventure, drama, fantasy, shounen

Review Surviving the Game as a Barbarian - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Setelah menghabiskan waktu selama sembilan tahun memainkan Dungeon & Stone, sebuah RPG yang tidak pernah ada yang berhasil menamatkannya, Lee Hansu berhasil mencapai bos terakhir di dungeon. Segera setelah dia membuka gerbang, tiba-tiba sebuah pesan muncul kalau tutorial berhasil diselesaikan.

Setelah terbangun, dia sadar telah merasuki tubuh seorang Barbarian bernama Bjorn, Son of Jandell. Sebuah petualangan seru menantinya sebagaimana dia berusaha mematuhi hukum dunia fiksi!

Catatan:

Surviving the Game as a Barbarian merupakan manhwa yang diadaptasi dari sebuah Novel Korea berjudul sama. Novelnya sendiri cukup populer dan banyak orang yang merekomendasikannya, meski temanya sendiri cukup mainstream.

Manhwa ini membawakan tema possession, sistem, leveling, dan dunia fantasi. Worldbuildingnya tidak terlalu rumit, dan cukup banyak plot twist dan perubahan tertentu yang seru ketika dieksekusi. Pertarungannya cukup memorable dan tidak berulang, pembawaan cerita juga serius namun diselingi humor. Kesimpulannya, manhwa ini merupakan salah satu manhwa terbaik di mana tokoh utamanya masuk ke dunia game.

// The 31st Piece Turns the Tables

Alias: The 31st Piece Overturns the Board
Author: Nungwi, Wang Mojji
Artist: Kalma
Genre: action, adventure, drama, fantasy, shounen

Review The 31st Piece Turns the Tables - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Sejak kecil, Kang Seol mengalami mimpi aneh setiap malam. Dalam mimpinya, dia adalah orang dewasa yang mengenakan topeng dan pakaian aneh, di sebuah dunia yang aneh.

“Baiklah, saatnya melempar dadu.”

Permainan dalam mimpinya, The World of Eternity, di mana dia menciptakan dan mengendalikan bidak-bidak karakter di atas papan, adalah perlindungan dan hasratnya … bahkan mungkin seluruh dunianya. Dia menikmati melempar dadu dengan orang asing dalam mimpinya. Dia senang …

“Beraninya serangga yang tidak tahu tempatnya ini menyelinap ke surga?”

…Sampai dia menjadi bidak dari papan itu sendiri.

Catatan:

Well, tidak banyak yang bisa mimin bilang terkait manhwa ini selain dunia dark fantasi yang dibawakannya.

MCnya merupakan pemain yang menjadi bidak. Yups, ini adalah manhwa dengan tema game. Pembukaannya cukup bagus dan menarik, namun setelah 5 chapter ke atas mungkin mulai terasa membosankan.

Meski begitu, bagi kalian yang suka tema game, manhwa ini cukup bagus untuk diikuti. Protagonisnya pintar dan merencanakan semua hal dengan baik. Antagonisnya seperti villain-villain kebanyakan, namun belum terlihat dengan pasti. Karakter-karakter sampingannya seperti pada umumnya, tidak mimin temukan karakter sampingan yang cukup unik.

Yah, ceritanya memang naik turun. Kadang seru kadang membosankan, sama seperti manhwa kebanyakan.

// The Demon Prince Goes to the Academy [HR]

Alias: –
Author: Geul Jengi S
Artist: Ronopu
Genre: action, fantasy

Review The Demon Prince Goes to the Academy - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Aku mati ketika membaca komentar pedas di novelku dari para haters.

Aku sudah terkejut dengan kematian yang mendadak, tapi sesuatu yang disebut ‘Grim Reaper’ muncul dan memberitahuku kalau menjadi penulis buruk juga termasuk dosa. Untuk menebusnya dan pergi ke surga, aku diberitahu agar bertahan hingga akhir dari salah satu novel yang kutulis.

Dan begitulah, aku masuk ke dunia novel berjudul ‘Raja Iblis Telah Mati’ …

“Sialan!! Kenapa hal ini harus terjadi padaku?!”

Sangat disayangkan, karakter di dunia itu ternyata Pangeran Iblis, seseorang tanpa bakat—yang mati di prolog cerita!!

Catatan:

Mengisahkan tentang seorang penulis yang sering menggantungkan tulisannya, sehingga mendapat azab untuk menyelesaikan ceritanya meskipun telah mati (aowkaowkaowk).

Terlepas dari judulnya yang, yah … terlihat membosankan. Jujur, plot dan art manhwa ini sangat menarik.

// The Knight King Who Returned With a God

Author: Salam Sallyeo
Artist: Jeoncheon Huma Geomsa
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review The Knight King Who Returned With a God - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee (9)

Sinopsis:

Aku kembali ke Bumi setelah memburu iblis selama tiga ratus tahun lamanya di isekai. Namun, aku tidak sendirian …

Catatan:

Setelah membaca judul dan sinopsis, sebenarnya mimin rasa manhwa ini sama seperti manhwa standar Korea kebanyakan, dan hal itu benar adanya. Namun ada satu hal yang mimin sukai dari manhwa ini, yaitu artnya yang bisa dibilang top tier!

Yups, art di manhwa ini sangat bagus. Saking bagusnya, seakan-akan semua gambar di setiap chapternya bisa dijadikan wallpaper loh! (bercanda, hehe …)

Untuk storylinenya sendiri, yah … biasa aja sih, kayak manhwa kebanyakan. MC yang OP, konstelasi, guild hunter, dimension rift, dan sebagainya. Terlepas dari itu, ceritanya cukup seru untuk diikuti.

// The Player Hides His Past

Author: Bethes, Gaechaban
Artist: Binukki
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review The Player Hides His Past - Priest Marnak - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Sebuah game virtual bernama “Sejarah Benua Archana” terealisasi menjadi kenyataan, dan “player” yang tersinkronasi dengan manusia muncul untuk melindungi dunia. Lee Hoyeol, seorang pegawai kantoran biasa tiba-tiba tersinkronasi dengan karakternya yang dia buat ketika SMP, “Grandfell Claudi Arpeus Romeo.”

Catatan:

Manhwa dengan sistem dan player seperti kebanyakan, perbedaannya hanya sang mc yang seorang chuuni.

// The Priest of Corruption

Alias: Priest of Decay
Author: Bori (III), Sadadeum
Artist: Yu (III)
Genre: action, adventure, drama, fantasy

Review The Priest of Corruption - Priest Marnak - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee (9)

Sinopsis:

Aku memakai cheat untuk membuat karakter in-game. Setelah menekan tombol Play, aku sadar bahwa jiwaku merasuki karakter “Priest of Corruption” yang kubuat. Ironisnya, status karakter ini sangat buruk dan dia dibenci oleh semua orang! Yang bisa kuandalkan hanyalah uluran tangan kurus kering seorang wanita, tetapi tangan itu ternyata tangan seorang Dewi?

Catatan:

Saat tulisan ini dibuat, chapter manhwa ini masih sedikit. Meski begitu, manhwa ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, dan novelnya sendiri merupakan salah satu novel yang popularitasnya amat tinggi. Worth it untuk ditunggu!

// The Reincarnated Assassin Is a Genius Swordsman

Author: Gulant
Artist: Tess, Daon Studio
Genre: action, drama, fantasy, shounen

Review The Reincarnated Assassin Is a Genius Swordsman - Priest Marnak - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee by @aezife

Sinopsis:

Aku hidup sebagai anjing pemburu di kehidupan sebelumnya. Aku tidak ingat kedua orangtuaku dan hidup tanpa memiliki emosi; layaknya sebuah alat. Kehidupan itu berakhir sebagaimana tuanku membunuhku dengan tragis. Aku pikir itulah akhirnya, tetapi ketika membuka mata aku dilahirkan sebagai anak termuda dari keluarga paling kuat di benua. Demi balas dendam dan melindungi orang-orang yang menyayangiku di kehidupan ini, akan kuhunus pedang daripada belati.

Catatan:

The Reincarnated Assassin Is a Genius Swordsman, atau biasa disingkat sebagai RAGS, merupakan manhwa yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama. Novelnya sendiri termasuk novel populer dan mempunyai banyak penggemar. Oleh karena itulah, manhwa ini menjadi viral setelah dirilis karena memang banyak orang yang menantikannya.

Manhwa ini berlatarkan dunia fantasi kerajaan di mana terdapat pedang dan sihir. Sang MC yang terlahir kembali berusaha cepat bertambah kuat demi mewujudkan pembalasan dendamnya.

Dari 20 chapter awal yang mimin baca, tidak ada yang spesial dengan manhwa ini. Ceritanya cukup biasa aja, standar manhwa kebanyakan. Tapi mungkin karena masih di fase perkenalan, jadi kisahnya masih tentang pertumbuhan sang MC.

Yah, novelnya tidak mungkin populer kalau ceritanya membosankan. Dan karena art manhwa ini termasuk bagus, kita bisa berharap banyak dengan manhwa yang satu ini.

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa terbaik tahun 2023 versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Namun karena tahun 2023 belum berakhir, maka artikel rekomendasi ini akan terus diupdate. Jadi nantikan judul manhwa-manhwa terbaru yang seru hanya di @idyourzee!

Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
—- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA —-


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia