7+ Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa [Update 2023]

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi webtoon survival zombie terbaik? Baik itu komik barat, manga, manhwa, maupun manhua, bisa kamu temukan di daftar rekomendasi kali ini. Langsung saja, berikut daftar 7+ rekomendasi webtoon survival zombie terbaik versi AeziTR (s.id/AeziTR)!

Halo semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya~.

Pada kali ini mimin kembali membuat artikel rekomendasi terbaik, yang berjudul Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik. Tema survival semakin populer dan semakin banyak webtoon baru yang mengangkat tema tersebut. Apalagi jika ditambahkan unsur zombie di dalamnya, yang mana setelah beberapa webtoon diadaptasi ke bentuk film/series/serial, peminatnya ikut bertambah banyak.

Meski temanya bertahan hidup, kebanyakan webtoon survival zombie tidak hanya mengandalkan zombie sebagai permasalahannya. Disamping zombie sebagai pusat konflik, webtoon survival zombie juga meliputi kisah bertahan hidup dari manusia-manusia lainnya. Seperti hal umum yang terjadi pada kisah bertema zombie, ada beberapa selipan topik yang berkenaan dengan virus, mutasi, evolusi, ideologi, moral, makanan, dan sebagainya. Topik-topik selipan tersebut yang menambah keseruan dari sebuah webtoon survival zombie, selain permasalahan utamanya yaitu bertahan hidup dari serangan para zombie.

Daftar rekomendasi webtoon survival zombie di bawah, mimin cantumkan juga catatan di samping judul komiknya, seperti

  • HR yang artinya Highly Recommended, mimin pribadi sangat merekomendasikan webtoon tersebut untuk kamu baca
  • END yang artinya tamat, webtoon tersebut sudah resmi tamat

Mimin juga mencantumkan informasi sekilas tentang webtoon tersebut, seperti nama lain yang dikenal (alias), author alias penulis/pemilik original, artist, genre, sinopsis, dan catatan. Meski begitu, kolom catatan merupakan sedikit pandangan mimin terhadap webtoon tersebut. Yah, silakan anggap saja sebagai ulasan singkat tanpa spoiler.

Baca juga: Perbedaan Komik, Webtoon, Manga, Manhua, dan Manhwa

Oke, langsung saja guys berikut daftar rekomendasi komik survival zombie terbaik versi AeziTR!

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik

// Return Survival [END]

Alias: Re: Survival
Author: Yeonwoosol
Artist: Kim Moo-hyun
Genre: action, adventure, horror

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Apakah dunia kembali ke enam bulan yang lalu? Apakah ini peluang atau pengulangan penderitaan? Sebuah malapetaka, dimana virus menghantam Bumi dan mengubah manusia menjadi Zombie! Tiga tahun untuk bertahan hidup dalam kehancuran dan keputusasaan melalui puluhan krisis kematian di planet yang runtuh! Pada akhirnya, aku tidak bisa bertahan, aku melawan gerombolan zombie dan meninggal. Dan… ketika aku membuka mataku lagi… aku berada di masa lalu, enam bulan sebelum virus zombie menyebar ke dunia! Dalam enam bulan kedepan, dunia yang damai ini akan musnah, dan hanya aku yang mengetahuinya!

Catatan:

Salah satu tema favorit mimin, yaitu apokalips! MC di manhwa ini cukup garang dan badass, ditambah cerdas. Dia gak kenal ampun dan gak suka pandang bulu dalam bertindak. Ingatannya soal masa depan juga bikin dia bisa buat banyak strategi buat survive, walau kadang salah perhitungan juga. Awal-awal cerita memang agak membosankan, tapi selebihnya mulai seru dan menegangkan. Sisanya rasakan sendiri!

Baca juga: Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

// The Last Human

Alias: Moshi Fanren, Manusia Terakhir, Bloody Valentine
Author: Amazing Works, ManYu
Artist: Amazing Works
Genre: action, adventure, comedy, drama, ecchi, horror, mystery, shounen, supernatural

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Zuo Tianchen adalah manusia terakhir yang hidup di kota terinfeksi zombie. Ketika akan mati, jiwanya kembali ke 10 tahun yang lalu, tepat sebelum bencana yang ditakdirkan itu terjadi. Dia bersumpah, kali ini dia akan melindungi orang-orang tersayangnya dan bertemu lagi dengan kekasihnya di masa lalu.

Catatan:

Manhua yang cukup bagus dari segi cerita dan penokohan, namun sayangnya hanya bertahan hingga ratusan chapter saja. Seperti biasa, tampaknya manhua lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Semakin hari art manhua ini semakin terkesan biasa saja, dan ceritanya juga cukup membingungkan. Entah ke mana author ingin membawa ceritanya.

Meski begitu, menurut mimin manhua ini merupakan manhua zombie terbaik. Seratus chapter awal premis ceritanya benar-benar bikin penasaran. Namun sayang, keseruan itu tidak belangsung setelah sekitar chapter 150an. Namun cukup worth-it untuk mulai membaca. Selera orang berbeda-beda, kan? Jadi silakan coba baca sendiri, dan share pengalaman membacamu di komentar!

// Dead Life [END]

Alias: 데드라이프
Author: Hooressha
Artist: Lim Jin-guk
Genre: action, horror, sci-fi

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Sebuah webtoon bergenre horror yang mengisahkan kehidupan seseorang yang dulunya damai hilang seketika karena infeksi zombie. Apakah zombie ini akan menghancurkan atau menyelamatkan dunia..?!

Catatan:

Dead Life ini mempunyai premis cerita yang unik, didukung dengan art yang lumayan bagus. Cerita berfokus pada sang MC yang menjadi zombie setelah digigit gebetannya. TETAPI, meski berubah jadi zombie, dia masih punya akal! Yups, alurnya mirip seperti film zombie berjudul Warm bodies. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa zombie menjadi jenis manusia baru pada manhwa ini.

Yah, manhwa ini cukup seru untuk diikuti … setidaknya sampai akhir season 1.

Baca Dead Life di Webtoon

// DCeased

Alias: DC Zombie
Author: ?
Artist: ?
Genre: action, adventure

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Sebuah virus-tekno misterius telah dirilis di Bumi, menginfeksi 600 juta orang dan mengubah mereka menjadi monster yang kasar dan mesin penghancur (a.k.a zombie).

Catatan:

DCeased merupakan komik barat dari publisher terkenal, yaitu DC. Menurut sinopsis, gerombolan zombie di DCeased tidak menjadi undead. Mereka hanya terinfeksi virus teknologi, yang membuat akal mereka hilang.

Jika kamu penikmat cerita superhero, komik DCeased ini cocok untuk kamu baca. Alur ceritanya seru, namun bagi kamu yang baru baca komik barat, mungkin kamu merasa kurang suka sama artnya. Artnya memang standar komik western, sih.

Komik ini terdiri dari series Dceased (#6 issues), DCeased: A Good Day to Die (#1 issue), DCeased: Unkillables (#3 issues), DCeased: Hope at World’s End (#15 issues), dan DCeased: Dead Planet (#7 issues).

*Note: Issues = chapter (cmiiw).

// I Am a Hero

Alias: –
Author: HANAZAWA Kengo
Artist: HANAZAWA Kengo
Genre: action, drama, horror, mature, mystery, psychological, seinen, supernatural

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Hideo Suzuki yang berusia 35 tahun terpaksa bekerja sebagai asisten mangaka ketika serialnya sendiri gagal karena penjualan yang rendah. Saat dia berjuang melalui kehidupan biasa yang diganggu oleh halusinasi, dia menyadari bahwa hubungannya dengan pacarnya tidak terlalu bagus, curiga bahwa dia mungkin berselingkuh dengan mantan pacarnya. Namun, setelah mengonfrontasinya tentang kemungkinan perselingkuhannya, Hideo merasa tidak enak dengan penyelidikannya dan memutuskan untuk mengunjungi rumahnya untuk meminta maaf. Tapi dunia seperti yang dia tahu akan segera terbalik. Pada awalnya, tampaknya tidak banyak yang berubah, tetapi dia segera menyadari bahwa masyarakat telah menjadi mimpi buruk yang hidup, karena kenyataan mengerikan dari apa yang terjadi di sekitarnya akhirnya mulai meresap.

Catatan:

I Am a Hero merupakan manga dengan unsur drama yang kental. Kamu akan disajikan dengan cerita survival sang MC yang mengidap kelainan mental. Alurnya cukup berat, jadi kamu mungkin akan merasa bosan atau enggan lanjut membaca pada chapter-chapter tertentu. Namun, secara keseluruhan, manga ini termasuk manga survival zombie terbaik.

Manga ini juga pernah mendapat beberapa penghargaan di ajang manga awards, dan sudah diadaptasi ke bentuk live action dengan judul sama.

Setahu saya, belum ada grup scanlation Indonesia yang menggarap manga ini sampai tamat. Berbeda dengan grup scanlation luar (Bahasa Inggris) yang sudah menamatkannya 4 tahun yang lalu.

// Dreamcide

Alias: Dreamside
Author: Hong Jung Hoon
Artist: Shin Wol
Genre: action, adventure, fantasy, horror, romance, school life, supernatural

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Hazin Nam selalu dilanda mimpi buruk, tetapi suatu hari, ia bermimpi tentang dunia apokaliptik tujuh tahun di masa depan di mana manusia berjuang untuk bertahan hidup di antara setan dan zombie. Hazin menolak mimpi itu sebagai mimpi buruk lain sampai dia menemukan Yuri Hong, gadis yang dia lihat dalam mimpinya, telah dipindahkan ke sekolahnya …. Dengan kemampuannya untuk bolak-balik antara kehidupan sekolah dan kiamat yang akan datang, akan Hazin dapat mencegah apa yang menyebabkan kehancuran dunia?

Catatan:

Manhwa ini mempunya alur cerita yang cukup unik dan agak berbeda dari manhwa survival zombie lainnya. Konsep umum survival di manhwa ini berkaitan erat dengan time-lapse. Di mana sang karakter utama mempunyai fenomena mimpi yang membawanya berpindah masa. Misalnya saat ia sekolah lalu ketiduran, ia akan memimpikan masa depan di mana dunia hancur dan dikuasai gerombolan zombie. Namun, jika ia tertidur di masa depan, ia akan memimpikan masa lalunya di mana ia masih bersekolah. Sisi mana yang benar-benar mimpi dan benar-benar kenyataan? Yang pasti, sisi-sisi tersebut terhubung satu sama lain.

Jujur, style art manhwa ini kurang bagus, atau di bawah standar. Namun dari segi cerita, manhwa ini menarik untuk diikuti. Jika ingin membaca, pastikan untuk tidak membaca spoiler. Karena plot twist di manhwa inilah yang membuatnya terasa seru!

// Gakkou Gurashi

Alias: School-Live!
Author: KAIHOU Norimitsu
Artist: CHIBA Sadoru
Genre: action, horror, mature, mystery, psychological, school life, seinen, supernatural, tragedy

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Takeya Yuki sangat menyukai sekolah. Baginya, itu adalah tempat yang indah di mana ia menikmati kegiatan sekolahnya, terutama kegiatan klubnya: Klub Tinggal di Sekolah. Klub ini memiliki Rii-chan sebagai presiden, Kurumi-chan sebagai anggota lain, dan ibu guru Megu-nee yang selalu ada untuk mereka. Ya, dia menyukai sekolahnya … dalam pikirannya. Karena baginya, kenyataan yang menimpa sekolah dan kegiatan klub mereka terlalu keras untuk dirasakan.

Catatan:

Emangnya ini manga zombie? BISA JADI! Tapi seperti judulnya, Gakkou-Gurashi! atau School-Live!, manga ini merupakan manga slice of life tentang kehidupan di sekolah. CUMAN, ada unsur bertahan hidupnya, plus zombie juga.

Dari segi cerita, manga ini mencampurkan unsur kehidupan berbalut drama yang kental. Selain bertahan hidup dari infeksi zombie, hubungan antar karakter menjadi fokus cerita di manga ini. Kamu sebagai pembaca dapat mengikuti pengenalan setiap karakternya dengan baik.

Manga ini juga sudah diadaptasikan ke bentuk anime dan movie live-action. Mimin sarankan kalau kamu mau baca, lebih baik tonton anime-nya dulu lalu lanjut ke manganya.

Baca juga: TACHIYOMI: Aplikasi pembaca komik terbaik!

// The Walking Dead

Alias: –
Author: ?
Artist: ?
Genre: drama, horror, thriller

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Cerita berawal saat adanya penangkapan seorang penjahat oleh sekelompok polisi daerah. Sang sherif yang bernama Rick tertembak peluru dari salah seorang penjahat dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Pada suatu hari Rick terbangun dari komanya, melihat dunia sudah berubah…

Catatan:

TWD merupakan komik zombie yang diadaptasikan dari novel dengan judul yang sama. Selain menjadi komik, TWD juga diadaptasikan ke bentuk serial yang sampai sekarang (10/11/21) masih belum tamat.

Jika kamu belum pernah membaca komik barat sebelumnya, maka TWD dapat menjadi bacaan pertamamu. Tidak bisa dipungkiri, komik ini merupakan salah satu komik terbaik dan induk inspirasi dari komik-komik zombie kebanyakan. Kamu dapat membeli komik TWD lengkap dari situs resminya, berikut link-nya:
Beli Komik The Walking Dead

Jika kamu enggan membaca komiknya, maka kamu dapat menonton serial live actionnya yang tersedia di AMC atau Disney+ Hotstar.

WARNING 18+

Komik ini mengandung konten NSFW, tidak cocok untuk dibaca remaja dan anak-anak di bawah 18 tahun.

// Marvel Zombies Series

Alias: ?
Author: ?
Artist: ?
Genre: action, horror, thriller

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Cerita dalam Marvel Zombies berawal dari komik Ultimate Fantastic Four #21-23 dalam alur Crossover. Di alur itu diceritakan tentang kontak antara Reed Richard versi Ultimate dengan Reed Richard dari dimensi lain.

Ternyata Reed yang lebih tua tersebut berasal dari dunia di mana para superhero sudah menjadi zombie dan telah memangsa hampir semua manusia normal yang ada di Bumi. Penyebab bencana itu adalah kedatangan Sentry tang terinfeksi virus tidak dikenal yang membuatnya menjadi zombie pemakan daging manusia. Para superhero yang bermaksud menghentikannya malah menjadi korban pertama sehingga dalam waktu singkat Bumi menjadi planet mari berisi zombie berkekuatan super.

Magneto yang dulunya membenci manusia kini melindungi beberapa penduduk New York yang masih hidup. Ia berhasil mengirim mereka ke dimensi Dunia Ultimate berkat bantuan Reed Richard dimensi tersebut. Di saat inilah cerita yang ada dalam Marvel Zombies dimulai…

Catatan:

Marvel Zombies merupakan jawaban untuk kamu seorang penggemar MCU dan tema survival zombies, mengingat belum ada film live-action dari MCU yang menceritakan zombie. Namun jangan terlalu berharap pahlawanmu akan menang, mengingat MC dari komik ini sendiri merupakan zombie.

Jika kamu kebingungan membaca mulai dari mana, kamu dapat melihat susunan bacaan komik Marvel Zombies pada artikel berikut:
Comic Book Reading Orders: Marvel Zombies

Meskipun belum diadaptasikan ke bentuk film live action, Marvel Zombies pernah hadir di series animasi Marvel What If dalam satu episode. Rumor beredar bahwa Marvel Zombies akan difilmkan sekitar tahun 2023, namun masih belum ada kabar proses syuting sampai sekarang. Jadi yaa … baca komiknya aja dulu dah (xD).

// Sweet Home

Alias: –
Author: Kim Carnby
Artist: Hwang Youngchan
Genre: action, horror, psychological, supernatural

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Cha Hyun adalah seorang siswa sekolah menengah penyendiri yang menghabiskan hari-harinya bersembunyi di kamarnya bermain video game. Tetapi ketika dia kehilangan seluruh keluarganya dalam kecelakaan mobil yang tragis, dia terpaksa meninggalkan rumah dan gaya hidupnya yang riang dan pindah ke apartemen baru sendirian. Namun, ia memiliki tetangga yang aneh, setelah asik bermain semua orang-orang di sekitarnya tiba-tiba mulai berubah menjadi monster yang mengerikan.

Catatan:

Sweet home merupakan manhwa bertema apokalips di mana dunia dan kemanusiaan hancur akibat suatu virus. Virus tersebut menjadikan manusia berubah, namun lebih ke seperti monster daripada disebut zombie.

Pembawaan alur di manhwa ini agak berat. Tidak terlalu cocok untuk dibaca saat stress, karena bisa jadi kamu malah nambah stress (xD). Art-nya yang gelap juga membuat nuansa horrornya lebih terasa.

Manhwa ini juga sudah diadaptasikan ke dalam bentuk live action berjudul sama. Namun sayang, terlepas dari budgetnya yang besar, adaptasi live action tersebut kurang populer dan bisa dibilang ‘gagal’.

Tonton Sweet Home hanya di Netflix Indonesia!

// Koutetsujou no Kabaneri

Alias: Kabaneri of the Iron Fortress
Author: OOKOUCHI Ichirou, YOSHIDA Shirou
Artist: YOSHIDA Shirou
Genre: action, adventure, drama, fantasy, historical, shounen, supernatural

Rekomendasi Webtoon Survival Zombie Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis:

Di tengah kemajuan industri dunia, moster raksasa muncul mengancam kehidupan manusia. Moster-monster ini tidak dapat dikalahkan kecuali menyerangnya tepat di jantungnya yang dilindungi oleh lapisan besi. Orang yang telah digigit oleh monster ini akan terinfeksi dan membuatnya menjadi mayat hidup yang disebut dengan Kabane. Di Pulau Hinomoto yang terletak jauh di wilayah timur, orang-orang telah membangun stasiun tempat perlindungan dari serangan para monster. Orang-orang dapat mencapai stasiun ini dengan alat transportasi bertenaga uap yang disebut dengan Hayajiro. Ikoma adalah seorang anak laki-laki yang tinggal di Stasiun Aragane dan ikut membantu dalam pembuatan Hayajiro. Selain itu, ia juga menciptakan sendiri sebuah senjata Tsuranukizutsu untuk mengalahkan moster. Pada malam hari, saat Ikoma berencana akan bertemu dengan Mumei, ia melihat Hayajiro diluar kontrol. Para staf yang ada dalam Hayajiro telah terinfeksi menjadi Kabane. Stasiun telah diserang oleh Kabane. Ini adalah kesempatan Ikoma untuk menggunakan senjata buatannya.

Catatan:

Manga ini menceritakan dunia pasca apokalips setelah monster undead yang disebut kabane menyerang. Mengingat kabane dan zombie sama-sama undead, maka saya memasukkannya ke dalam daftar rekomendasi komik survival zombie ini. Bedanya, kabane ini mempunyai tubuh yang sangat keras, seperti besi atau armor, sehingga umat manusia kewalahan mengalahkannya.

Alur cerita di manga ini cukup berbobot. Tidak hanya membahas cara bertahan dari serangan kabane, namun juga membahas masalah politik dan sedikit asmara. Sayangnya, setahuku manga ini belum masuk Indonesia, dan belum ada grup scanlation yang menerjemahkannya. Namun jangan khawatir, manga ini sudah diadaptasikan ke bentuk series anime 12 episode dan 3 bagian film.

Filmnya sendiri sudah tersedia di Netflix, kamu dapat menontonnya melalui link berikut:


Rekomendasi webtoon survival zombie Lainnya:

// Sankarea
// Kore wa Zombie Desu ka? of the Dead
// Zombieland Saga

BONUS: Kumpulan Wallpaper Android HD ANIMANGA Keren


Nah, itulah rekomendasi webtoon survival zombie terbaik versi AeziTR. Jangan lupa share pengalaman membacamu dan webtoon survival zombie terbaik versimu di komentar!

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia