Rekomendasi 3 Tools Terbaik untuk Menganimasikan Desainmu!

Temukan rekomendasi 3 tools terbaik untuk menganimasikan desainmu hanya di blog @idyourzee!

Halo semua, apa kabar? Bertemu kembali dengan Min Aezi pada artikel rekomendasi terbaik. Kali ini mimin akan membagikan daftar rekomendasi 3 website terbaik untuk menganimasikan desainmu. Yups, jika kamu ingin membuat animasi dari desain yang kamu buat, membaca artikel ini adalah jawaban yang tepat. Melalui 3 website di bawah, kamu dapat menganimasikan desainmu dengan mudah. Cukup upload desainmu, kustomisasi, dan download. Desainmu yang berbentuk gambar atau icon akan berubah menjadi animasi keren yang siap membuat siapapun terkesima (hehe).

Rekomendasi 3 Website Terbaik untuk Menganimasikan Desainmu!

1. Canva

Canva merupakan tools favorit para desainer dan termasuk salah satu tools editor paling populer di Indonesia. Dengan Canva, kamu dapat membuat desain dengan mudah tanpa memulai dari awal. Yups, ribuan template sudah tersedia di Canva dan bisa kamu gunakan langsung. Tinggal udat-edit, download, dan publish … beres deh!

Mimin sendiri merupakan user Canva sejak tahun 2018 lalu. Jujur, Canva membuat mimin candu karena kemudahannya untuk membuat desain. Bahkan hampir dari 90% cover artikel yang mimin publish di blog semuanya mimin buat di Canva.

Seiring berjalannya waktu, ditambah usernya yang semakin banyak, membuat Canva semakin berkembang. Selain untuk membuat desain gambar, sekarang kamu juga bisa membuat presentasi maupun menganimasikan desainmu di Canva. Dengan begitu, kamu dapat membuat desain dari awal maupun menggunakan template di Canva, lalu menganimasikannya langsung di sana.

Canva juga bisa kamu gunakan secara gratis dan bisa mengakses banyak fitur dan ribuan template serta elemen di dalamnya tanpa membayar. Bahkan fitur dan elemen premium di dalamnya tetap bisa kamu gunakan, meski desainmu akan memiliki watermark nantinya.

Rekomendasi 3 Tools Terbaik untuk Menganimasikan Desainmu! -@aezife

2. Artboard.Studio

Created by designers for designers.

Artboard atau lebih dikenal sebagai Artboard.Studio merupakan tools berbasis website yang sering menjadi pilihan ketika para desainer ingin menganimasikan desainnya. Artboard.Studio dirancang untuk memudahkan pembuatan mockup dan desain visual yang menarik. Dengan menggunakan Artboard.Studio, pengguna dapat membuat tampilan desain yang realistis untuk produk-produk seperti kemasan, poster, brosur, dan jenis desain sejenis lainnya.

Artboard.Studio menawarkan berbagai fitur dan elemen desain yang dapat disesuaikan, termasuk berbagai objek 3D dan model, tekstur, efek pencahayaan, juga background. Terdapat banyak template yang bisa kamu gunakan, sehingga kamu tidak perlu membuat desain dari awal. Artboard.Studio juga menyediakan berbagai alat pengeditan, seperti pemangkasan gambar, penyesuaian warna, dan pengaturan layer.

Dengan user interface yang intuitif, Artboard.Studio memudahkan kamu menyesuaikan dan mengubah desain sesuai kebutuhan. Hasil desain dapat kamu ekspor dalam berbagai format file seperti PNG, JPEG, atau SVG untuk digunakan dalam proyek-proyek desain yang berbeda.

Artboard.Studio dapat digunakan oleh kamu yang seorang desainer grafis, pemasar, atau siapapun itu yang ingin membuat tampilan desain profesional dan realistis tanpa perlu memiliki keahlian dalam pemodelan 3D atau desain kompleks.

Baca juga: Cara membuat Biolink keren untuk profil sosmedmu!

3. SVGator

SVGator merupakan sebuah tools animasi berbasis website. Seperti namanya, SVGator dapat digunakan untuk membuat animasi SVG (Scalable Vector Graphics) dengan mudah. SVGator memungkinkan kamu untuk membuat animasi SVG yang interaktif dan responsif tanpa perlu menulis kode.

Dengan memakai SVGator, kamu dapat mengimpor file SVG yang sudah ada atau membuat elemen vektor baru untuk dianimasikan. SVGator memiliki user interface yang intuitif dengan berbagai alat dan fitur untuk mengatur animasi tanpa ribet. Kamu dapat mengubah posisi, ukuran, rotasi, warna, dan sifat lainnya dari elemen animasi melalui pengaturan keyframe.

SVGator juga menyediakan berbagai jenis animasi, termasuk pergerakan, transisi, transformasi, efek warna, dan banyak lagi. Kamu dapat mengatur kecepatan animasi, durasi, pengulangan, dan mengatur interaksi dengan elemen lainnya melalui browser kesayanganmu.

Setelah selesai membuat animasi, SVGator memungkinkan kamu untuk mengekspor animasi dalam format SVG yang dapat digunakan di berbagai platform dan proyek desain. Animasi SVG yang dihasilkan bisa kamu gunakan untuk kebutuhan website, aplikasi seluler, presentasi, atau media digital lainnya.

SVGator sangat cocok digunakan oleh desainer web, desainer UI/UX, dan pengembang yang ingin menambahkan animasi interaktif pada elemen vektor dalam desain mereka tanpa perlu menguasai keterampilan pemrograman animasi kompleks.

Tambahan: VistaCreate

VistaCreate merupakan tools lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menganimasikan desainmu. VistaCreate ini sering disebutkan sebagai rivalnya Canva karena fitur dan user interface yang disediakan keduanya sangat mirip.

Dari yang mimin baca-baca di internet, awalnya VistaCreate ini bernama Crello yang terinspirasi dari Trello. Crello merupakan tools desain grafis yang bisa mempermudah pekerjaanmu untuk membuat sebuah desain.

Setelah berubah nama menjadi VistaCreate, fungsinya tidak terlalu jauh berbeda selain peningkatan yang cukup signifikan. Kini VistaCreate lebih sering dipakai untuk membuat desain animasi, di mana kamu dapat memakai ribuan template desain yang keren dan menganimasikannya langsung.


Nah, itulah rekomendasi 3 tools terbaik untuk menganimasikan desainmu versi Aezi Top Recommendation. Dari ketiga tools di atas (yang sebenarnya ada empat, wkwkwk), mimin sering pakai Canva karena mimin sudah terbiasa memakainya dan tentunya biaya langganannya termasuk murah (hehe).

Itu saja yang bisa mimin sampaikan kali ini, semoga membantu dan sampai jumpa di artikel rekomendasi lainnya.

Penulis: Min Aezi (@aezife).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia