Tachiyomi Manga Reader: Aplikasi Baca Webtoon Terbaik 2023

Salah satu aplikasi baca webtoon terbaik adalah Tachiyomi Manga Reader. Aplikasi ini mudah digunakan dan banyak fitur keren yang akan membuat kamu nyaman saat membaca. Berikut ulasan singkat tentang Tachiyomi dan cara mengkonfigurasinya.

Tachiyomi Manga Reader: Aplikasi Baca Webtoon Terbaik

Halo semua, apa kabar? Bertemu kembali dengan Min Aezi pada artikel rekomendasi terbaik di blog @idyourzee! Pada kali ini mimin akan membagikan sebuah aplikasi baca webtoon terbaik menurut mimin, yang mempunyai banyak fitur dan mudah dikustomisasi. Nama aplikasi tersebut adalah Tachiyomi Manga Reader, atau lebih populer dengan sebutan Tachiyomi.

Tachiyomi merupakan aplikasi baca webtoon berbasis open source. Di Tachiyomi, kamu bisa membaca komik-komik seru seperti komik barat, manga, manhwa, dan manhua. Dengan basisnya sebagai aplikasi open source, Tachiyomi dapat berkembang dengan pesat dan sering melakukan update, sehingga fitur-fitur di dalamnya semakin bertambah dan minim bug.

Sebagai aplikasi open source, Project Tachiyomi pertama kali dibuat oleh seorang user GitHub bernama Inorichi. Setelah beroperasi, banyak orang ikut serta dalam pengembangannya. Oleh karena itulah Tachiyomi bisa menjadi seperti saat ini.

Tak bisa dipungkiri, project open source yang berkenaan erat dengan hobi pasti berkembang cepat. Mengingat banyak orang dengan hobi yang sama dapat ikut serta membangun project yang mereka impikan.

Fitur-fitur Tachiyomi:

  • Baca online dari bermacam-macam sumber
  • Baca offline dengan mendownload chapter
  • Kustomisasi mode baca dengan banyak pilihan, arah membaca, dan settingan lainnya
  • Mendukung tracker dari MyAnimeList, AniList, Kitsu, MangaUpdates, Shikimori, dan Bangumi
  • Menu Kategori untuk mengorganisir pustakamu
  • Mode gelap dan terang
  • Jadwalkan update pustaka untuk mengecek chapter baru
  • Buat backup di penyimpanan lokal atau di layanan cloud pilihanmu

Cara Menginstal Tachiyomi

Aplikasi Tachiyomi bisa kamu download melalui website resminya, yaitu di tachiyomi.org.

Catatan: Kamu perlu koneksi internet untuk menginstal ekstensi.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal Tachiyomi!

Langkah1: Download Tachiyomi

Download aplikasi Tachiyomi melalui website resminya.

Download Tachiyomi Manga Readertachiyomi.org/download/

Mimin sarankan untuk hindari mendownload dari website lain yang aneh-aneh, mengingat kemungkinan adanya virus mematikan yang mereka sisipkan.

Jadi download-lah dari situs resminya, yaitu tachiyomi.org.

Langkah2: Instal Tachiyomi

Setelah proses download selesai, tap pada hasil download Tachiyomi tersebut untuk memulai proses instalasi.

Kamu mungkin menerima notifikasi bahwa aplikasi tidak aman atau mungkin aplikasi tidak diizinkan untuk menginstal. Untuk itu, silakan atur setting penginstalan aplikasimu agar Tachiyomi bisa terinstal dengan sempurna.

Ketahuilah, selama aplikasi Tachiyomi yang kamu download berasal dari website resminya, yaitu tachiyomi.org, kamu tidak perlu khawatir akan adanya virus atau sesuatu yang membahayakan data-datamu di hp.

Cara Menginstal Ekstensi

Setelah Tachiyomi terinstal, kamu akan melihat daftar pustaka yang kosong karena belum ada webtoon yang kamu tambahkan. Namun untuk mulai menambahkan webtoon favoritmu, kamu perlu menginstal ekstensi terlebih dahulu.

Ekstensi di Tachiyomi merupakan sumber yang berupa aplikasi atau website. Ekstensi tersebut-lah yang menyediakan webtoon yang bisa kamu baca. Dengan menginstal ekstensi, Tachiyomi bisa memindai webtoon yang ekstensi tersebut sediakan, sehingga kita bisa membacanya lewat aplikasi Tachiyomi.

Baca juga: Cara mengaktifkan mode profesional di Facebook

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal ekstensi di Tachiyomi:

Langkah1: Buka aplikasi Tachiyomi

Terdapat 5 (lima) menu navigasi utama di Tachiyomi, berikut penjelasan singkatnya!

  1. Pustaka
    Kamu dapat melihat semua webtoon yang kamu tambahkan di sini.
  2. Pembaruan
    Pada menu ini, kamu akan melihat semua webtoon yang mempunyai chapter terbaru.
    Tips: Hidupkan jadwal pembaruan otomatis dan rasakan sensasinya!
  3. Riwayat
    Kamu dapat melihat semua webtoon yang pernah kamu baca di Tachiyomi melalui menu ini.
  4. Jelajahi
    Kamu dapat menambahkan webtoon ke pustaka, menginstal ekstensi, dan memindahkan webtoon dari ekstensi satu ke ekstensi lainnya di menu ini.
  5. Lainnya
    Kamu dapat mengkonfigurasi Tachiyomi melalui menu ini.
Tachiyomi Manga Reader: Aplikasi Baca Webtoon Terbaik -@idyourzee @aezife

Langkah2: Tap menu Jelajahi

Buka menu Jelajahi atau Browse. Di sana terdapat 3 tab utama, yaitu tab Sumber, Ekstensi, dan Migrasi.

  • Sumber
    Pada tab ini kamu dapat membuka ekstensi yang telah diinstal untuk memindai webtoon yang disediakan untuk kamu baca atau tambahkan ke pustaka.
  • Ekstensi
    Kamu dapat menginstal ekstensi pada tab ini.
  • Migrasi
    Kamu dapat memindahkan webtoon dari suatu ekstensi ke ekstensi lainnya melalui tab ini.
    Misalnya webtoon Memorize berasal dari ekstensi AeziScans, namun ternyata ekstensi MangaZee updatenya lebih cepat. Nah, kamu dapat memindahkan webtoon memorize dari yang asal ekstensinya AeziScans ke MangaZee melalui fitur migrasi ini.

Langkah3: Buka tab Ekstensi

Secara otomatis ekstensi yang berbahasa Inggris (English) akan terlihat. Namun karena kita orang Indonesia, mungkin ingin membaca webtoon yang berbahasa Indonesia.

Oleh karena itu, kita perlu menambahkan ekstensi Bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Langkah4: Tambahkan Bahasa Indonesia

Tap simbol translate yang ada di header di samping simbol pencarian, lalu tambahkan Bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang kamu inginkan.

Tachiyomi Manga Reader: Aplikasi Baca Webtoon Terbaik -@idyourzee @aezife

Langkah5: Pilih ekstensi yang kamu inginkan

Sebagai webtoon lovers, mimin anggap kamu sudah tahu aplikasi/website tempat kamu biasa membaca webtoon favoritmu. Tapi jika kamu bingung, mimin sarankan untuk menginstal ekstensi-ekstensi berikut:

  • English
    • Asura Scans
      Sebuah grup scanlation yang populer karena kecepatan updatenya dan anggapan kalau mereka hanya memilih webtoon terbaik dari yang terbaik.
    • MangaTX
      Sebuah website mirroring yang menyediakan manhwa dari berbagai sumber.
  • Indonesia
    • Komik Cast
      Grup scanlation sekaligus website mirror. Kamu dapat menemukan manga, manhua, maupun manhwa di sini.
    • Shinigami
      Grup scanlation sekaligus website mirror. Shinigami populer karena kecepatan updatenya, seperti banyak manhwa yang mereka update langsung dari raw Korea, tidak menunggu versi Englishnya terlebih dahulu.
    • Webtoons.com
      Platform resmi untuk membaca webtoon. Namun karena kamu membaca di Tachiyomi, bukan berarti kamu membaca webtoon secara legal ya boss!

Keterangan:

  • Grup scanlation merupakan grup penerjemah webtoon dari bahasa aslinya ke bahasa yang lain. Merekalah yang mengerjakan semua hal, baik itu menerjemahkan, typeset, redraw, dan sebagainya. Oleh karena itu, harap dukung mereka dengan membaca langsung dari tempat official mereka.
    Terkesan ironis memang, namun mau bagaimana lagi. Sudah sifat manusia untuk lebih memilih jalan yang lebih mudah dan menguntungkan bagi dirinya sendiri.
  • Website mirror merupakan website yang menyediakan webtoon dari website lain. Dengan kata lain, mereka memajang webtoon hasil kerja keras grup scanlation di website mereka, lalu menampilkan iklan untuk mendapatkan cuan.
    Terkesan tidak tahu diri memang, namun berkat website mirroring-lah kita bisa lebih mudah membaca banyak webtoon tanpa perlu pindah-pindah website.
    Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu website mirror sudah mendapatkan izin untuk mirroring dari grup scanlation. Biasanya ada sistem bagi hasil untuk kerja sama seperti ini.
  • Platform resmi merupakan tempat yang legal secara hukum untuk menampilkan webtoon. Artinya kamu dapat membaca sekaligus mendukung author dan orang-orang dibalik pengerjaan webtoon favoritmu dengan membaca di platform resmi.
    Namun karena kamu membaca di Tachiyomi, meskipun ekstensi platform resmi kamu tambahkan, bukan berarti kamu membaca secara legal ya guys. Ingat bahwa membaca di platform resminya langsung dengan membaca di pihak ketiga (contoh: Tachiyomi) itu berbeda.

Langkah6: Tap Pasang pada ekstensi yang kamu pilih

Tap Pasang untuk menginstal ekstensi. Setelah ekstensi terinstal, kamu dapat langsung membuka ekstensi tersebut di tab Sumber dan mulai menambahkan webtoon favoritmu ke pustaka.

Cara Menambahkan Webtoon ke Pustaka

Setelah ekstensi terinstal, sekarang saatnya menambahkan webtoon favoritmu ke pustaka.

Catatan: Kamu perlu koneksi internet untuk membuka ekstensi dan menambahkan webtoon ke pustaka.

Ikuti langkah-langkah berikut!

Langkah1: Buka tab Sumber

Di aplikasi Tachiyomi, buka menu Jelajahi > Sumber. Di sana kamu dapat melihat ekstensi-ekstensi yang sudah kamu instal sebelumnya.

Langkah2: Buka ekstensi yang menyediakan webtoon favoritmu

Sebagai contoh, mimin ingin menambahkan webtoon Marry Me! ke pustaka. Ada banyak ekstensi yang menyediakan judul webtoon ini, salah satunya Webtoons.com.

Oleh karena itu, mimin akan membuka sumber ekstensi Webtoons.com.

Psst … jika kamu bingung ingin membaca webtoon apa, silakan cek daftar rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa versi AeziTR. Di sana kamu dapat menemukan webtoon tipe manhwa yang mungkin menjadi webtoon terbaik menurutmu!

Langkah3: Cari dan buka webtoon favoritmu

Setelah sumber ekstensi terbuka, kamu dapat melihat judul-judul webtoon yang mereka sediakan. Silakan cari webtoon favoritmu menggunakan fitur pencarian (tap simbol pencarian di header) dan buka webtoon tersebut untuk melihat info seperti sinopsis dan daftar chapter.

Langkah4: Tambahkan webtoon ke pustaka

Di bawah cover terdapat tombol Tambahkan ke pustaka dengan simbol love. Tap tombol tersebut agar webtoon favoritmu itu bisa kamu akses di pustaka.

Setelah ditambahkan ke pustaka, nantinya kamu tidak perlu repot-repot membuka sumber ekstensi lagi untuk membuka webtoon ini.

Tachiyomi Manga Reader: Aplikasi Baca Webtoon Terbaik -@idyourzee @aezife

Cara Baca Offline di Tachiyomi

Selain membaca online, kamu juga bisa membaca secara offline di Tachiyomi.

Ikuti langkah-langkah berikut!

Langkah1: Buka webtoon favoritmu

Di pustaka, silakan buka webtoon favoritmu yang ingin kamu baca offline.

Langkah2: Tap download untuk mengunduh chapter

Di informasi webtoon, kamu dapat melihat daftar chapter yang mana di sampingnya terdapat tombol download (simbol tanda panah ke bawah).

Tap tombol download tersebut agar kamu dapat membaca secara offline chapter tersebut.

Tachiyomi Manga Reader: Aplikasi Baca Webtoon Terbaik -@idyourzee @aezife

Nah itulah sekilas tentang Tachiyomi Manga Reader, aplikasi baca webtoon terbaik versi @idyourzee. Meskipun namanya Tachiyomi Manga Reader, namun kamu tidak hanya bisa membaca manga di aplikasi Tachiyomi. Semua komik yang dipublikasikan secara digital (webtoon) pasti bisa kamu temukan di sana.

Selain itu, masih banyak fitur lain yang belum mimin sampaikan di artikel ini. Silakan eksplor semua tentang Tachiyomi karena aplikasi ini bisa kamu kustomisasi sesuka hati.

Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel rekomendasi berikutnya!

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heeriye - Jasleen Royat ft. Arijit Singh | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Happy End (ハッピーエンド) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia

Mr. Perfect (ミスターパーフェクト) - back number | Lirik Lagu & Terjemahan Indonesia